Home / Pelkes

Selasa, 8 Agustus 2023 - 05:15 WIB

Baksos GPIB Di Bolmong Ditutup Ketua Umum GMIBM, Catat 20.253 Pasien

Ketua Sinode GMIBM Pdt. Fekky W. Kamasan, M.Th, Ketua Umum Majelis Sinode  Pdt. Marthen Leiwakabessy didampingi Ketua Panitia Baksos Pdt.  Jan Jona Lumanauw bersama lainnya saat menutup Baksos di Immanuel Modayag.

Ketua Sinode GMIBM Pdt. Fekky W. Kamasan, M.Th, Ketua Umum Majelis Sinode Pdt. Marthen Leiwakabessy didampingi Ketua Panitia Baksos Pdt. Jan Jona Lumanauw bersama lainnya saat menutup Baksos di Immanuel Modayag.

BOLAANG MONGONDOW, Arcus GPIB – Semarak sukacita tak terbendung dari awak Tim Baksos Departemen Pelkes GPIB saat menyudahi perhelatan akbar Baksos di desa Manembo Bolaang Mongondow Sulut yang sebelumnya dilakukan di sejumlah titik di daerah itu.

Kegiatan yang dilaksanakan  dari tanggal 01 hingga 07 Agustus 2023 tersebut ditutup oleh Ketua Umum Majelis Pekerja Harian Sinode GMIBM Pendeta Fekky W. Kamasan, M.Th, Ketua Umum Majelis Sinode  Pendeta Marthen Leiwakabessy didampingi Ketua Panitia Baksos Pendeta Jan Jona Lumanauw Bersama lainnya dalam sebuah acara Malam Keakraban di Jemaat Immanuel Modayag.

“Banyak hal yang kami dapatkan dari kegiatan baksos ini. Kami melihat kekompakan Tim Baksos GPIB, saya sendiri melihat langsung di lokasi baksos,” tutur Fekky.

Panitia Baksos Modayag menyerahkan bingkisan diterima Katua Panitia Baksos GPIB Pdt. Jan Jona Lumanauw.

Pendeta Marthen Leiwakabessy dalam kesempatan itu menyatakan rasa syukurnya atas penerimaan warga Bolmong selama baksos berlangsung.

“Kami rasakan pelayanan di Bolmong ini luar biasa, benar-benar utuh, melayani dengan sepenuh hati, ini pelajaran yang baik,” kata Pendeta Marthen.

Bendaahara Dept. Pelkes GPIB Vicora Tulende dan Tim lainnya disela-sela kegiatan baksos: Berkoordinasi.

Malam Keakraban yang merupakan malam perpisahan dengan warga Modayag Bolmong sebagai titik kumpul kegiatan menjadi malam sangat mengesankan. Berkesan karena terjalin kebersamaan yang harmonis antara Panitia setempat dengan Panitia di Bolmong.

Koordinator Baksos dr. Griselda Aer menyebutkan, total capaian warga yang datang memeriksakan diri selama 5 hari baksos tersebut Baksos tersebut mencapai angka 20.253 orang. adapun tempat-tempat pelaksanaan baksos itu adalah Poigar 2.040 orang, Modayag 3.462 orang, Dumoga 3.035 orang, Manembo Poopo 6.996 dan sebelumnya dilalukan di Tumaratas mencapai 850 orang.

Baca juga  Komjen Golose Bicara Bahaya Narkotika, Pdt. Abraham Persang: Gereja Harus Hadir

Warga selalu antusias melakukan pengobatan saat pelaksanaan baksos GPIB: Di Manembo, Poopo.

Laporan pandangan mata Arcus GPIB di lapangan selama pelaksanaan baksos, warga yang datang mengujungi area baksos untuk memeriksakan kesehatan sangat antusias. Di Poigar, misalnya, gedung gereja himgga halaman samping dimana baksos digelar penuh oleh warga baik anak-anak maupun orang tua. Juga demikian yang terjadi di tempat-tempat lain dimana baksos digelar.

Kegiatan Baksos di Bolaang Mongondow selalu punya catatan bagus. Puncaknya di Gereja GMIBM Sion Manembo, Poopo  tumpah ruah. Beberapa tenda-tenda yang dibangun penuh sesak oleh warga yang antusias memeriksakan kesehatan di bilik-bilik kesehatan yang dibangun Panitia setempat bekerja sama dengan Panitia dari Dept. Pelkes GPIB.

Di Manembo, Tim Baksos GPIB, karena banyaknya warga yang datang, mengharuskan Tim Baksos menambah pasokan obat-obatan.

Semua bilik pemeriksaan kesehatan selalu ramai dengan antrian warga yang memeriksakan kesehatan. Bilik Pemeriksaan Umum, Kesehatan Gigi, Lab Darah dan Tensi sigap melayani dengan baik dan lancar.

Militansi Tim Dokter baik Poli Umum maupun Poli Gigi dan para runners tampak cekatan menangani satu persatu pasien yang memang membutuhkan solusi medis termasuk melakukan konsultasi kesehatan dengan para dokter.

Baca juga  Baksos dan Pelembagaan GPIB, Apa Kata Kepala Desa Sumber Arum?

Adapun tim dokter tersebut yang terlibat dalam baksos ini adalah dr. Griselda Aer, dr Cornelita Lita, dr. Ona Selano, dr. Theo Resilohi, dan dr. Alia Izaac. Sedangkan untuk dokter gigi adalah drg. Lanny Ranti, drg. Iphigenia, dan drg. Feylia.

Bedah minor selalu saja ada pasien yang membutuhkan pertolongan medis. Di Manembo cukup banyak pasien yang harus menjalani Bedah Minor. Gerak cekatan dr. Griselda Aer menangani pasien tak diragukan. Satu persatu pasien ditangani dengan baik.

Demikian Juga di Poli Gigi, tim dokter gigi dan para medis bergerak cepat dan tuntas menangani kesehatan gigi pasien yang datang baik anak-anak maupun orang dewasa.

Selain mendapatkan pengoatan gratis, warga yang datang juga diberikan kaca mata baca secara gratis setelah melalui pengecekan Tim Baksos di bilik kaca mata.

Baksos di bilik khitanan juga mendapatkan perhatian warga untuk mendapatkan khitanan. Di bilik ini tak sepi warga yang ingin menjalani khitanan. Di empat tempat sebelumnya selalu banyak warga masyarakat yang datang untuk proses khitanan.

Yang juga menarik dari baksos ini, event ini juga memberikan pembinaan kepada Guru-guru sekolah Minggu di Jemaat Sion Manembo ini. Pembinaan itu adalah Pengajaran Kepada Anak Didik di Gereja dengan Menggunakan Boneka yang dipandu oleh Pendeta Fonne Barahama.

Guru-guru Sekolah Minggu atau Ncik-Ncik dalam kesempatan itu sangat menikmati pengajaran yang disampaikan Pendeta Fonne. Karena, selain mendapatkan ketrampilan membuat boneka dengan berbagai item boneka, peserta juga mendapatkan pelajaran Teknik Mengajar Dengan Boneka. /fsp

Share :

Baca Juga

Pelkes

GASPOOL, Tiga Gedung Gereja Di Pos Pelkes Ditahbiskan

Pelkes

Walikota Kotamubagu Temui Tim Baksos GPIB: Puji Tuhan Kotamobagu 10 Kota Tertoleransi

Pelkes

Tarian Dayak Sambut Tim Safari Pelkes, Siap Gelar Berbagai Acara

Pelkes

Tim Baksos GPIB Dapat Sambutan Luar Biasa dari Jemaat Kalvari Bolaang Mongondow

Pelkes

Malayani Tuhan dengan Sepenuh Hati, Pdt. Elisabeth Siregar: Jangan Setengah-setengah

Pelkes

Tim Safari Pelkes Tembus Beberapa Titik: Pengobatan Gratis Capai 772 Pasien

Pelkes

Satgas Covid-19 GPIB Berikan Tajil untuk Berbuka

Pelkes

Menjadi Mandiri, Gedung Gereja Juga harus Rapi