Home / Germasa

Selasa, 16 April 2024 - 11:53 WIB

Idul Fitri, Gereja, Masjid dan Masyarakat Menyatu Merajut Kerukunan

JAKARTA, Arcus GPIB – Hari Raya Idul Fitri sebagai perayaan besar bagi umat Muslim selalu menyiratkan kebersamaan harmonis dengan umat lainnya terutama umat Kristiani atau Nasrani.

Lihat saja, setiap tahunnya shalat Ied yang dilaksanakan pada Hari Raya Idul Fitri pagi di kawasan Jatinegara Jakarta Timur, sangat terasa romantika kerukunan antara warga Muslim dan warga Nasrani disitu. Pada Rabu (10/4/2024), umat Islam memenuhi area jalan yang mengelilingi gedung gereja GPIB Koinonia Jakarta Timur melaksanakan Shalat Idul Fitri 1445 Hirjiah. Berbagai media massa menyebutkan hal ini sebagai bentuk keunikan dan simbol toleransi antarumat beragama.

”Keunikan yang menjadi lambang toleransi antarumat beragama ini tidak jarang membuat jemaah mendokumentasikan ke dalam video dan foto untuk kemudian dibagikan di media sosial. Ketika suara imam mulai berkumandang, jemaah menghentikan kegiatannya, berganti kekhusukan sembahyang,” seperti dilansir Kompas.com.

Selain di Jakarta, dari Malang Jawa Timur Okezone.com memberitakan, hari  raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 Hijriah yang jatuh pada hari ini, Rabu (10/4/2024) dirayakan dengan penuh sukacita dari masjid hingga ke pelataran gereja Gereja Katolik Paroki Hati Kudus Malang.

Baca juga  Booth UMKM Ulos Banyak Peminat

“Malang Kota Penuh Toleransi dah Penuh Kedamaian, Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin,” tulis keterangan unggahan @wibisono.ari seperti dikutip Okezone.

Dalam beberapa potret yang diunggahnya itu, terlihat kerumunan masyarakat yang sedang Sholat Ied memenuhi setiap sudut halaman hingga jalanan di sekitar gereja.

Baca juga  Kemenag Dukung Rencana Iluni Bangun Sejumlah Rumah Ibadah di Kampus UI

Dari Bintaro, Sekretaris I PHMJ GPIB Filadelfia Bintaro Hendrik Rumengan menyapa ArcusGPIB.com mengucapkan dengan kata: minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan bathin sembari melaporkan bahwa GPIB Filadelfia turut serta merayakan Lebaran melalui kegiatan Komisi Germasa Filadelfia.

” Komisi Germasa Filadelfia, tadi pagi kolaborasi kegiatan Pelayanan Sholat Idul Fitri 1 Syawal 1445 H di Masjid At-Taqwa Jln.Camar XIII Bintaro,  antara GPIB Filadelfia (PKB, GP) dengan Panitia Sholat Idul Fitri Masjid At-Taqwa,” kata Penatua Hendrik.

Kegiatannya antara lain pengaturan jamaah masjid, pengamanan, kebersihan pasca sholat Ied, penyediaan parkir di gereja.

Harapannya, kata Hendrik, kiranya kegiatan ini semakin mempererat kerukunan antar umat beragama dilingkungan gereja. /fsp/Foto: Dari Berbagai Sumber.

Share :

Baca Juga

Germasa

Berbagi Inspirasi: Ahok “Laris Manis” Di Petra dan Bukit Sentul

Germasa

Letupan-letupan Di Konferdal Germasa GPIB Saat Sesi “Gereja Menghadapi Pemilu”

Germasa

GPIB Siap Laksanakan Pertemuan ACELC

Germasa

Komitmen Tuntaskan Persoalan Agama, Menag: Mari Sama-sama Cari Solusi

Germasa

Komjen Golose Bicara Bahaya Narkotika, Pdt. Abraham Persang: Gereja Harus Hadir

Germasa

Kemenag: Jangan Tunda Penyelesaian Jika Ditemukan Masalah Kerukunan Beragama

Germasa

Ditunggu Partisipasi Gereja Berpolitik: Politik Gereja adalah Politik “Damai Sejahtera”

Germasa

Ayo Peduli Lingkungan Dari Sekarang!