Home / GPIB Siana

Senin, 10 Oktober 2022 - 16:50 WIB

ToT CC Sinodal 2022: Dari Resque Air Hingga Mengendalikan Ular Berbisa

JAKARTA, Arcus GPIB – Peduli kepada keselamatan jiwa dan bagaimana melakukan pengurangan terhadap risiko bencana dilakukan Crisis Center Sinodal untuk Mupel GPIB di Buperta, Cibubur 6 Oktober 2022 yang dibuka Ketua I Pdt. Marthen Leiwakabessy.

Pelatihan Dasar Training of Trainer (ToT), Penanganan dan Pengurangan Risiko Bencana ini diikuti 28 peserta, ini merupakan ToT  Angkatan ke-2 Mupel GPIB Tahun 2022.  Pelatihan diawali dengan ibadah oleh Pdt. Roberto Wagey, M.Th, Sekretaris I Majelis Sinode GPIB.

“Output dari ToT CC tsb yaitu adanya atau diaktifkannya CC Mupel serta Satgas Covid 19 mengingat pandemi belum berakhir walau sudah melandai,” kata Pengurus CC, Christ Wangkay.  ToT CC terlaksana atas kerjasama antara Dept Pelkes, Dept PPSDI-PPK, Dept Germasa dan Dept Inforkom-Litbang.

Beberapa materi pelatihan disajikan dalam pelatihan yang banyak diarahkan oleh Karl Simatupang dan beberapa pelatih lainnya menyajikan antara lain “Pengantar Pertolongan di Permukaan Air” dan materi “Personal Flotation Device” (PFD) kemampuan apung serta materi “Akses dan Pertolongan” disajikan sebagai materi dasar.

Baca juga  Pdt Ebser M. Lalenoh M.Th, Lugas Nan Tegas, Mitranya Menyebutnya Panser Di Medan Perang

Dalam hal Pertolongan di Permukaan Air, penolong haru memiliki kemampuan berenang, Medical First Responder, Pengendalian Boat dan Alat Bantu Pertolongan dan Teknik Pertolongan di Air.

Untuk Pencegahan terjadinya kecelakaan di permukaan air perlunya papan peringatan yang dipasang ditempat-tempat yang dianggap berisiko, memberi tanda di tempat-tempat yang berbahaya termasuk memberi tanda kedalaman, menyiapkan alat apung.

Saat melakukan pertolongan, penolong harus mengetahui apa yang harus dikerjakan pada kejadian keadaan darurat di air. Penggunaan Life Jacket harus diperhatikan, memperhatikan kondisi cuaca dan ramalan cuaca dan

Langkah – langkah yang harus dilakukan seorang penolong, kenali tanda – tanda orang akan tenggelam, penilaian langkah yang dibutuhkan dan kondisi lingkungan, periksa semua alat bantu pertolongan. Dalam bertindak, gunakan metode yang tepat, bawa Materi “Akses Dan Pertolongan” menjadi materi menarik dalam pelaltihan yang mengajarkan bagaimana pemasangan dan menggunakan Perahu Karet saat terjadi krisis.

Pelatihan juga menyajikan materi “Personal Flotation Device” (PFD), pengenalan alat apung yang meang dibutuhkan untuk melakukan pertolongan di lapangan saat terjadi krisis.

Baca juga  Majalah Arcus Dalam Sesi Pembekalan 66 Calon Vikaris: Jadi Cepat Kenal GPIB

Disebutkan, ada 5 tipe alat apung diri yang biasa dipakai baik untuk penyelamatan ataupun pencegahan terhadap terjadinya risiko.

Lima tipe PFD yang telah mendapat pengakuan lembaga internasional (IMO), yaitu tipe I, II, III, IV dan V (Lihat Gambar) yang digunakan ketika berlayar dengan menggunakan kapal kecil. Ketika berada di kapal, hal pertama yang harus diketahui adalah di mana letak life jacket dan bagaimana cara mendapatkannya saat keadaan darurat terjadi.

Yang luar biasa dari Pelatihan Dasar Training of Trainer ini ada materi mengendalikan reptil ular berbisa.

Pada pelatihan tersebut, pelatih menampilkan ular Cobra yang tentunya kalau tidak berhati-hati bisa saja mengakibatkan kecelakaan baik kepada sang pawang maupun kepada peserta yang ikut dalam pelatihan tersebut.

Sat ular digelar di ruang pelatuhan di Buperta Cibubur, semua mata tertuju dan fokus kepada ular yang bergerak lincah dan siap mematuk siapa saja. /fsp

Share :

Baca Juga

GPIB Siana

EDISI NATAL: Kegagalan Tuhan Izinkan, untuk Menyadarkan agar Bertobat

GPIB Siana

Pdt. Peggy: Andalkan Tuhan, Pdt. Hendra: Jangan Dikit-dikit Kepeng

GPIB Siana

SIMULASI Persidangan, Majelis Sinode Minta Peserta Persidangan Sinode XXI Hadir

GPIB Siana

Ayo, Ikut “Yapendik Virtual Run” Agar Badan Tetap Sehat

GPIB Siana

Eco Church, Pdt. Semuel Karinda: Dinding Gereja Sebagian Harus Tembus Cahaya 

GPIB Siana

Di Muara Gembong, Menyatu Dalam Gerak Peduli Lingkungan dan Masyarakat

GPIB Siana

MAJELIS Sinode GPIB Terbitkan Panduan Merayakan Natal ’21 dan Tahun Baru ‘22

GPIB Siana

Mereka Soal Perempuan Indonesia, Miranda Goeltom: Multitasking, Sheila Salomo: Raih Kesempatan