Home / GPIB Siana

Senin, 4 Desember 2023 - 19:18 WIB

Menyangkut Dana Pensiun, Tiga Personel GPIB Diminta Ikut Workshop

Peserta Workshop Investasi Dana Pensiun, Tiga Orang Diantaranya Merupakan Personel GPIB yakni Pnt. Shanti Kurniawati Koe, Pnt. Eddy M Soeindoen Pdt. Marlene J. Joseph.

Peserta Workshop Investasi Dana Pensiun, Tiga Orang Diantaranya Merupakan Personel GPIB yakni Pnt. Shanti Kurniawati Koe, Pnt. Eddy M Soeindoen Pdt. Marlene J. Joseph.

Dilakukannya Audit karena Dapen GPIB selama 11 tahun terakhir tidak pernah diaudit.

JAKARTA, Arcus GPIB – Beberapa personel yang berkaitan dengan Dana Pensiun GPIB diminta mengikuti “Workshop Manajemen Investasi Dana Pensiun (MIDP)” yang akan diselenggarakan dari tanggal 4 sampai dengan 7 Desember 2023.

Kekikutsertaan personel dana Pensiun GPIB tersebut, berpedoman pada hasil audit 4 Desember 2023 bertempat di Kantor Asosiasi Dana Pensiun Indonesia (ADPI) di Wisma BNI 46 Jalan Jendral Sudirman Jakarta Pusat.

Adapun peserta dari Dana Pensiun GPIB yang ikut dalam Workshop tersebut adalah Penatua Shanti Kurniawati Koe Bendahara Dana Pensiun GPIB dan dua orang personil Dewan Pengawas, yakni Ketua Dewan Pengawas Penatua Eddy M Soeindoen dan Anggota Dewan Pengawas Pendeta Marlene J. Joseph.

“Keikutsertaan mereka bertiga pada kegiatan workshop MIDP tersebut sebagai jawaban atas permintaan Staff Auditor OJK agar secara berkala mengikutsertakan Pengurus, Dewan Pengawas dan Staf Dana Pensiun GPIB pada berbagai kegiatan workshop yang diakui oleh OJK,” ungkap tandas Ketua Dana Pensiun GPIB, Agustinus Patty.

Baca juga  Sekolah Yapendik GPIB Melaju, Merespon Tantangan Dunia Pendidikan

Menurut pria yang akrab disapa Agus ini, turut sertanya personel Dana Pensiun GPIB sebagai upaya meningkatkan kompetensi dan melakukan perbaikan secara terus-menerus terhadap pelaksanaan Tata Kelola Dana Pensiun sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan OJK No.15/POJK.05/2019.

Sebelumnya, berkaitan dengan peningkatan kompetensi Pengurus Dana Pensiun, pada bulan Agustus 2023, Ketua Dapen GPIB Agustinus Patty telah mengikuti “Workshop Wakil Manajer Investasi” yang diselenggarakan oleh The Institute Capital Market Indonesia (TICMI) dan telah dinyatakan berkompeten.

Dengan sertifikat TICMI, ia juga telah mengikuti ujian kompetensi di Lembaga Sertifikasi Profesi Pasar Modal Indonesia (LSPPMI) dan sedang menunggu diumumkannya hasil uji kompetensi untuk selajutnya akan mendaftar untuk mengikuti ujian di OJK guna mendapatkan sertifikat WMI secara formal.

Sebagai lanjutannya, kata Agus, Pengurus Dapen GPIB telah membuat Rencana Bisnis dan telah dilaporkan ke OJK pada tanggal 30 November 2023 untuk mengikut sertakan Pengurus, Dewan Pengawas dan Staf Dana Pensiun dalam berbagai kegiatan workshop yang diakui statusnya oleh OJK.

Baca juga  Jadilah Teladan, Pdt. Annie Kalalo: Bangkitkan Semangat Anak Agar Nyaman Di Gereja

Hal itu sejalan dengan tagline yang selama ini diadopsi oleh Dana Pensiun Continue And Never Ending Improvment” kompetensi Pengurus, Dewan Pengawas dan Staf Dapen GPIB.

OJK Berkantor Di GPIB

Menyangkut masalah Audit, Agus juga menyampaikan bahwa 4 personel OJK pernah berkantor di Kantor Dapen GPIB di Jalan Medan Merdeka Timur 10 Jakarta.

“Pada tanggal 28 Februari 2023 sampai dengan 27 Maret 2023, 4 orang Staf Auditor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berkantor secara formal di Kantor Dana Pensiun GPIB dan melakukan audit terhadap Dana Pensiun GPIB,” kata Agus.

Menurut Agus, dilakukannya Audit karena Dapen GPIB selama 11 tahun terakhir tidak pernah diaudit.

Alhasil, dari hasil audit yang diberikan oleh OJK kepada Pengurus Dapen GPIB dalam bentuk matriks audit, terdapat banyak hal perlu dibenahi oleh Pengurus Dapen GPIB.

Terhadap kegiatan ini, Pengurus sangat bersyukur karena mendapat konsultan “gratis” dari OJK untuk perbaikan Sistem Manajemen dan Tata Kelola Dapen GPIB. /fsp

Share :

Baca Juga

GPIB Siana

SIMULASI Persidangan, Majelis Sinode Minta Peserta Persidangan Sinode XXI Hadir

GPIB Siana

Dari PST Samarinda: Dept. Pelkes ”Clean”, PPSDI dan PEG Aman

GPIB Siana

Majelis Sinode GPIB Berkunjung Ke STIKES Griya Husada Surabaya

GPIB Siana

“Mari Teladani Maria, Jangan Munafik Seperti Yudas”

GPIB Siana

Dari Leaders Meeting Bali: Sebuah Harapan Besar GPIB Kedepan

GPIB Siana

INGAT, Pujian Mengalahkan Si Jahat, Pujilah Tuhan Dengan Sungguh

Germasa

Arahan MS GPIB Sikapi Kontestasi 2024: Tahan Diri, Jangan Mengatasnamakan GPIB

GPIB Siana

Mereka Soal Perempuan Indonesia, Miranda Goeltom: Multitasking, Sheila Salomo: Raih Kesempatan