Home / Pelkes

Senin, 17 Juli 2023 - 17:34 WIB

GPIB dan Jaringan Safe Migran Batam Kerja Sama, Romo Paschall: Masalah Akut Menghantui

Ketua I MS GPIB Pdt. Marthen Leiwakabessy dan Sekretaris I Pdt. Berto Wagey dari pihak GPIB
menandatangani Kerja Sama dengan Jaringan Safe Migran Batam disaksikan Romo Paschall.

Ketua I MS GPIB Pdt. Marthen Leiwakabessy dan Sekretaris I Pdt. Berto Wagey dari pihak GPIB menandatangani Kerja Sama dengan Jaringan Safe Migran Batam disaksikan Romo Paschall.

BATAM, Arcus GPIB – Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB) menandatangani Surat Kerja Sama GPIB dengan Jaringan Safe Migran Batam untuk bersama-sama ikut Gerakan Anti Tindak Pidana Perdagangan Orang dan Gerakan Anti Kekerasan di Batam, Senin (17/07/20230).

Romo Paschall saat menyampaikan materi soal perdagangan orang dengan moderator Pdt. Aurelius Syukur Porawouw 

Dari pihak GPIB yang menandatangani Kerja Sama tersebut adalah Ketua I Majelis Sinode GPIB Pendeta Marthen Leiwakabessy dan Sekretaris I Pendeta Berto Wagey dari pihak Jaringan Safe Migran Batam Romo Chrisanctus Paschalis Saturnus yang akrab disapa Romo Paschall.

“Majelis Sinode GPIB pada hari Senin 17 Juli 2023 melalui Departemen Pelayanan dan Kesaksian GPIB Sub Bidang Pelayanan Masyarakat Kota dan Industri (PMKI) dan Musyawarah Pelayanan Kepulauan Riau menyatakan dukungan kepada Jaringan Safe Migran Batam untuk bersama-sama ikut Gerakan Anti Tindak Pidana Perdagangan Orang dan Gerakan Anti Kekerasan di Batam,” demikian isi Surat Kesepatakan tersebut.

Peserta Workshop menanyakan berbagai hal kepada Romo Paschal berkaitan dengan materi yang disampaikan

Romo Paschall saat berbicara dalam Workshop Finalisasi Road Map PMKI di Batam dalam kesempatan itu menyatakan rasa bangganya terhadap kerja Polri dalam menangani perdagangan Orang.

Baca juga  Bulan Pelkes 2024, GPIB Lembagakan Dua Pos Pelkes

“Juni – Juli 2023 Polri menyatakan ada 714 tersangka dari 616 kasus yang telah disikat Polri, ada 1982 orang anak bangsa yang diselamatkan. Kita bersyukur, kita apresiasi,” kata Romo Paschall.

Sesi foto bersama dengan Romo Paschall dengan peserta Workshop Finalisasi Road Map PMKI GPIB

Menurut Romo, masalah akut masih tetap menghantui, kebutuhan untuk mencari pekerjaan masih sangat tinggi tidak berbanding dengan lapangan pekerjaan, proses pencegahan tidak disertai langkah menjawab permasalahan, perekrutan dengan modus penipuan masih banyak terjadi bahkan muncul modus baru.

Baca juga  Bajem Makedonia Dipasena Siap Jadi Jemaat Mandiri

Dikatakan, janji palsu masih bertebaran, pembebanan biaya yang berlebihan, perlakuan kasar dan tidak manusiawi yang dialami para PMI belum terselesaikan secara adil, kebijakan negara yang jelas juga belum terbit. Negara, instituasi sosial dan masyarakat sipil belum sehati sepikir membaca data atau belum sepikiran dan sepandangan terkait dengan perlindungan PMI.

“Apapun motifnya tidak boleh mengurangi hak warga negara negara memperoleh perlindungan dari negara,” ujar Romo Paschall. /fsp

Share :

Baca Juga

Pelkes

Safari Pelkes: Majelis Sinode Pdt. Roberto Ikut Penyiangan Di Kebun Singkong

Pelkes

Baksos GPIB Di Bolmong Ditutup Ketua Umum GMIBM, Catat 20.253 Pasien

Pelkes

Dilembagakan, Berbagai Bantuan Diterima GPIB Getsemani Puri Gading

Pelkes

Dr. Lenny Syafei, Sosok Dibalik “From Village To The World”

Pelkes

Pemandirian Jemaat Terus Berjalan, UP2M Minta Jemaat Pendamping Fokus

Pelkes

Workdshop Finalisasi Road Map PMKI GPIB Resmi Dibuka: Hadirkan Romo Paschall

Pelkes

Yang Unik Dari Pelkes Effatha Jakarta Gelar Pameran Kesehatan dan Pendidikan

Pelkes

Ayo, Tetap Prokes. Pak Jenderal: Corona, Di Gereja Juga Ada Lho