Home / Misioner

Jumat, 28 Juli 2023 - 18:22 WIB

“Jika Kita Tidak Melakukan Kewajiban Sebagai Orang yang Dipimpin, Kita Tidak Adil”

Pimpinan GPIB, Ketua Umum Majelis Sinode GPIB Pdt. Paulus K. Rumambi dan Sekretaris Umum Pdt. Elly D. Pitoy De Bell, saat penahbisan GPIB Maduma, Medan 2023. . /Foto: Frans S. Pong, arcus.

Pimpinan GPIB, Ketua Umum Majelis Sinode GPIB Pdt. Paulus K. Rumambi dan Sekretaris Umum Pdt. Elly D. Pitoy De Bell, saat penahbisan GPIB Maduma, Medan 2023. . /Foto: Frans S. Pong, arcus.

JAKARTA, Arcus GPIB – Tidak ada pemerintah yang tidak berasal dari Allah. Untuk itu jangan melawan pemerintah. Mereka yang melawan pemerintah sama saja melawan otoritas Allah.

Demikian renungan pagi Sabda Bina Umat (SBU) Jumat 28/07/2023 mengurai Firman Tuhan dari Ibrani 13 : 17:  Taatilah pemimpin-pemimpinmu dan tunduklah kepada mereka.

Ayat Alkitab tersebut menampilkan ketaatan yang sama seperti yang diminta oleh Rasul Paulus. “Siapapun pemimpin kita, adalah wajib untuk taat kepadanya. Bangsa atau umat tanpa pemimpinnya pasti kacau balau. Karena itu pemimpin sangat dibutuhkan masyarakat di suatu bangsa.”

“Dewasa ini kita sering berbicara tentang pemimpin yang melayani. Maksudnya kita menuntut agar semua orang yang menjadi pemimpin di bidang apapun harus melakukan tugasnya melayani yang dipimpinnya. Sebab pemimpin itu adalah abdi atau pelayan masyarakat.”

Baca juga  Dosa Daud Jadi Diskusi Menarik Di Sahabat METANOIA, Pdt. Jeffrey: Jangan Menghakimi

“Hal ini tidaklah salah. Tetapi jika kita tidak melakukan kewajiban sebagai orang yang dipimpin, yaitu taat pada pemimpin, kita juga berlaku tidak adil kepada pemimpin kita. Tugas dan tanggung jawab pemimpin cukup berat.”

“Mereka harus mengayomi, menjaga dan mengawasi serta mengatur orang-orang yang dipimpinnya. Jadi nasthat bagi kita untuk menghormati pemimpin haruslah menaati tatanan dan aturan agar hidup kita bersama tertib. Sehingga layaklah para pemimpin menerima yang terbaik dari ketaatan kita sebagai yang dipimpinnya.”

“Nasihat berikutnya jikalau kita meng-hendaki para pemimpin melayani dengan baik dan benar, maka kita juga yang dipimpinnya berbuat hal yang sama kepada pemimpin kita. Disamping pemimpin yang terkait dengan pemenntah, nasihat firman Tuhan ini berlaku juga bagi ketaatan iman orang percaya kepada Pemimpin, Junjungannya, Juruselamat Yesus Kristus.”

Baca juga  Dept. Inforkom dan Litbang Kembali Gelar Coaching Clinic: Peserta Antusias

Jika para pemimpin yang disebutkan dalam ayat Alkitab tadi diartikan sebagai pemerintah maka hal ini sejalan dengan nasehat Rasul Paulus dalam Roma 13, yang meminta agar setiap orang harus taat kepada pemerintah.

Tentu rasul Paulus tidak hanya meminta ketaatan saja, tetapi Paulus menjelaskan mengapa setiap orang harus taat pada pemimpin dalam hal pemerintah. Rasul Paulus menyatakan beberapa alasan antara lain pemerintah yang ada itu ditetapkan oleh Allah.

Majelis Sinode GPIB

Ditataran gerejawi, Fungsionaris Majelis Sinode GPIB adalah pemimpin tertinggi Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB). Fungsional mereka menjalankan program kerja dan anggaran sebagaimana yang ditetapkan dan disetujui dalam Persidangan Sinode. Artinya, jemaat dibawanya harus taat dan menjalankan apa-apa yang ditetapkan untuk dilaksanakan. /fsp/***

Share :

Baca Juga

Diakonia

Bangun Siring Cegah Longsor, GPIB Effatha Bunyu Butuh Dana

Misioner

Manuver Elok Olly Dondokambey Dari Gereja Hingga Masjid, Dari Padang Ke Jakarta

Misioner

Ini Berhala Diabad Modern, Tinggalkan dan Bertobatlah

Misioner

“Tetaplah Taat dan Setia, Bagikanlah Pengalaman Imanmu”

Misioner

Jeremy Nathanial Peserta Termuda “Coaching Clinic” GPIB: Stop “Bully”

GPIB Siana

Sukses Di Palembang, Leaders Meeting Kembali Digelar Di Bali

Misioner

Panter PSR XXII Diperkenalkan, Sekum Pdt. Elly Pitoy: “Kita Tidak Bicara Hanya Hari Ini”

Misioner

Peresmian TK Bukit Kasih Surabaya, Pdt Elia Unpapar: Tidak Ada yang Mustahil