Home / Misioner

Sabtu, 9 September 2023 - 11:45 WIB

Ini Kata Peserta: “Belajar Nulis Berita, Gampang-gampang Susah”

Sebagian peserta Coaching Clinic kelas Jurnalisme GPIB di Golden Flower Bandung.

Sebagian peserta Coaching Clinic kelas Jurnalisme GPIB di Golden Flower Bandung.

BANDUNG, Arcus GPIB – Kelas-kelas dalam Coaching Clinic di Bandung yang memasuki hari kedua Sabtu (9/10) berjalan serius dan santai. Salah satu kelas yang dihadiri peserta adalah Kelas Jurnalisme GPIB.

“Saya milih kelas Jurnalisme GPIB ini ingin tahu bedanya, antara jurnalis secara umum dan jurnalis gereja. Lalu kita juga ingin tahu apa sih yang dibagikan untuk kita soal jurnalis bagi gereja itu. Ternyata gampang-gampang susah nulis berita itu,” kata Jerry dari GPIB Sangkakala, Jakarta Barat sambil tersenyum.

Suasana di kelas Informasi, Wakil Ketua Departemen Inforkom dan Litbang memberikan arahan.

Para narabina, yaitu Ibu Vonny Sumampow, Frans. S Pong, Philip Situmorang dan Dennis Gazpers membagikan pengalaman dan materi pada peserta, seperti bagaimana menulis berita untuk website, membuat flyer dengan narasi bagi jemaat, fotografi hingga pembuatan narasi untuk video bagi jemaat.

Baca juga  Mutasi Di Gloria Bekasi, Menarik Neh Pesan Pdt. Jona Lumanauw

Saat praktik menulis berita, Aulia dari GPIB Immanuel Medan membuat berita tentang ibadah HUT Pelkat PA di gerejanya dan kemudian dibedah oleh semua peserta yang dipandu oleh para narabina.

Imelda Sibala dari Tim Litbang memaparkan materi.

“Cukup seru dengan berlatih menulis berita. Dan kemudian berita kita dibedah oleh semua peserta dan narabina. Kita jadi tahu, gini toh ya membuat berita itu,” katanya sambil tersenyum.

Fran. S Pong salah satu narabina mengatakan, jurnalisme GPIB ini adalah materi yang disampaikan untuk digunakan bisa untuk warta jemaat dan untuk umum. “Teknik dasar jurnalisme harus diterapkan, itu sebabnya kita langsung berlatih menulis berita.”

Baca juga  Jangan Membanding-bandingkan Pelayan Tuhan, Pdt. Nurmala Br. Ginting: Akan Ada Ketakutan Karena Standar yang Diberikan Jemaat

Di kelas lainnya, seperti Sub Organisasi, dan Litbang dan Komunikasi 1, semua kelas diikuti dengan antusias oleh peserta. Dari pengamatan redaksi Arcus, dengan laptop masing-masing peserta serius melihat materi dan menuliskannya di laptop mereka.

Kelas-kelas yang disajikan Departemen Inforkom MS GPIB merupakan rangkaian dari kebutuhan dari jemaat GPIB menuju satu tujuan One Clik GPIB. Coaching Clinic di Bandung merupakan rangkaian kedua setelah Coaching Clinic pertama yang diaddakan di Banten, minggu lalu. Coaching Clinic ketiga akan dilakukan di kota Surabaya pada 22-24 September 2023. /phil

Share :

Baca Juga

Misioner

Cegah Longsor, GPIB Effatha Bunyu Bangun Siring: Mohon Donasinya

GPIB Siana

Once Mekel di Paskah GPIB Hosiana Berau, Jemaat Turut Menaikkan Pujian

Misioner

Ibadah Natal 2022 Maksimal 100%, Menag: Tidak Boleh Ada Tenda

Misioner

Wah, Panen Raya Semarakkan Bulan Pelkes 2024

Misioner

Pemilu Semakin Mendekat. Ketua II MS GPIB Sarankan Pilih Sosok yang Ini

Misioner

Untuk GPIB Bukit Sentul Lebih Baik, Pdt. Yessy Hutapea: Mengaminkan Doa-doa Jemaat

Misioner

Kebangkitan-Nya Menjadi Fakta Tidak Ada Allah seperti Yesus Kristus

Misioner

Tetaplah Hidup BagiNya, untuk MelayaniNya