Home / Interdenominasi

Jumat, 1 Oktober 2021 - 14:12 WIB

Mari Masuki Perjamuan Kudus, Menggunakan Tata Ibadah  BNKP

ArcusGPIB.com – Serentak secara bersama-sama gereja-gereja se-Indonesia akan laksanakan Perjamuan Kudus pada Minggu 3 Oktober 2021 berkaitan dengan Hari Perjamuan Kudus se-Dunia dan Hari Pekabaran Injil Indonesia.

Untuk itu, Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) menerbitkan Tata Ibadah untuk dipakai disemua gereja-gereja yang tergabung dalam wadah PGI. Tata Ibadah menggunakan Tata Ibadah Banua Niha Keriso Protestan (BNKP). Tema ibadah kali ini “Intervensi Allah Dalam Misi Gereja” sebagaimana yang disampaikan PGI.

BNKP sebagai persekutuan orang percaya kepada dan di dalam Kristus telah hadir di Kepulauan Nias dan pulau lainnya di Indonesia melalui kerja Badan Zending Reinische Mission Gersselschaft (RMG/Jerman), sejak 1865, dan Badan Zending Nederlandsch Luthersch Genootschap voor in-en Uitweindige (NLG/Belanda), sejak1889.

Baca juga  Konferensi CCA Akan Digelar Di Jakarta, Hadirkan Narasumber Handal

Hasil pekabaran Injil dari kedua badan zending tersebut telah membawa suku Nias (Ono Niha) dan suku lainnya keluar dari agama lamanya dan masuk ke dalam persekutuan kekristenan dengan sistem dan nilai-nilai Injil yang diterapkan dan diwarisi oleh misionaris.

Pada 1936, persekutuan orang percaya tersebut melembaga sebagai sebuah organisasi dengan nama Banua Niha Keriso Protestan, disingkat BNKP; tanggal 27 September 1865 dijadikan sebagai hari lahir BNKP. Persekutuan inilah yang menyatukan untuk pertama kali seluruh masyarakat Nias, yang sebelumnya menyatu dalam ikatan “Banua” sebagai basis kemasyarakatan dan koalisi beberapa banua di dalam satu wilayah Ori.

Baca juga  Tidak Ada yang Sia-sia, Jangan Pernah Berhenti Melakukan Kebaikan

BNKP aktif melaksanakan pelayanan pendidikan, kesehatan, pekerjaan sosial dan peneritan, seperti majalah Turia Rofa (Berita Salib). BNKP kini hadir di luar pulau Nias, serta wilayah pelayanannya, antara lain di Medan, Padang, Pekanbaru, Batam, Kepulauan Riau dan Pulau Jawa. /fsp

Share :

Baca Juga

Interdenominasi

Ev. Gunawan: Gereja Harus Terdepan Dalam Kepedulian Sosial

Interdenominasi

Gereja harus Menavigasi dalam Merawat Alam

Interdenominasi

Generasi Muda Jangan Abai, Toleransi Perlu Terus Dijaga

Interdenominasi

Sekjen HKBP Victor Tinambunan Menutup PST GPIB: Tempatkan Persoalanmu Pada Kristus

Interdenominasi

Pdt. Margie De Wanna Pandu Bedah Buku Karya Pdt. Victor Rembeth

Interdenominasi

Peserta Konferensi ACELC Berkunjung Ke Kantor PGI Jakarta

Interdenominasi

Beragama Tanpa Kepedulian: Pdt. David Sudarto: Tega

Interdenominasi

Gereja Wajib Melaksanakan dan Memperkuat Diakonia Ke Jemaatnya