Home / Misioner

Senin, 15 Januari 2024 - 15:29 WIB

37 Tahun Melayani, Pdt. Gomar Gultom Masuki Masa Emiritasi

JAKARTA, Arcus GPIB – Pendeta Gomar Gultom memasuki masa emeritasi setelah 37 tahun melayani. Prosesi emiritasi pria usia 65 tahun dilaksanakan di Auditorium Grha Oikoumene, Jakarta, pada Sabtu (13/1/2024).

Sejumlah tokoh, pimpinan sinode gereja, pimpinan lembaga gereja aras nasional, perwakilan lembaga mitra dalam dan luar negeri, Ditjen Bimas Kristen, aktivis interfaith, jemaat HKBP Pulo Asem, kerabat serta kolega, hadir mengikuti acara yang diawali ibadah dengan pelayan Firman Pendeta Prof. Binsar Pakpahan ini.

Mengutip laman PGI, Pendeta Gomar lahir di Tarutung 8 Januari 1959 adalah pendeta HKBP yang saat ini bertugas sebagai Ketua Umum PGI aktif dalam usaha mempersatukan gereja-gereja di Indonesia dari berbagai denominasi, termasuk Katolik.

Baca juga  Kebangkitan-Nya Menjadi Fakta Tidak Ada Allah seperti Yesus Kristus

Salah satu manuver Pendeta Gomar adalah mengatasi kecenderungan dikotomi gereja atas ekumenikal, evangelikal, pentakotal dan katolik, dia berkali-kali mengungkapkan, gereja yang benar haruslah ekumenikal, evangelikal, pentakostal dan am pada saat yang sama.

Gomar menyelesaikan Pendidikan S1 Teologia di STT Jakarta pada Desember 1983, ia menjalani masa vikariat di Tongging, sebuah desa di pinggiran Danau Toba (1984-1986).

Baca juga  GPIB Kharis DKI Renovasi Gedung Gereja dan Bangun Kantor Majelis Jemaat

Tak hanya di lingkup pelayanan gerejawi, dia juga dikenal sebagai sosok yang peduli dengan keadaan bangsa. Pada 1996 misalnya, dia pernah menjabat sebagai Direktur Lembaga Pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia) “Jetro”. Jabatan ini dipegangnya selama 3 tahun.

Selain itu, pernah pula menjabat sebagai Direktur Program Jaringan Kerja Lembaga Pelayanan Kristen di Indonesia-JKLPK (1999-2000). Selanjutnya, Sinode HKBP kembali mempercayainya sebagai Kepala Biro Pembinaan HKBP. Biro ini dipimpinnya dari tahun 2000 hingga 2005. /fsp

Share :

Baca Juga

Misioner

Di Minggu-minggu Prapaskah Mari Bersyukur, Bersukacita dan Bermazmur Bagi-Nya

Misioner

Dari Zoominar Mupel Jaktim: Asset GPIB Lumayan Banyak untuk Dikelola: Apa Saja?

Misioner

200 Lebih Bakal Calon Diaken Penatua Ikut Sesi Bina Pertama Di GPIB Zebaoth Bogor

Misioner

Ev. Stephen Tong Beri Perhatian Ke GPIB Sion Jakbar dan Beri Sumbangan

Misioner

GPIB dan Suku-suku Dayak: Terus Menghadirkan Damai Sejahtera Allah

Misioner

Akhirnya GPIB Taman Harapan Kembali Bergereja, Ini Kronologi Penguasaan

Germasa

Ramah Lingkungan, Pdt. Margie: GPIB Terus Berdampak Di Mana Dihadirkan Tuhan

Misioner

Kenaikan Kristus Itu Sejarah, Mengkonfirmasi Akan KedatanganNya Kedua Kali