Home / Germasa

Senin, 15 Mei 2023 - 19:08 WIB

SEMILOKA Eco Church: Momentum GPIB Merawat Lingkungan Hidup

Ketua II Majelis Sinode Pendeta Manuel E. Raintung saat menyampaikan sambutannya.

Ketua II Majelis Sinode Pendeta Manuel E. Raintung saat menyampaikan sambutannya.

KENANGAN KALTIM, Arcus GPIB – Acara Semiloka Eco Church digelar Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB). Semiloka yang diadakan di jemaat GPIB Kanaan, Kenangan Kalimantan Timur Senin (15/05/2023) dihadiri pejabat Daerah setempat dan Majelis Sinode GPIB.

Acara dibuka dengan tarian adat Dayak yang disampaikan oleh anak-anak Persekutuan Teruna GPIB Kanaan Kenanga, Kaltim menghantar para tamu dan undangan memasuki ruang gereja tempat diadakannya Semiloka Eco Church.

Dari Majelis Sinode yang hadir dalam kesempatan tersebut adalah Ketua I Pendeta Marthen Laiwakabessy S.Th, Ketua II Pendeta Manuel E. Raintung, S.Si, M.M dan Sekretaris I Pendeta Roberto J.M. Wagey, M.Th.

Pendeta Manuel Raintung dalam sambutannya meminta peran serta warga jemaat untuk menjaga dan merawat lingkungan hidup yang saat ini sudah masuk dalam masa-masa krisis.

“GPIB ikut memberikan sumbangan pemikiran bagaimana gereja merawat bumi, untuk melestarikan kehidupan alam ciptaan Tuhan. Kasih Tuhan itu nyata bukan hanya kepada umat yang beriman, tetapi kasih Tuhan itu juga harus nyata dalam kehidupan bersama lingkungan hidup dimana kita ada,” kata Manuel.

Karena itu, kata dia, ditengah-tengah ancaman atauakrisis lingkungan yang sudah mulai terasa yang dirasakan dirasakan belakangan adalah meningkatnya suhu udara yang cukup panas.

Baca juga  Peserta Antusias Mengikuti Leader's Meeting Dept. Inforkom dan Litbang Palembang

“Ini akibat dari perubahan iklim yang cukup signifikan, di India 60 derajat. di Indonesia kalau sudah 35 derajat sudah panas. Suhu ini sudah tidak bersahabat lagi. Itulah tantangan kita, GPIB sebagai gereja tidak boleh tutup mata atau tutup hati terhadap ancaman dari krisis lingkungan ini,” tandas Manuel.

Dikatakan, Dept. Germasa dan Lingkungan Hidup dalam merawat lingkungan hidup menuju sebuah kesaksian dimana gereja harus dapat menyatakan kepeduliannya.

“Inilah kesempatan itu. Jikalau hasil semiloka ini baik dan tepat serta harus diberdayakan maka GPIB akan mencanangkan GPIB sebagai sahabat alam atau gereja ramah lingkungan,” ujarnya.

Mengapa ditempat ini? Menurut Manauel, tempat ini mendapat sorotan dari berbagai pihak karena itu GPIB juga sepakat untuk bertemu disini sebagai wujud nyata ikut serta dalam pembangunan nasional membangun Ibukota Nusantara yang smart city, green city dan mengikutinya sebagai green church.

Ketua Panitia Semiloka ECO Church GPIB Dr. Stella Pattipeilohy dalam sambutannya berharap jemaat-jemaat GPIB dimanapun bisa Bersama-sama terlibat dalam pengatasi krisis lingkungan.

Baca juga  Puan Maharani Dapat Wejangan Intisari Pancasila dari PWNU Jawa Timur

“Semiloka ini mengajak seluruh jemaat GPIB memiliki kesadaran yanag baik tentang krisis lingkungan dan berusaha membangun pola hidup tanpa sampah,” tutur Stella.

Kegiatan ini mengajak pada praktik hidup yang sederhana, tidak lagi menggunakan botol minuman plastik dan melakukan penanaman pohon. Tujuan jangka panjang dari kegiatan ini yaitu bersifat eksternal bagaiamana GPIB ingin merealisasiskan salah satu isi dari dokumen keesaan PGI.

Pendeta Henry Teddy Tamaela S.Si Teol mewakili BP Mupel Kaltim 1 mengatakan, penyelenggaraan semiloka Eco Church di Kenanga ini adalah moment yang tepat.

Menurutnya, pembangunan IKN banyak mendapatkan sorotan. Jadi, kata Henry, ini moment yang tepat GPIB hadir memberikan dukungan bagi pembangunan IKN melalui kepedulian lingkungan hidup.

“IKN menjadi sorotan, karena kedepan orang akan melihat IKN yang ada di Provinsi Kalimantan Timur. Ini momen yang baik bagi kita sebagai GPIB yang ada di Kaltim1 dan Kaltim 2 untuk bisa bersama-sama memulai menjadi teladan menopang IKN sebagai smart city, dan green city. /ans

Share :

Baca Juga

Germasa

Gereja Semakin Menjadi Berkat, PGI: Awas Perpecahan Gereja

Germasa

Kardinal Vatikan, Ketum PBNU, dan Tokoh Muhammadiyah Raih Doktor dari UIN Yogyakarta

Germasa

GMKI Dapat Pembinaan Cegah Tangkal Radikalisme Dari Mabes TNI

Germasa

DPR Minta Kominfo Gerak Cepat Tutup Konten Penistaan Agama

Germasa

“34 Provinsi Meluncurkan Aksi Nyata Penanaman 10 Juta Pohon”

Germasa

Forum Ministerium Bahas Isu-isu, Pdt Henry B. Jacob S.Th: Ini Khas Mupel Jaktim

Germasa

Fungsionaris Baru Sinode Ditetapkan, Siapa Saja Mereka?

Germasa

TESTIMONI Pdt. Sarah Hengkesa Melepas Anies Baswedan: PUJI TUHAN…