Home / Germasa

Senin, 31 Januari 2022 - 19:58 WIB

NGOPI BARENG dengan Tokoh Lintas Agama, Ini Resep Jitu Merawat Kerukunan

PRINGSEWU, Arcus GPIB – Ada banyak cara untuk membangun kebersamaan, serta merawat kerukunan dan keharmonisan umat beragama.

Salah satunya yang dilakukan Kepala Kantor Kemenag dan Pemerintah Kabupaten Pringsewu yakni dengan “Ngobar” (Ngopi Bareng) dengan Tokoh Lintas Agama Se-Kabupaten Pringsewu, Minggu (30/01/2022) malam.

Seperti dilansir laman Kemenag RI, Kepala Kantor Kemenag Pringsewu Ahmad Rifa’i mengatakan, NGOBAR bertujuan merangkai interaksi dan komunikasi antar tokoh agama. Agenda ini menjadi wahana berdiskusi tentang berbagai persoalan kemasyarakatan sekaligus merumuskan solusi bersama.

“Sudah menjadi kewajiban kita agar terus berupaya memupuk hubungan yang harmonis dilandasi kebersamaan dan persaudaraan yang kuat,” ungkapnya.

Baca juga  Halaman Gereja untuk Lokasi TPS

“Kekompakan Pemerintah Daerah, Kementerian Agama, Tokoh Lintas Agama dan masyarakat Kabupaten Pringsewu menjadi syarat utama merawat kerukunan, dan ini layak untuk terus kita pertahankan,” sambungnya.

Ajang ini juga menjadi sarana Rifa’i untuk menyampaikan beberapa program Kementerian Agama Kabupaten Pringsewu, di antaranya Haji Milenial. Dia mengajak kaum muda milenial serta orang tua muslim di Kabupaten Pringsewu untuk mendaftarkan diri atau putra putrinya yang telah berusia minimal 12 tahun menjadi calon jamaah haji, melalui program Haji Milenial Kementerian Agama.

“Dengan mendaftar pada saat usia muda, dimungkinkan nantinya mereka dapat berangkat menunaikan ibadah haji pada saat usia serta kondisi fisik masih kuat dan sehat,” tuturnya.

Baca juga  Kehadiran GPIB Dirasakan Masyarakat: Dari Lingkup Gereja Hingga Lintas Iman

Kegiatan yang bertempat di Saung Kerukunan Umat Beragama Pekon Waringinsari Timur Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu itu juga dihadiri Kepala Badan Kesbangpol Sukarman, Kabag Kesra Setdakab Pringsewu Rustiyan, Kasubbag TU dan para Kasi serta Penyelenggara Katholik di Lingkungan Kankemenag Kabupaten Pringsewu, Ketua FKUB Pringsewu Mahfuz Ali, Camat Adiluwih, Seluruh Kepala KUA Kapokjaluh dan Penyuluh Agama Islam se-Pringsewu juga Tokoh Lintas Agama Kabupaten Pringsewu. /fsp

Share :

Baca Juga

Germasa

Usul BNPT Rumah Ibadah Dikontrol Pemerintah, Gomar Gultom: Langkah Mundur

Germasa

Menag Lantik Tiga Pimpinan PTKN, Dari PTKN Kristen Dr. Fredrik Warwer, M.Th

Germasa

Ketua PGIW-SU Pdt. Johny A. Lontoh Lantik Pengurus PGID Kota Binjai Periode 2022 – 2027

Germasa

TEGAS. GPIB Menolak GMIM di Wilayah DKI Jakarta

Germasa

Radikalisme dan Politik Identitas Marak, Pdt. Nicodemus: Akibat Kebodohan

Germasa

Cara Awak GPIB Ini Merawat Toleransi:  Pasar Murah dan Berbuka Puasa Bersama

Germasa

Buka Puasa Bersama Pdt. P.K. Rumambi: Harus Sinergi, Prof: Dede Rosyada: Negara Serius

Germasa

Yaqut Cholil Qoumas Ajak Dai Bumikan Gerakan Moderasi Beragama Sebagai Spirit Penguatan Bangsa