Home / Germasa

Jumat, 29 September 2023 - 13:39 WIB

Produksi Konten-konten Keagamaan Agar Dipahami dengan Tepat oleh Generasi Z

Kanan, Staf Khusus Menag Wibowo Prasetyo.

Kanan, Staf Khusus Menag Wibowo Prasetyo.

BANDAR LAMPUNG, Arcus GPIB – Konten-konten keagamaan di media massa saatnya diproduksi lebih mencerahkan agar generasi Z Indonesia memiliki pemahaman agama yang tepat.

Harapan itu disampaikan Staf Khusus Menteri Agama (Stafsus Menag) Bidang Media dan Komunikasi Publik Wibowo Prasetyo seperti dilansir laman Kemenag RI, Jumat (29/09/2023). Menurutnya, peran tersebut bisa dilakukan secara masif oleh media-media di lingkungan perguruan tinggi keagamaan Islam (PTKI) karena mampu menciptakan konten lebih berkualitas sekaligus daya sebar yang luas.

“Generasi Z ini merupakan calon-calon pemimpin masa depan Indonesia. Mereka sangat digital native, terbuka dengan prinsip keberagaman dan berperspektif sangat global. Namun generasi ini umumnya masih lemah dalam hal verifikasi terhadap informasi yang mereka serap.

Celah inilah, kata dia, harus dijembatani para akademisi Islam untuk memberikan informasi yang benar lewat media,” ujar Wibowo saat Workshop Penguatan Sindikasi Media yang digelar Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan di Bandar Lampung, Kamis (28/9/2023).

Baca juga  Ini Pesan Kemenag Kepada Uskup: Bergeraklah Cepat Menjawab Masalah Sosial Di Masyarakat

Ia berharap, potensi besar generasi Z ini harus dikelola dengan optimal karena akan berdampak terhadap masa depan bangsa. Untuk itu, sejak dini mereka tidak dibiarkan berselancar mencari informasi yang tanpa arah. Peran media di lingkungan PTKI yang melakukan sindikasi sangat efektif dalam membangun kehidupan beragama yang toleran dan moderat.

Wibowo optimistis, jika sindikasi media ini bisa berjalan baik, maka isu-isu negatif yang membahayakan kerukunan umat beragama bisa diredam. Media sindikasi juga strategis dalam membendung isu-isu ekstremisme berbalut ajaran Islam yang masih marak saat ini.

Baca juga  Capacity Building Pemuda Khonghucu, Bentuk Karakter Pemuda Nasionalis Moderat

“Ini yang menjadi tantangan bersama untuk menunjukkan bahwa ajaran Islam itu sangatlah ramah dan menjunjung tinggi perdamaian, keadilan dan kemanusiaan. Kita harus memenangkan isu seperti ini,” tandasnya.

Direktur Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama Ahmad Zainul Hamdi mengatakan, sindikasi media bisa menjadi kekuatan besar dalam merebut wacana publik. Atas dasar ini, dirinya mendorong PTKI agar serius mengelola media jaringan ini agar wajah Islam yang lebih ramah benar-benar terwujud.

“Ini merupakan kerja-kerja strategis untuk mendesakkan Islam rahmatan lilalamin, toleransi dan lain sebagainya. Jangan sampai kita bergerak hanya karena ada instruksi dan sekadar program. Ini adalah tugas dan religious calling,” terangnya. ***

Share :

Baca Juga

Germasa

Imam Safe’i: Mampu Merayakan Perbedaan Akan Mendatangkan Kebahagiaan

Germasa

Wow, Presiden Jokowi Lantik Andi Widjajanto, Jadi Gubernur Lemhannas

Germasa

Duo Ketua Bidang Dibalik Safari Pelkes GPIB 2023 di Lampung Utara

Germasa

Tangkal Radikalisme, 13 Sinode dan Lintas Agama Ikut Workshop Pemuda Penggerak Perdamaian  

Germasa

Candi Prambanan Sudah Bisa Menjadi Tempat Ibadah Massal Umat Hindu

Germasa

Mengantisipasi Konflik Pakai Cara Ini, Menag Yaqut: Kerukunan Harus Ditingkatkan

Germasa

“Kita Harus Setia dan Mempersembahkan Hidup Kita”

Germasa

Menag Yaqut Bangga Terhadap Pers Indonesia, Berkontribusi Memperkuat Moderasi Beragama