Home / Misioner

Jumat, 5 April 2024 - 15:01 WIB

“Ragu Kepada Yesus Karena Belum Sungguh Mengerti Firman-Nya”

Warga jemaat GPIB Petra Jakarta dalam sebah ibadah etnik. Bersekutu, ibadah bagian dari untuk mengerti akan Firman-Nya.  /Foto: Frans S. Pong.

Warga jemaat GPIB Petra Jakarta dalam sebah ibadah etnik. Bersekutu, ibadah bagian dari untuk mengerti akan Firman-Nya. /Foto: Frans S. Pong.

JAKARTA, Arcus GPIB – Pendeta Sealthiel Izaac mengatakan, timbulnya keraguan tentang Iman kepada Yesus bisa dipastikan karena belum bersungguh-sungguh hidup didalam Dia terutama pada pengenalan terhadap Firman-Nya.

“Keragu-raguan iman kepada Yesus bisa terjadi dalam hidup kita karena kita belum sungguh mengerti firman-Nya dan melaksanakannya. Keadaan Ini “merupakan bukti” bahwa kita belum sungguh hidup di dalam Dia dan melaksanakan firman-Nya,” tutur Pendeta Sealthiel Izaac mengurai Firman Tuhan Lukas 24:41-45.

Alumni Institut Injil Indonesia (III) Batu Malang ini menyebut, murid-murid dan orang percaya masih ragu akan kebangkitan Tuhan Yesus. Padahal Ia  sudah menampakkan diri melalui beberapa peristiwa.

Catatan Arcus GPIB mengutip Sabda Bina Umat (SBU) Jumat (05/04/2024) menyatakan, bukan hal yang mudah untuk membuktikan sesuatu yang orang ragukan. Diperlukan bukti lebih dari satu, buktinya, Yesus harus makan ikan goreng di depan mata rasul-rasul dan pengikut-pengikut-Nya untuk membuat mereka tidak lagi meragukan kebangkitan-Nya dari kubur.

Baca juga  MS GPIB Gelar Lokakarya Penulisan Sabda-Sabda GPIB Di Samarinda

Untuk membuktikan sebuah kebenaran kepada orang kadang diperlukan lebih dari satu bukti. Semakin banyak bukti akan semakin membuat orang menjadi yakin dan percaya.

Bentuk pembuktian Yesus bangkit dan hidup bukan hanya dengan menunjukkan tangan dan kaki bekas terpaku. Pembuktian Yesus disampaikan oleh Injil Lukas, orang yang sudah mati tidak akan bisa makan makanan yang diberikan kepadanya.

Hanya Orang yang masih hidup yang bisa makan makanan yang diberikan kepadanya. Jadi untuk membuktikan bahwa Dia telah bangkit dari kubur dan hidup, Yesus makan sepotong ikan goreng di depan mata rasul-rasul dan pengikut-pengikut-Nya.

Baca juga  Banyak Masalah Memprihatikan Jelang Pemilu, Ini Pesan Pdt. Sealthiel Izaac

Sebab mereka masih meragukan kebangkitan-Nya. Injil Lukas 24:41-43 mengatakan, ketika rasul-rasul dan pengikut-pengikut-Nya sedang berkumpul dan mempercakapkan peristiwa Yesus bangkit dari kubur, tiba-tiba Yesus hadir di tengah-tengah mereka dan untuk membuat mereka sungguh-sungguh percaya bahwa Dia telah bangkit dari kubur dan hidup kembali, Yesus minta makanan dari mereka untuk Dia makan.

Mereka memberi kepada-Nya ikan goreng dan Yesus makan ikan goreng itu di depan mata mereka. Yesus melakukan ini supaya mereka yang masih meragukan dan belum sungguh sungguh percaya bahwa Dia telah bangkit dari kubur dan hidup kembali, dapat diyakinkan sehingga tidak ada lagi keraguan dari para murid. /fsp

Share :

Baca Juga

Misioner

MPH-PGI dan PUSAD Paramadina untuk Poso Lebih Baik Kedepan

Misioner

Dari Konven Pendeta GPIB Medan: Diakonia itu Core Business Kita

Diakonia

PDP Batch 3 untuk Tingkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pendeta

Misioner

Angkat Potensi Daerah, Majelis Sinode GPIB Bekali Vikaris Dengan Digital Marketing

Misioner

Dialog Kebangsaan HUT Ke-75 GPIB Hadirkan Tiga Profesor, Siapa Saja?

GPIB Siana

Besok, Pertemuan Pra PST GPIB 2024 Kembali Digelar Mohon Kehadirannya

Misioner

TUHAN Mau Kita Setia: Pelayanan Tidak Selalu Dalam Jabatan Gereja dan Masyarakat

Misioner

Dari Workshop PMKI Batam, Pdt. Henry Sihasale: Roadmap Akomodir Isu Misional Gereja Terkini