Home / Misioner

Jumat, 2 Februari 2024 - 19:06 WIB

“Tangan KananNya Melindungi Umat-Nya dan Menghempaskan Musuh”

Warga jemaat khusuk dalam peribadatan.. Foto: Frans S. Pong.

Warga jemaat khusuk dalam peribadatan.. Foto: Frans S. Pong.

JAKARTA, Arcus GPIB – Kegigihan manusia untuk menghancurkan pada masa kini semakin “kreatif”. Kekerasan verbal dibiasakan, umpatan yang dperhalus terus diperdengarkan, permainan yang membunuh dan menghancurkan diviralkan, ditambah lagi dengan narkoba dan doktrin-doktrin sesat dan anarkis terus dijejalkan kepada kaum muda.

Semuanya menyerang umat Tuhan secara pasti untuk dilemahkan dan dikalahkan. Tetapi, ingatlah bahwa Tuhan tidak akan diam terhadap nafsu membinasakan manusia. Tangan kananNya akan bertindak melindungi umat-Nya dan menghempaskan musuh sehingga kalah dan lenyap.

Demikian dipaparkan dalam renungan malam Sabda Bina Umat (SBU) Jumat (02/02/2024) mengulik tema: “Tangan Kanan TUHAN” mengurai Firman Tuhan dari Keluaran 15 : 4 – 6 yang fokus pada ayat 6 ”Tangan kanan-Mu,   TUHAN, mulia karena kekuasaan-Mu, tangan kanan-Mu, TUHAN, menghacurkan musuh”.

Dengan tangan kanan-Nya Tuhan menghempaskan dan membenamkan Firaun dan perwira pilihan serta kekuatan perang mereka ke dalam laut Teberau. Kasih Tuhan yang besar kepada umat-Nya menghancurkan semua kekuatan yang hendak membinasakan mereka.

Baca juga  KOMITMEN Menjadi Pelayan-Nya, Vikaris Melinda: Kagum Keramahan Pendeta

”Bersama Tuhan kita mampu melenyapkan segala jenis pengrusakan fisik dan mental spiritual,” lanjut kalimat dalam SBU tersebut.

Keahlian berperang manusia semakin berkembang. Berbagai strategi dan senjata diciptakan untuk memperbesar kemungkinan menang perang.

Sekarang malah ada drone pembawa nuklir di udara dan laut, sehingga orang tidak perlu hadir di medan perang tetapi tetap bisa menimbulkan kehancuran besar bagi musuh. Tentu saa ini menjadi ancaman menakutkan bagi bangsa yang lemah pertahanan militernya.

Baca juga  Sesi Bina Politik di GPIB Filadelfia Bintaro: "Kalau Gereja Diam Medsos Akan Lebih Dipercaya"

Umat Israel lemah dalam pertahanan militer, tetapi Firaun maju dengan perwira pilihan dan kereta perangnya. Kegagahan militer yang mereka miliki dipakai dalam kekuatan penuh untuk melawan bangsa Israel yang tidak berdaya. Ketidakadilan ini tentu saja membuat Firaun dan tentaranya harus berhadapan dengan Tuhan yang mengasihi umat-Nya. Mereka harus berhadapan dengan tangan kanan Tuhan.

Ungkapan tangan kanan Tuhan dalam penggunaannya di seluruh bagian Alkitab menandakan kedaulatan Tuhan dalam kekuatan politik atau militer – otoritas, kekuasaan dan keperkasaan yang layak ditakuti semua makhluk. /fsp

Share :

Baca Juga

Misioner

Manajer Kajian WALHI: Kapitalisme, Krisis Gerejawi dan Krisis Teologi

Misioner

Orang Jujur Dipimpin Ketulusannya, Pdt. Sealthiel Isaak: Banyak yang Tidak Jujur

Germasa

Kasus Diskriminasi SMAN 2 Depok, Pnt. Ivan Lantu: Jangan Lagi Terjadi

Misioner

Di Deklarasi Ramah Lingkungan, Ketum Pdt. Rumambi Juga Minta Jangan Suka Bergosip

Misioner

INFO: Hasil Konven Pendeta dan PST 2023 di Medan Sudah Dapat Diunduh

Misioner

“Rendah Hatilah, Kita Akan Mendapatkan Kekuatan Kehidupan”

Misioner

Perjamuan Kudus Di Kantor Gubernur, Pdt. Manuel Raintung: Mari Rawat Hidup Bermasyarakat

Misioner

Podcast #12 Satgas On The Spot: Ada Tren Kenaikan Kasus