Home / Misioner

Senin, 31 Juli 2023 - 08:52 WIB

Cintailah Firman Tuhan Sebagai Saudara dan Sanak Saudara, Engkau Akan Berhasil

Ketua I GPIB Paulus Jakarta, Pnt. Rocky Sambuaga menyarahkan Alktab besar di Jemaat Pelkes Sungai Segah, Kaltim, dalam acara Safari Pelkes 2023.  /Foto: Frans S. Pong, arcus.

Ketua I GPIB Paulus Jakarta, Pnt. Rocky Sambuaga menyarahkan Alktab besar di Jemaat Pelkes Sungai Segah, Kaltim, dalam acara Safari Pelkes 2023. /Foto: Frans S. Pong, arcus.

JAKARTA, Arcus GPIB – Apakah kita sudah menjadikan Firman sebagai saudara, sanak saudara yang kita cintai? Sudahkah kita menjadi akrab dengan Firman setiap hari? Ataukah kita menganggap sebagai sesuatu yang biasa saja dan mengabaikannya?

Demikian pertanyaan Pendeta Sealtiel Izaac dalam renungan paginya mengurai Firman Tuhan dari Amsal 7: 4 – 5 penekanan pada ayat 4  NAS: “Katakanlah kepada hikmat: “Engkaulah saudaraku” dan sebutkanlah pengertian itu sanakmu”.

“Cintailah Firman Tuhan. Sebab sebagai saudara dan sanak saudara, Firman tidak akan menyusahkan dan menyesatkan hidup kita, dan membiarkan kita jatuh. Orang yang “kesukaannya” (cinta) Firman, seperti pohon yang ditanam di tepi aliran air, hidup dan berbuah. “Apa saja yang diperbuatnya berhasil” (Mzm 1:2-3).”

Baca juga  Jambore Anak di Solo, Sekum LAI: Belajar Firman Tuhan Lewat Cara yang Menyenangkan

Nasihat Amsal melalui Firman Tuhan hari ini : Berpeganglah pada firman Tuhan. Akrablah dengan Firman-Nya. Cintailah Firman. Karena ditengah berbagai godaan hanya firman yang dapat menguatkan dan menyelamatkan hidup kita dari berbagai kegagalan. Menjadikan Firman sebagai saudara dan sebagai sanak saudara merupakan suatu keniscayaan.

“Dikatakan dalam bacaan kita, supaya “berpegang” pada hikmat dan pengertian. Salomo dalam Amsalnya ini, menggunakan metafora, “hikmat sebagai saudara”, dan  “pengertian sebagai “sanak saudara”. Saudara “perempuan” dan “sanak saudara”, pasti dekat dengan kita, menyayangi, mencintai kita. Saudara dan sanak saudara, tidak akan membiarkan engkau jatuh dalam godaan (“perempuan pelacur”). Saudara dan sanak saudara pasti mengutamakan kebaikan kita (ay.4-5).”

Baca juga  Berdayakan Ekonomi Jemaat, Pdt. Poly Hengkesa: Ada Ketakutan Untung atau Rugi

Kitab Amsal merupakan kumpulan kata-kata hikmat atau bijak, yang dijadikan prinsip hidup  untuk mencapai hidup sejahtera dan bahagia. Amsal berintikan Firman Tuhan. “Hikmat” dan “pengertian” (disini), bersumber dari firman Allah. “Takut akan Tuhan permulaan pengetahuan” (“hikmat”) (Amsal 1:7). /fsp

Share :

Baca Juga

Misioner

Kebutuhan Rohani “Yes”, Manusia Tidak Dapat Hidup Dari Roti Saja

Misioner

Pesan Pendeta Sealthiel Isaac: Panggilan Kita Panggilan Melayani, Bukan Memerintah

Misioner

Minggu Sengsara, Tetaplah Setia, Pahami Apa yang Tuhan Inginkan

GPIB Siana

Tujuh Narabina Bicara Dalam Pembinaan Madya Pendeta, Ada Prof. Dr. John Titaley

GPIB Siana

Tidak Mengumpat Bukti Roh Kudus, Ada yang Rajin Kirim Kalimat Rohani, Tapi Hidup Penuh Caci Maki

Misioner

Pesan August Mellaz Kepada Pemilih Muda: Cermati Ideologi Pribadi dan….

Misioner

Pesona Baju Bodo Semarakkan Pembukaan Munas XX PWKI Di Kota Makassar

Misioner

Pandemi Usai, Gereja Diminta Menggumuli Ibadah Luring atau Daring