Home / Interdenominasi / Misioner

Rabu, 13 Desember 2023 - 20:30 WIB

Peluncuran Platform Digital KBB: Dari Soal Penodaan Agama Hingga Diskriminasi

Narasumber Pdt. Gomar Gultom, Pdt. Jimmy Sormin, Dr. Leonard Epafras Saat Berbicara Di Event KBB di GPIB Maranatha Denpasar

Narasumber Pdt. Gomar Gultom, Pdt. Jimmy Sormin, Dr. Leonard Epafras Saat Berbicara Di Event KBB di GPIB Maranatha Denpasar

DENPASAR, Arcus GPIB – Di tengah kebinekaan identitas sosial-budaya Nusantara ini, kebebasan beragama dan berkeyakinan (KBB) masih menghadapi beragam persoalan. Demikian disampaikan Pendeta Jimmy Sormin, Sekretaris Eksekutif Bidang Kesaksian dan Keutuhan Ciptaan (KKC) PGI pada acara diskusi Buku Panduan Advokasi KBB  serta peluncuran platform digital rumahbersama.id  di Gereja Maranatha Bali. Rabu (13/12/2023).

Ketua II MS GPIB Pdt. Manuael E. Raintung, S.Si, MM bersama narasumber dan KMJ Maranatha Denpasar Pdt. Dr. Nancy Nisahpih-Rehatta.

Menurut Jimmy, sekalipun konstitusi telah menjamin pengakuan, pemenuhan, dan perlindungan bagi setiap warga negara untuk memeluk agama dan kepercayaannya masing-masing, konflik seputar KBB masih kerap terjadi. Misalnya saja terkait penutupan atau penolakan rumah ibadah, penodaan agama, ujaran kebencian, diskriminasi terhadap para penghayat agama lokal, serta pelanggaran KBB di ruang-ruang pendidikan/sekolah, menjadi 5 masalah besar pelanggaran KBB di negeri tercinta ini.

Oleh karenanya, Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) sebagai salah satu lembaga keagamaan di Indonesia, terpanggil untuk merespons persoalan KBB ini serta mengarusutamakannya agar terbangun keadilan dan perdamaian di masyarakat.

Suasana Diskusi Buku Advokasi dan Peluncuran Platform Digital untuk KBB.

Sejak beberapa tahun terakhir PGI merancang dan menjalankan program bertemakan KBB, beberapa aktivitasnya adalah beragam penelitian, advokasi, kampanye media digital, penulisan buku, pelatihan bagi para tokoh dan aktor di masyarakat, dan pengarusutamaan KBB melalui platform digital berupa website serta aplikasi bagi masyarakat secara umum.

Baca juga  Dari Workshop PMKI Batam, Pdt. Henry Sihasale: Roadmap Akomodir Isu Misional Gereja Terkini

Pada 13 Desember 2023, bertempat di gereja Maranatha Bali, diselenggarakan secara khusus diskusi buku panduan advokasi KBB, hasil penelitian, serta peluncuran platform digital rumahbersama.id.

Kegiatan ini dihadiri unsur pemerintah provinsi Bali, Pj. Gubernur provinsi Bali yang diwakili oleh Kepala Badan Kesbangpol provinsi Bali. Hadir pula unsur dari lembaga-lembaga keagamaan, antara lain Majelis Sinode GPIB (selaku tuan rumah), Musyawarah Pelayanan GPIB Bali-NTB, PHDI Bali, Keuskupan Bali, FKUB Bali, dan PGIW Bali.

Pada sesi pertama kegiatan ini menghadirkan beberapa narasumber, antara lain: Pendeta Gomar Gultom (Ketua Umum PGI), Pendeta  Jimmy Sormin (Sekretaris Eksekutif KKC-PGI), Dr. Leonard Epafras (Dosen Universitas Gadjah Mada, Koordinator Tim Penyusun Platform Digital rumahbersama.id).

Baca juga  Di Sumut-Aceh, Robynson Wekes: Gereja Misioner Itu Berpartisipasi Dalam Misi Allah

Pendeta Gomar menyampaikan pandangannya terkait potret KBB di Indonesia serta peran lembaga keagamaan seperti PGI dalam meresponsnya. Pendeta Jimmy dalam sesi ini menyampaikan intisari dari tiga buku panduan advokasi KBB yang baru diterbitkan oleh PGI. Sementara Dr. Leonard menyampaikan hasil penelitian PGI-ICRS Yogyakarta terkait realitas generasi muda, KBB, dan media digital.

Pada sesi kedua dilakukan peluncuran platform rumahbersama.id dan perkenalan terkait aplikasi yang sedang disusun untuk menyajikan data sekaligus mengadvokasi KBB di Indonesia. Aplikasi ini berisikan data-data seputar sejarah, kebijakan pemerintah, praktik baik, serta kasus-kasus terkait KBB sejak kemerdekaan Indonesia.

Sumber dari data-data ini adalah lembaga-lembaga negara maupun sipil yang melakukan penelitian atau respons terhadap KBB. Ke depan, diharapkan platform rumahbersama.id beserta aplikasinya akan semakin berkembang dan menjadi rujukan bagi setiap pihak yang ingin memahami dan meningkatkan kualitas KBB di negeri ini.

Acara yang berlangsung dari pukul 12.00 hingga 16.30 WITA ini diakhiri dengan penyerahan secara simbolis platform ini kepada pimpinan PGI. Sementara itu, setiap peserta yang hadir mendapatkan pula buku-buku advokasi KBB, agar dapat dimanfaatkan untuk komunitas atau organisasinya masing-masing. /fsp

Share :

Baca Juga

Interdenominasi

Corak Dayak Pada Pembukaan Sidang PGI 2023: Menjunjung Kemajemukaan

Misioner

Allah Membinasakan Moab, Dihukum Karena Kesombongan

GPIB Siana

Yesus Menghendaki PengikutNya Cerdas dan Setia, Berserahlah Pada Hukum-Nya

Misioner

Undang-undang No. 4/2023 Bawa Hoki Buat Dapen GPIB

Misioner

Kesetiaanmu Kepada Tuhan Akan Memampukanmu Mengasihi Sesama

Misioner

Tips Hidup Sehat Yusuf, Tetap Sayang dan Tidak Dendam Ke Saudaranya

Misioner

Pdt. Johny Lontoh KMJ GPIB Paulus, Pnt. Rocky Sambuaga: “Mari Bangun Tubuh Kristus”

Misioner

Pemuka Agama hingga Tokoh Adat Papua Dukung Larangan Minuman Alkohol