Home / Germasa

Rabu, 22 Mei 2024 - 23:10 WIB

Krisis Lingkungan, GPIB Gelar Konsultasi Sinodal Ekologi

Salah satu tujuan kegiatan mengaktualitasasikan ekoteologi yang berkelanjutan dalam konteks wilayah pelayanan GPIB.

 JAKARTA, Arcus GPIB – Majelis Sinode GPIB akan mengadakan Konsultasi Sinodal Ekologi GPIB 6 – 9 Juni 2024 di GPIB Jemaat Immanuel Pekanbaru, Mupel Sumatera Barat – Riau, tempat pelaksanaan Hotel Grand Central Jalan Jend.Sudirman Pekanbaru. Panitia Pelaksana BP Mupel/Tim Kerja/MJ Immanuel Pekanbaru.

Majelis Sinode dalam Edarannya tertanggal 2 Mei 2024 yang ditandatangani Kektua II Pendeta Manuel E. Raintung, S.Si., M.M dan Sekretaris I Pendeta Emmawati Y. Rumampuk-B, S.Th., M.Min menyebutkan, Keynote Speech oleh Menteri/Wamen LH RI  mengurai materi “Upaya Menjaga Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan yang telah dan akan dilakukan di Indonesia”.

Konsultasi Sinodal Ekologi ini merupakan Program Kerja Sinodal Bidang Germasa  dibagi ke dalam tiga forum diskusi panel. Diskusi Panel 1 membahas “Komitmen Green Policy dan Partisipasi Pembangunan Ekologi berkelanjutan menuju Keutuhan Ciptaan” Narasumber” narasumber PGI, GPIB/GPI, KAPOLDA Riau, Pemprov.Riau, Univ. Riau Muhammadiyah, dan RAPP.

Baca juga  Puan Maharani Dapat Wejangan Intisari Pancasila dari PWNU Jawa Timur

Untuk Diskusi Panel 2  mengulas materi “Implementasi Green Policy dan Pembangunan Ekologi berkelanjutan di Riau” narasumber dari WALHI, Aktivis Lingkungan Riau dan Aktivis Masyarakat Adat Riau.

Diskusi Panel 3 membahas tema “Konsolidasi menuju gereja misional-ekologis: Gereja Hijau Komunitas Biru – Gereja Ramah Lingkungan danGereja Sabahat Alam” narasumber dari Tim STFT Jakarta, Departemen GERMASA GPIB, PGI dan GBM GPI.

Salah satu tujuan kegiatan mengaktualitasasikan ekoteologi yang berkelanjutan dalam konteks wilayah pelayanan GPIB, implementasi dan integrasi ekoteologi kepada Green Policy GPIB sebagai komitmen gereja terhadap isu lingkungan.

Kegiatan ini dimulai dengan internalisasi pemahaman Gereja Ramah Lingkungan dan praktik Eco Church yang terus disosialisasikan GPIB kepada semua Jemaat di wilayah pelayanan di Indonesia. Green-edukasi, liturgi, dan habitus ini diharapkan menumbuhkan wawasan dan perilaku mencintai alam dan lingkungan.

Baca juga  Natal dan Tahun Baru, Kemenag Minta Masyarakat Patuh Prokes

Salah satu puncak dari rangkaian kegiatan ini adalah perayaan Hari Lingkungan Hidup Nasional yang menjadi momen penting untuk menegaskan kembali komitmen GPIB dan komunitasnya terhadap upaya-upaya pelestarian lingkungan.

Melalui rangkaian kegiatan tersebut, GPIB berharap dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi umat untuk menjadi rekan Allah di tengah konteks krisis lingkungan saat ini.

Narahubung Kegiatan:

  1. Penatua Maxi Hayer (Tim Kerja Dept.Germasa) 0811.163.282
  2. Timoria Tambunan (Tim Kerja Dept.Germasa) 0878.8890.8918
  3. Penatua Widargo Damanik (Panitia Pelaksana) 0813.6590.5580
  4. Penatua Steven Gomies (Panitia Pelaksana) 0853.7487.7727

/fsp

Share :

Baca Juga

Germasa

Konferensi AICIS Minta Tafsir Ulang Fikih Hanya Islam, yang Lain Kafir

Germasa

Menag Lantik Tiga Pimpinan PTKN, Dari PTKN Kristen Dr. Fredrik Warwer, M.Th

Germasa

Untuk Pemilu Berkualitas, Pemuda Katolik Kerja Sama Dengan Bawaslu

Germasa

Abdul Muhaimin Iskandar Bertemu Ketua KWI Ignatius Kardinal Suhary

Germasa

Kado Natal Gubernur Anies, Pdt. P.K. Rumambi: Kami Doakan Bapak Menjadi….

Germasa

PGI Minta Rawat Kesatuan dan Tidak Tercabik Perbedaan Politik dan Berita Bohong  

Germasa

Presiden Jokowi Teken Nomenklatur Libur Isa Almasih Jadi Yesus Kristus

Germasa

Lagi, Kerukunan Beragama Tercoreng, Ibadah Jemaat Mawar Sharon Dibubarkan