Home / Pelkat

Kamis, 27 April 2023 - 13:47 WIB

Wow,…Dewan PKLU Bikin Acara Lomba Penulisan Puisi: Opa Oma Ayo Ikutan

Anggota PKLU GPIB Jatipon Bekasi dalam suatu kesempatan. Foto: Repro.

Anggota PKLU GPIB Jatipon Bekasi dalam suatu kesempatan. Foto: Repro.

JAKARTA, Arcus GPIB – Memperingati Hari Lanjut Usia Nasional ke -27 Majelis Sinode GPIB melaksanakan lomba Penulisan Karya Puisi Lansia. Tujuan lomba tersebut untuk memberikan pemahaman mengenai pentingnya membangun hubungan intergenerasional lingkup keluarga bagi pertumbuhan kehidupan keluarga yang saling berbagi, peduli dan harmonis.

Juga untuk memberikan inspirasi dan motivasi bagi para lansia untuk terus melestarikan nilai-nilai luhur, mulia atau berharga dan mewariskannya kepada anggota keluarga turun-temurun. Serta mendorong keluarga untuk membangun relasi dan lingkungan keluarga yang inklusif dimana di dalamnya Opa Oma dapat terus berkarya atau berkreasi untuk kemanfaatan dan berkat bagi keluarga dan sesama.

Majelis Sinode dalam edarannya yang ditandatangani Ketua III Pendeta  Maureen S. Rumeser-Thomas, M.Th dan Sekretaris II  Penatua  Ivan Gelium Lantu, S.H., M.Kn. menyebutkan, peserta penulisan puisi adalah anggota PKLU Jemaat GPIB yang didukung dengan Surat Keterangan dari PHMJ setempat. Peserta hanya satu orang lansia (Opa atau Oma) dalam satu keluarga yang menjadi peserta dalam penulisan puisi dan menulis satu karya puisi.

Baca juga  Aneka Lomba Merayakan HUT Pelkat P.A GPIB Ke-64. Ada Digital Parenting

Lansia yang berminat, mendaftarkan diri sebagai peserta ke Pengurus PKLU selanjutnya menyampaikan ke PHMJ setempat. Pendaftaran memuat informasi nama lengkap peserta, Jemaat GPIB, Kota/Lokasi, wilayah MUPEL, nomor telepon/ponsel, dan disertai dengan naskah karya puisi yang ditulisnya.

Pendaftaran dan karya puisi dikirim ke BP Mupel setempat tidak dipungut bayaran, biaya-biaya yang dikeluarkan dalam lingkup Pelkat PKLU Jemaat ditanggung oleh Pelkat PKLU Jemaat masing-masing dan/atau peserta lansia yang bersangkutan.

Penilaian antara lain, puisi harus memuat pesan dari seorang Opa atau Oma yang ditujukan kepada cucu. Pesan adalah inti suatu puisi yang harus disampaikan secara jelas, padat dan singkat tetapi kaya akan makna.

Baca juga  Wow…Aksi Anak-Anak GPIB Bersih-bersih Di Senayan  

Pesan puisi dapat berupa ungkapan perasaan, wejangan, pikiran atau pandangan penulis yang memuat nilai-nilai kehidupan, keluarga, moral dan/atau spiritual.

Penyampaian Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) Pemilihan Karya Puisi Lansia kepada BP MUPEL dilaksanakan hari Senin, 01 Mei 2023. Juklak dapat pula diakses oleh semua Anggota PKLU GPIB melalui situs www.gpib.or.id

Karya-karya puisi dikirim oleh BP Mupel dan diterima oleh Dewan PKLU selambat-lambatnya hari Kamis, 17 Agustus 2023.

Dewan PKLU GPIB melakukan pemilihan lima karya puisi lansia yang terbaik melalui penilaian oleh Tim Juri yang dibentuk. Lima pemenang akan diumumkan pada Ibadah Syukur Agung HUT ke-13 Pelkat PKLU GPIB.

Informasi selanjutnya dapat menghubungi Vrilly Ruben-Rondonuwu : 0811 8075 980, Yanti Tetelepta : 0896 7802 8553, Alamat email : dewanpklu@gpib.or.id    

/fsp

Share :

Baca Juga

Pelkat

Teruna … “You Are Not Alone”

Pelkat

BESOK Sosialisasi, Dewan PKP Rintis Kelompok Baca Alkitab (KBA) PKP  

Pelkat

Pembinaan Pelkat Di GPIB Yudea Tangerang: Jadilah Pelayan Berkarakter Yesus

Pelkat

Majelis Sinode Memuji Kaum Perempuan: “Teruslah Menjadi Perempuan yang Damainya Menghangatkan”

Pelkat

Dari HUT Pelkat PKLU Ke-13, Pdt. Marthen Leiwakabessy: Alkitab Itu Terbuka Lewat “Tutur Kata“

Germasa

Komjen Golose Bicara Bahaya Narkotika, Pdt. Abraham Persang: Gereja Harus Hadir

Pelkat

Majelis Sinode GPIB Ajak Bincang Bersama Pengurus Pelkat PA

Pelkat

Mengundang Seluruh Kakak Layan dan Anak Layan, Ayo Ikutan “Teruna Creative Campaign”