Home / GPIB Siana

Kamis, 30 September 2021 - 21:12 WIB

Ini Resep Agar Mata Tetap Sehat Dari dr. Raymond  Runtu, Sp.PK, MBA

ArcusGPIB.com – Berlama-lama, berselancar di depan Portable Computer (PC) atau Laptop karena situasi yang mengharuskan seseorang harus work from home (WFH) memang mengasyikkan. Dunia seakan  berada digenggaman. Tapi tahukah bahwa dari semua itu ada ekses yang bisa diderita.

Seperti yang disampaikan dr. Raymond Ferdinand Runtu, Sp.PK, MBA, Direktur Rumah Sakit Ibu dan Anak Mardi Waluyo Rampal Malang, WFH bisa menimbulkan ekses apa yang dinamakan computer vission syndrome. Gejalanya apa saja? Ternyata cukup banyak gejala yang bisa ditimbulkan dari berlama-lama di depan PC atau laptop.

“Gejalanya antara lain, mata jadi buram, iritasi mata, nyeri kepala dan penglihatan jadi ganda,” tutur dr. Raymond yang cukup dikenal karena sering memberikan pembinaan dan  pelayanan di GPIB ini.

Baca juga  Art Deco dan Simbolisasi GPIB Bethel Bandung

Akibat dari gejala-gejala tersebut, selanjutnya mata jadi merah, kering dan  terasa panas, bahkan nyeri kepala bisa menjalar ke leher, Pundak dan punggung. Untuk mencegahnya, kata dia, istirahat setiap 20 menit, lihat objek pandangan bebas hambatan sejauh 20 kaki atau sekitar  6 meter sekitar 20 detik atau apa yang disebut “20-20-20” rule.

Selain itu aturlah cahaya sekitar, dengan cara menghindari duduk menghadap jendela langsung, tutup jendela tirai jika silau dengan sinar matahari. Aturlah posisi cahaya lampu meja, jangan langsung mengarah ke mata

Baca juga  Konser Kasih & Gala Dinner GPIB Bukit Sentul, Galang Dana Bangun Sarana Ibadah

Untuk terapi dengan obat, dr Raymond menyarankan mengatasinya dengan airan untuk melembapkan mata, misalnya, Braito Tears 5 mL, Refresh Tears 15 mL, Insto Dry Eyes 7,5 mL, Sanbe tears 8 mL atau Cendo Cenfresh 5 mL.

Penyebab dari semua gangguan pada mata antara lain menatap layar 4-8 jam, mata harus fokus & refokus ber-ulang-ulang pada layar komputer, diperberat dengan layar yang kusam, reflexi cahaya menyilaukan, sudut penglihatan kurang baik dan layar kualitas buruk.

Standard intensitas penerangan yg dianjurkan American Optometric Association adalah 200-700 LUX, jarak penglihatan ideal antara mata dengan layar 50-75 cm. /fsp

Share :

Baca Juga

GPIB Siana

Model Kepemimpinan Bagaimana yang Dibutuhkan Gereja, Ini Kata Pdt. Alexius Letlora

GPIB Siana

Mupel Bali-NTB Serahkan Tanda Kasih Atas Wafatya Istri Pdt. Abraham Supriyono

Germasa

Forum Ministerium Bahas Isu-isu, Pdt Henry B. Jacob S.Th: Ini Khas Mupel Jaktim

GPIB Siana

Sekolah Yapendik GPIB Melaju, Merespon Tantangan Dunia Pendidikan

GPIB Siana

Menteri Sandiaga Uno Apresiasi Seminar UMKM di GPIB Filadelfia Bintaro

GPIB Siana

Gelar Ibadah Adven 2023, Ketua Umum PGI: Adven, Perjalanan Menuju Kedatangan Kristus

GPIB Siana

Dinamika PST Samarinda Alot, Interupsi Tak Putus-Putus

GPIB Siana

Ayo Move On, Pdt. Alexius Letlora: Orang Lain Sudah Sampai Bulan, Kita Masih….