Home / Misioner

Kamis, 9 Desember 2021 - 00:41 WIB

Serahkan Tanda Kasih Ke GPIB Nehemia, Pdt Jan Jona Lumanauw: Harus Terus Dibantu

Tim Baksos Tahuna – Minahasa Rabu (08/12) menyerahkan tanda kasih ke pihak GPIB Nehemia Cibogo yang terkena musibah  longsor

Tim Baksos Tahuna – Minahasa Rabu (08/12) menyerahkan tanda kasih ke pihak GPIB Nehemia Cibogo yang terkena musibah longsor

CIBOGO, Arcus GPIB – Nikmat tersendiri merayakan Natal, pra Natal di gereja kecil. Nikmat menikam jauh terasa ke dalam jiwa di gereja yang rentan runtuh karena terus tergerus air hujan, yang terus ditata agar bencana tak semakin parah menghujam.

Alunan lagu-lagu Natal dilantunkan indah dalam ibadah dengan Pelayan Firman Pdt. Marthen Leiwakabessy, Ketua I Majelis Sinode GPIB, Rabu (08/12). Personel Tim Baksos Tahuna – Minahasa yang dipimpin Pdt. Jan Jona Lumanauw yang punya hajat di GPIB Nehemia Cibogo ini tampak bersemangat dalam kepedulian untuk membantu.

Harapannya, warga jemaat Nehemia bisa melaksanakan ibadahnya dalam ketenangan yang tidak dihantui bayang-bayang amblasnya Gedung gereja yang disana-sini terlihat retakan akibat tanah yang terus bergeser.

Dalam kesempatan pra Natal di Nehemia itu, tim Baksos Tahuna – Minahasa menyerahkan tanda kasih bantuan dana untuk meringankan beban yang mendera jemaat yang masuk dalam pelayanan Mupel Jabar 2 ini. Penyerahan tanda kasih dilakukan Pdt Marthen Leiwakabessy yang diterima KMJ setempat, Pdt Asachristo Mahodim.

Dalam kesempatan tersebut, Pdt Jan Jona Lumanauw juga meneyerahkan bantuan dana dari seorang jemaat GPIB Gloria Bekasi yang diterima unsur PHMJ GPIB Nehemia. Beberapa orang personel tim Baksos Tahuna – Minahasa juga turut serta menyerahkan tanda kasih.

Baca juga  Kepala Negara Ke Kaltim, Resmikan Mentawir dan Hadiri Kongres PMKRI

Usai menyerahkan bantuan, tim Baksos Tahuna-Minahasa melakukan peninjauan lokasi longsor yang tengah dilakukan perbaikan oleh beberapa pekerja yang terus menerus menimbun area longsor.

Pdt Jona saat meninjau titik-titik longsor terlihat iba menyaksikan kondisi longsor yang telah menenggelamkan beberapa petak bangunan termasuk tembok pastori. “Kita harus terus bantu menggalang dana,” tuturnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, hujan yang turun dengan debit air yang cukup besar di Kawasan Bogor dan sekitarnya berakibat musibah bagi GPIB Nehemia, Cibogo.

Akibatnya tanah disekitar gereja bergerak dan bergerak terus membuat permukaan tanah turun hingga kedalaman 9 meter.

“Tanah bergerak karena tergerus air hujan sedalam 9 meter dengan luas sepanjang 15 meter yang saat ini sedang dikerjakan,” ungkap Ketua Majelis Jemaat (KMJ) GPIB Nehemia Cibogo, Pdt. Asachristo Mahodim.

Saat ini, kata Pdt Mahodim, pihaknya terus melakukan penimbunan,   diuruk untuk mengatasi pergeseran tanah yang terus terjadi karena debit hujan yang besar yang terus turun di Kawasan bogor dan sekitarnya.

Baca juga  MANTAP Persiapan Panitia Konven dan PST Medan, Siap Sambut 636 Peserta

“Tembok pastori yang lama sudah tenggelam,” tutur Mantan Pendeta Jemaat  GPIB Zebaoth Bogor dan GPIB Sumber Kasih Jakarta ini.

Menurutnya, gereja yang diresmikan oleh Jend TNI (Purn) M. Panggabean dan ditahbiskan oleh Sekretaris Umum Majelis Sinode GPIB Pdt. Junus Beeh S.Th pada 1997  ini masih butuh 120 truk lagi material tanah untuk penimbunan lokasi yang terkikis air dan pendanaan untuk pembangunan kembali bangunan pastori dan gedung gereja yang rusak akibat tanah bergeser.

“Pergeseran tanah kalau tidak diantisipasi bisa menimbulkan kerusakan yang semakin parah dan butuh biaya yang semakin besar akibat tanah bergerak,” tandasnya.

Saat ini, kata Pdt Mahodim, pengerjaan telah mencapai 40 persen dari  total penanganan perbaikan yang dilakukan hingga saat ini. /fsp

DONASI: Bank BRI 0800-01-013994-53-1  a.n: GPIB Majelis Jemaat Nehemia. Contact Person: HP/W.A: 081212696611

 

Share :

Baca Juga

Misioner

Pengurus Mupel Jabar II Terbentuk: Fokus Penggalangan Dana Hingga Jemaat Terkait Hukum

Misioner

Pdt. Daniel Lumentut Pimpin Mupel Banten: Siap Tebar Benih Bakau Di Dadap dan Bantu UMKM

GPIB Siana

Panitia Pelaksana Konven Pendeta dan PST 2023 Diterima Kapolda Sumut

Misioner

Undang-undang No. 4/2023 Bawa Hoki Buat Dapen GPIB

Misioner

Pdt. Darius Pakiding: Ajar Hatimu untuk Tidak Sombong, Tuhan Sanggup Menjatuhkanmu

Misioner

Pdt. Em. Sealthiel Izaak: Jangan Sombong, Allah Menempatkan Para Rasul Di tempat Paling Rendah

Misioner

Pesan Pendeta Sealthiel Isaac: Panggilan Kita Panggilan Melayani, Bukan Memerintah

Misioner

Medsos dan Anak Muda,  Pdt. Nancy Rehatta: Senang Cari Tahu tentang Orang Lain