Home / Interdenominasi

Selasa, 31 Januari 2023 - 13:49 WIB

Peserta Sidang MPL PGI 2023 Ke IKN: Dukung IKN, Jaga Hak-hak Adat

Dilokasi IKN, dari kiri Sekretaris Umum PGI  Jacklevyn Frits Manuputty, Ketua Adat Dayak Sibukdin, Sekretaris Eksekutif Bidang KKC, Pdt. Jimmy Sormin dan Ketua Umum PGI Pdt. Gomr Dultom

Dilokasi IKN, dari kiri Sekretaris Umum PGI Jacklevyn Frits Manuputty, Ketua Adat Dayak Sibukdin, Sekretaris Eksekutif Bidang KKC, Pdt. Jimmy Sormin dan Ketua Umum PGI Pdt. Gomr Dultom

Penajam Kaltim, Arcus GPIB – Peserta sidang MPL PGI 2023 mengunjungi Titik Nol Ibukota Nusantara di Panajam Passer Utara Kalimantan Timur pada Minggu 29 Januari 2023 .

Kunjungan dimaksud untuk memberikan dukungan atas pembangunan IKN serta menjaga pemenuhan hak-hak masyarakat adat sekitar pembangunan IKN.

Kunjungan ke Titik Nol Nusantara atau Ibukota Nusantara itu dilakukan usai mengikuti kebaktian di beberapa gereja di Balikpapan. Seluruh peserta sidang MPL PGI 2023 turut serta mengunjungi titik Nol Nusantara atau Ibukota Nusantara yang memerlukan waktu tempuh sekitar 2 jam dari Balikpapan.

Dilokasi Titik Nol IKN dilakukan semacam upacara singkat diawali dengan menyanyikan lagu  kebangsaan “Indonesia Raya” dilanjutkan dengan pembacaan sikap seluruh peserta sidang MPL PGI 2023 dan ditutup dengan doa.

Baca juga  Sidang Sinode BNKP, Menkumham Yasonna:  Peluang untuk Terus Berbenah dan Berinovasi

Seperti dilansir GKI TV, tokoh adat dan Kepala Suku Balik, Sibukdin mengatakan setuju dengan pembangunan IKN di Kalimantan Timur selama memperhatikan hak-hak hidup masyarakat sekitarnya.

“Kita dari masyarakat Suku Balik yang ada di Kecamatan Sepaku, dikawasan KIPP  berharap kepada pemerintah dapat memperhatikan kehidupan kami kedepan. Hak-hak kami, tidak ada lain  pemerintah mau memperhatikan kehidupan kami buat anak cucuk kami kedepan. Kami berharap juga IKN ini jadi disini, tapi kami tidak mau tersingkir dari tanah leluhur kami,” kata Sibukdin.

Peserta sidang MPL PGI 2023

Dalam kesempatan yang sama Sekretaris Eksekutif Bidang KKC PGI, Jimmy Sormin mengatakan, tujuan kedatangan para peserta Sidang MPL PGI 2023 dilokasi pembangunan IKN untuk memberikan dukungan kepada pemerintah untk terus merealisasikan IKN.

Baca juga  Wow, GKST Punya 468 Jemaat dari Sulteng, Sulsel, Jakarta dan Hingga Bekasi

“Kita memberikan dukungan untuk program dan kebijakan nasional dalam memindahkan Ibukota Negara ke IKN ini dan kita memberikan support moral dan mendoakan,” tutur Pendeta GPIB ini.

Diharapkan perpindahan ibukota Negara ini dapat berlangsung dengan baik dan pada saat yang sama hak-hak masyarakat adat tetap dapat dijaga, menghentikan pengrusakan hutan Kalimantan juga mengupayakan percepatan pemulihan hutan yang sudah rusak. /fsp

Share :

Baca Juga

Interdenominasi

Kegerakan Interdenominasi, Sudah Ada Tiga Denominasi Menyapa GPIB

Interdenominasi

Peserta Konferensi ACELC Berkunjung Ke Kantor PGI Jakarta

Interdenominasi

Pdt. Margie De Wanna Pandu Bedah Buku Karya Pdt. Victor Rembeth

Interdenominasi

Suasana Etnik Semarakan Pembukaan ACELC

Interdenominasi

Konferensi CCA Akan Digelar Di Jakarta, Hadirkan Narasumber Handal

Interdenominasi

Atasi Kemiskinan, Rev. A. Joshuva Peter: Diakonia Ekumenis dan Kemitraan Multisektoral Cocok untuk Asia

Interdenominasi

Pergumulan Gereja Di Pakistan, Rev. Romella Robinson: Ada Kekesaran dan Persekusi

Interdenominasi

PGI Minta Semua Pihak Bijaksana Menyampaikan Pandangan Agama Di Ruang Publik