Home / Germasa

Sabtu, 1 Juli 2023 - 15:46 WIB

HUT Bhayangkara Ke-77, Makam Keluarga IKBT GPIB Tugu Jakarta Direvitalisasi

KMJ GPIB Tugu Jakarta Pdt. Eddy Rudofl Rade bersama Pimpinan Banser Jakarta Utara yang hadir dalam ramah tamah di GPIB Tugu.

KMJ GPIB Tugu Jakarta Pdt. Eddy Rudofl Rade bersama Pimpinan Banser Jakarta Utara yang hadir dalam ramah tamah di GPIB Tugu.

JAKARTA, Arcus GPIB – Menyambut HUT Bhayangkara ke-77, Kapolri bersama Polres Metro Jakarta Utara menggelar Bhakti Sosial (Baksos) di Gereja Tugu, Cilincing, Jakarta Utara.

Perkunjungan ke dalam ruang ibadah gereja Tugu

Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Polisi Gidion Arif Setyawan seperti dilansir beritabuana.co, Selasa (20/6/2023) mengatakan, Baksos merupakan bentuk kepedulian Polri kepada masyarakat sekaligus membantu meningkatkan fasilitas di rumah ibadah.

“Dalam menyambut HUT Bhayangkara ke-77 ini, Bapak Kapolri melalui kami (Polres Metro Jakut) menggelar Baksos di Makam dan Gereja Tugu yang terletak di Kecamatan Cilincing,” kata Gidion.

Bantuan yang diberikan kepada Gereja Tugu ini adalah fasilitas penunjang peribadatan (ibadah) dan perbaikan jalanan makam Tugu. “Ada fasilitas penunjang untuk beribadah dan perbaikan jalan makam kami bantu,” ucapnya.

Gidion menjelaskan, Gereja Tugu ini merupakan sebuah cagar budaya yang memiliki nilai historis (sejarah) yang tak ternilai. Di sinilah awal mula berdirinya sebuah komunitas Tugu yang merupakan bekas tawanan Belanda keturunan Portugis dan India.

“Ketika saya membaca sejarah Gereja Tugu ini, ternyata punya nilai sejarah yang tak ternilai. Karena itu kami tergerak membantu,” tukasnya.

Selain menggelar Baksos di Gereja dan makam, Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Pol Gidion Arif Setyawan juga membantu warga Tugu dengan memberikan gerobak guna mendongkrak UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dan perekonomian mereka.

Baca juga  Perkenalkan Ibadah Sosial, Prof John Titaley: Umat Jangan Hanya Disuruh Ibadah dan Ibadah

“Untuk membantu ekonomi warga Tugu, kami juga membantu menyediakan gerobak untuk mereka berjualan,” ucapnya.

Ia berharap, Baksos dan pemberian gerobak tersebut dapat membantu mendorong ekonomi warga Tugu dan kehadiran Polri dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

“Wujud hadirnya Polri secara khusus Polres Metro Jakarta Utara bagi warga Tugu dan sekitarnya. Semoga bermanfaat dan berkenan bagi semua,” tuturnya.

Ketua Majelis Jemaat Pendeta Eddy Rudolf Rade selaku pengurus Gereja Tugu mengucapkan terimakasih kepada Polri yang telah membantu menunjang fasilitas Gereja Tugu.

“Terimakasih Bapak Kapolri dan Bapak Kapolres Metro Jakarta Utara atas perhatian dan bantuannya, kiranya Polri makin diberkati dan makin Jaya selalu,” ucapnya.

Menurut Eddy, kegiatan tersebut bukan Program Kerja dan Anggarannya GPIB Tugu, tapi program kerjanya Polri dlm rangka HUT Bhayangkara ke-77 yang disetiap Polda hingga Polres wajib dirayakan dalam bentuk kegiatan Revitalisasi Rumah Ibadah dan Situs Budaya (Purba Kala) plus bantuan perangkat usaha UMKM bagi masyarakat dan komunitas.

“Nah di Polres Jakarta Utara GPIB Tugu dan salah satu Masjid yang terpilih menjadi dua rumah ibadah dari 77 rumah Ibadah dan Situs budaya yang ada di seluruh Indonesia yang dibantu revitalisasinya,” tutur Eddy.

Baca juga  Puasa, Ada yang Mempertanyakan Masihkah Relevan? Apa Kata Dosen Ini….

Kesepakatan revitalisasi setelah ada pertemuan Tim advance Polsek Cilincing dan Polres Jakart Utara yang cukup intens dengan PHMJ yang melibatkan pengurus Ikatan Keluarga Besar Tugu (IKBT) sehingga Kapolres menyetujui untuk merevitatisasi jalan setapak Makam Tua Tugu yang keberadaannya memang sudah rusak.

“Saat ini oleh pihak polres tengah d revitalisasi dan sudah rampung 90 persen. Untuk kebutuhan kegiatan beribadah jemaat dalam gedung gereja pihak Polres Jakut telah menyumbang 2 AC Standing dan akan menyumbang 1 Unit Sound Sistem,” tandas Eddy.

Untuk kelancaran revitalisasi rumah ibadah, telah dilaksanakan teleconference dengan Kapolri dari Mabes Polri pada hari ini 30 Juni 2023 juga atas permintaan Kapolres.

Untuk Polres Jakarta Utara mengambil tempat kegiatan dalam rangka Doa Lintas Agama Nasional serta informasi revitalisasi 77 rumah ibadah dan situs budaya termasuk GPIB Tugu.

Pendeta Eddy Rade mengatakan, kegiatan dalam rangka HUT 77 Bhayangkara di Jakarta Utara berkaitan dengan revitalisasi juga sudah direalisasikan pemberian 3 Grobak untuk jualan ke Pengurus IKBT.

“Jadi Majelis Jemaat GPIB Tugu dalam kaitannya dengan program Germasa hanya mengakomodir serta memfasilitas permintaan Kapolsek Cilincing Pak Haris dan Kapolres Jakarta Utara Pak Gidion agar GPIB Tugu bersedia menerima bantuan revitalisasi dan perangkat usaha UMKM. /art/fsp/***

Share :

Baca Juga

Germasa

Apresiasi Hidup Bertoleransi, Kemenag Sulsel Terbitkan Edaran Agar Memasang Spanduk Ucapan Natal

Germasa

Manuver Elok Alumnus UIN Sunankalijaga Pdt Rully Haryanto, Dari Lele, Gusdurian Hingga Bamag

Germasa

Perkenalkan Ibadah Sosial, Prof John Titaley: Umat Jangan Hanya Disuruh Ibadah dan Ibadah

Germasa

Puan Maharani Dapat Wejangan Intisari Pancasila dari PWNU Jawa Timur

Germasa

SIDANG MPL PGI 2022, Pdt. Manuel Raintung: Ruang Virtual Harus Menjadi Ruang Kesaksian
Ketua Umum Majelis Sinode Pdt. Paulus K. Rumambi melakukan penanaman bakau

Germasa

Merawat Alam, Dept. Germasa Menanam Ratusan Bakau Di Hutan Mangrove Batam

Germasa

1.300 Peserta Hadiri Konas VII FKUB, Gubernur Ansar Ahmad: Kepri Miniatur Keberagaman & Toleransi

Germasa

Soal Meme Candi, Kemenag Tegaskan Tidak Ada Intervensi di Kasus Roy Suryo