Home / GPIB Siana

Sabtu, 23 Maret 2024 - 15:14 WIB

Menteri Sandiaga Uno Apresiasi Seminar UMKM di GPIB Filadelfia Bintaro

Nara sumber Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia Sarman Simanjorang, M.Si bersama peserta Seminar UMKM

Nara sumber Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia Sarman Simanjorang, M.Si bersama peserta Seminar UMKM

Gereja pun harus bisa membantu mempromosikan produk UMKM di kalangan jemaat dan masyarakat setempat dan sedapat mungkin menyediakan ruang pameran bagi usahawan UMKM.

BINTARO, Arcus GPIB – GPIB Filadelfia Bintaro melaksanakan Seminar dan Pengembangan Usaha Menengah, Kecil dan Mikro (UMKM), Sabtu (23/03/2024). Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.

Tidak hanya sekadar mendengarkan paparan narasumber, Seminar UMKM memperkenankan berbagi pengalaman dari Rico Mesakaraeng dan Ricky Mangikini dua sosok sukses di UMKM.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno.

Menteri Sandiaga Uno mengatakan, Seminar UMKM di Filadelfia ini  sangat penting untuk menambah wawasan dan motivasi bagi para pelaku UMKM  pada umumnya,

“Salam sejahtera dan menyambut baik dilaksanakannya Seminar dan Pengembangan UMKM di jemaat GPIB Filadelfia Bintaro Jaya. Kegiatan ini sangat penting untuk menambah wawasan dan motivasi bagi para pelaku UMKM yang ada dilingkungan GPIB,” kata Sandiaga Uno dalam sambutannya.

Menurutnya, UMKM memiliki peran yang sangat strategis bukan saja meningkatkan perekonomian keluarga tapi juga memberikan kontribusi menggerakkan ekonomi nehara dan daerah dan tenaga kerja serta ekonomi nasional.

Baca juga  Turnamen Golf PST Sukses Digelar: Menkumham Yasonna Laoly Hadir

Ia berpesan kepada pelaku ekonomi jemaat GPIB Filadelfia agar meningkatkan ekonomi kreativitas dengan mengasah kemampuan teknologi digital marketing,

Sejumlah peserta bersama narasumber usai mengikuti Seminar UMKM.

Gaspoool, garap semua potensi online, masih banyak pasar potensial diberbagai media sosial maupun e-commerce,” tutur Menteri Uno seraya berharap dari dengan seminar ini pelaku UMKM di jemaat GPIB Filadelfia dapat naik kelas dan pada akhirnya memberi dampak yang luas terhadap perekonomian keluarga, gereja, lingkungan dan pertumbuhan perekonomian daerah dan nasional.

Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia Sarman Simanjorang, M.Si, narasumber dalam seminar tersebut mengatakan, gereja punya peran dalam pembinaan UMKM termasuk menyediakan ruang sebagai bentuk dukungan untuk mengembangkan UMKM dalam komunitas dan harus mampu memberikan latihan dan bimbingan keusahawanan kepada anggota gerejanya.

Peserta Seminar UMKM antusias mengikuti sesi pembinaan UMKM.

Gereja pun harus bisa membantu mempromosikan produk UMKM di kalangan jemaat dan masyarakat setempat dan sedapat mungkin menyediakan ruang pameran bagi usahawan UMKM.

”Saran dan rekomendasi, GPIB Filadelfia Bintaro melalui Komisi terkait melaksanakan pelatihan yang lebih teknis, lebih kreatif mempromosikan produk UMKM Jemaat. Berkolaborasi dengan Pemerintah atau Lembaga terkait dan antar Gereja,” kata Sarman.

Baca juga  Isu Krisis Pangan dan Energi, Mejelis Sinode GPIB Minta Warga Jemaat Manfaatkan Lahan Kosong

Dikatakan bahwa jenis-jenis usaha UMKM bervariasi berdasarkan sektor industri, skala operasi, dan model bisnis antara lain Pertanian dan Perkebunan, Pertukangan dan Kerajinan, Perdagangan Ritel, Jasa, Pangan dan Minuman, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Mode dan Busana, Pariwisata dan Perhotelan, Kesehatan dan Kecantikan serta Pendidikan.

Sekretaris I PHMJ GPIB Filadelfia Bintaro, Hendrik Rumengan dan Sarman Simanjorang, M.Si

Walau demikian ada tantangan yang pada umumnya dihadapi UMKM adalah Akses Permodalan, Akses Pasar, SDM yang Masih Rendah, Pengetahuan Teknologi Digital, dan Tata Kelola Usaha termasuk tantangan UMKM di pasar Digital seperti Akutansi Keuangan Sederhana, Standarisasi Kualitas Produk, Pengembangan dan Inovasi, dan Desain dan Packaging.

Karenanya, Sarman menganjurkan kepada UMKM mau melakukan analisis SWOT, Strengths (Kekuatan), Weaknesses (Kelemahan), Opportunities (Peluang), Threats (Ancaman), menyusun business plan, Segmentasi Pasar dan Strategi Pemasaran, Pemilihan Produk/Jasa dan melakukan perluasan akses pasar.

Sekretaris I PHMJ GPIB Filadelfia Bintaro, Hendrik Rumengan mengatakan, kegiatan pelayanan pembinaan jemaat GPIB Filadelfia Bintaro dalam bentuk Seminar UMKM diselenggarakan oleh Komisi PPSDI – PPK GPIB Jemaat Filadelfia Bintaro.

”Program Kerja Komisi PPSDI-PPK bekerja sama dgn Komisi PEG GPIB Filadelfia Bintaro,” kata Hendrik Rumengan menjawab pertanyaan Arcus GPIB. /fsp

Share :

Baca Juga

GPIB Siana

Once Mekel di Paskah GPIB Hosiana Berau, Jemaat Turut Menaikkan Pujian

GPIB Siana

PESAN Majelis Sinode: “Mari Doakan Diaken dan Penatua GPIB Dimampukan Melayani-Nya”  

GPIB Siana

Selangkah Lagi Pdt. Sylvana Maria Apituley, M.Th Jabat Komisioner KPAI

GPIB Siana

PENGADAAN PASTORI: Sukses Di Celengan dan Bazaar, Bajem PTH Siap Aksi Malam Dana

GPIB Siana

HUT Ke-60 Pdt. Paulus Kariso Rumambi Sederhana, Istri Maylani: Bapak Tidak Pernah Merayakan

GPIB Siana

MERIAH Bazaar Mupel Jakpus, Ada Pendeta Idol, Ada Piala Bergilir

GPIB Siana

Mari Pahami Liturgi, Pdt. Dina Meijer-Hallatu Sentuh Soal Kawin Cerai dan Martumpol

GPIB Siana

Di Maryland AS, Fragmen Natal Dengan Kain Tenun, Batik dan Angklung