Home / Germasa

Minggu, 16 Januari 2022 - 15:31 WIB

Candi Prambanan Sudah Bisa Menjadi Tempat Ibadah Massal Umat Hindu

JAKARTA, Arcus GPIB – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menginformasikan bahwa Candi Prambanan sudah bisa digunakan sebagai tempat ibadah massal bagi umat Hindu Indonesia dan dunia.

Menag saat membuka Dialog Penguatan Moderasi Beragama Menyambut Tahun Toleransi 2022 yang digelar di Kanwil Kemenag Bali di Kota Denpasar.  Dialog ini dihadiri para tokoh agama Hindu Bali, Wakil Gubernur Bali, perwakilan Universitas Hindu Negeri IGB Sugriwa, FKUB Bali, Forkopimda, penyuluh dan KUA se Provinsi Bali.

Baca juga  Kerja Sama, Ini Manuver Menag Yaqut Cholil Qoumas untuk Korea Selatan

“Dan peringatan Nyepi pada Maret 2022 nanti umat Hindu sudah bisa menggunakan Candi Prambanan sebagai tempat beribadah secara massal,” kata Menag, sebagaimana dilansir situs Kemenag RI,  Jumat (14/1/2022).

“Ini prestasi yang sebelumnya belum pernah ada. Terima kasih Plt Dirjen Bimas Hindu, Bu Komang atas inovasi dan kerja cerdasnya. Saya melihat agenda umat Hindu di Candi Prambanan sangat banyak sekali. Candi Prambanan kini tidak lagi hanya sekadar tempat wisata, melainkan menjadi tempat ibadah umat Hindu Indonesia dan dunia,” sambungnya.

Baca juga  Germasa Napas Gereja, Pdt. Marianus Tupessy: Ke Pesantren Sesuatu yang Sangat Indah

Menag menambahkan, kepastian informasi Candi Prambanan menjadi tempat ibadah massal umat Hindu dunia ia peroleh setelah mendapatkan laporan dari Tim Percepatan Candi Prambanan untuk Pusat Ibadah Umat Hindu Dunia.

“Mudah-mudahan ini bisa membuat umat Hindu bahagia dalam beribadah. Apa yang kita lakukan ini sebenarnya bukan pekerjaan melainkan kewajiban dan perjuangan dalam melayani umat beragama,” tandas Menag. ***

Share :

Baca Juga

Germasa

Penolakan  Gereja di Cilegon Inkonstitusional, Ketua II Majelis Sinode GPIB: “Makar”

Germasa

Temu Karya Sinodal Pelkat PKB Sentuh Soal Perkawinan Beda Agama Hingga

Germasa

Komisi III DPR Minta Maksimalkan Fungsi Intelijen untuk Cegah Teror kepada Tokoh Agama

Germasa

Halaman Gereja untuk Lokasi TPS

Germasa

Ini Sikap PGI Terkait Usul Cabut 300 Ayat Al-Quran: Itu Urusan Pribadi

Germasa

TEGAS. Menteri Agama Minta Pemda Fasilitas Izin dan Giat Keagamaan

Germasa

Pesan Natal KWI dan PGI: Tuliskan Pendapat, Renungan dan Khotbah Menyejukkan

Germasa

Pemerintah Tetap Berhati-hati dan Pantau Perkembangan Covid19