Home / GPIB Siana

Rabu, 3 Agustus 2022 - 17:33 WIB

PERSEPULUHAN: Tuhan Tidak Butuh Uangmu, IA Butuh Hatimu

JAKARTA, Arcus GPIB – Persepuluhan merupakan salah satu bentuk persembahan atau pemberian pada Tuhan yang dicatat dalam Alkitab.

Demikian renungan malam Sabda Bina Umat (3/8/2022) mengangkat tema “Wajibkah Memberi Persepuluhan?” mengurai teks Firman Tuhan dari Maleakhi 3: 10-12.

Jika kita terus mendebatkan tentang persepuluhan, maka kita tidak akan memahami makna yang lebih mendasar dari pemberian persepuluhan itu sendiri.

Ada kelompok yang menyatakan bahwa persepuluhan adalah kewajiban untuk dilaksanakan tapia da juga kelompok yang menyatakan bahwa persepuluhan bukan merupakan kewajiban bagi umat Kristiani di masa kini.

Pro kontra itu berkisar cara atau teknis memberi persepuluhan, bagaimana menghitung persepuluhan apakah dari seluruh pendapatan atau setelah dipotong dengan berbagai kewajiban.

Kita semua selalu diingatkan bahwa kita memberi persembahan kepada Tuhan sebagai ungkapan syukur atas berkat yang Tuhan berikan pada kita.

Baca juga  Dari Turnamen Golf GPIB 2022, Gadjah Pireno: Puji Tuhan, Toman: Profesional, Ludji Kale Lepas Drone

Saat memberikan persembahan kepada Tuhan, maka kita juga mengingat bahwa kita harus selalu memberikan yang terbaik kepada Tuhan karena Tuhan juga selalu memberikan yang terbaik kepada kita.

Setelah kita mengingat kembali hakekat persembahan yaitu memberi yang terbaik kepada Tuhan, maka kita tidak akan terjebak lagi pada perdebatan mengenai persepuluhan.

Sebaliknya dengan pemahaman itu, kita semua akan terdorong untuk memberi persembahan kepada Tuhan dengan tulus dan jujur sesuai berkat yang kita terima dari Tuhan.

Kita tidak akan berhitung dalam memberi persembahan pada Tuhan karena Tuhan juga tidak pernah berhitung untuk memberikan berkat bagi kita.

Mengapa kita harus memberi persepuluhan kepada Tuhan? Laman gracedepth.com menjawab semua ini. Sebenarnya, yang Tuhan inginkan bukanlah uangmu, melainkan hatimu. “Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada” (Matius 6:21).

Baca juga  Mari Saling Tolong Menolong, Pdt. Mainaky: Sekecil Apapun Lakukan Dengan Kasih

Memberikan persepuluhan ke gereja merupakan tindakan yang melambangkan kamu percaya bahwa apa yang kamu dapatkan berasal dari Tuhan, dan kamu percaya bahwa kamu akan tetap memiliki cukup bahkan jika kamu memberi sepersepuluh dari yang kamu miliki.

Banyak orang Kristen yang hingga hari ini menolak untuk memberikan persepuluhan ke gereja karena merasa gereja hanya mencoba untuk mengambil uang mereka. Namun sesungguhnya, yang menginginkan uangmu bukanlah gereja, melainkan Tuhan.

Bukan gerejalah yang membuat peraturan persepuluhan, melainkan Tuhan. Tetapi mengapa Tuhan meminta pengikut-pengikutNya untuk memberikan persepuluhan? Bukankah Tuhan sebenarnya tidak memerlukan uang kita sama sekali? /fsp

Share :

Baca Juga

GPIB Siana

PGI Minta Gereja-gereja dan Pemerintah Atasi Tingginya Stunting Di Indonesia

GPIB Siana

SIAP DEKLARASI. GPIB Kini Punya Pokja Gereja Ramah Anak-Literasi Digital

GPIB Siana

Di Muara Gembong, Menyatu Dalam Gerak Peduli Lingkungan dan Masyarakat

GPIB Siana

Yapendik GPIB Gelar Rapat Tahunan Pembina 2023 Di Medan

GPIB Siana

Wow,…75 Tahun GPIB, Pendeta Emiritus akan Mendapatkan Pin Emas

GPIB Siana

Dari Lokakarya Sabda-sabda GPIB Di Medan: Menghindari Plagiarisme

GPIB Siana

Persoalan Hidup Tidak Pernah Selesai, Pdt. Margie Ririhena de Wanna: Curhatlah Ke Tuhan

GPIB Siana

BERGERAK Maju Merespon Kebutuhan Jemaat Di Era Pandemi Covid 19