Home / Germasa

Minggu, 9 Juni 2024 - 20:50 WIB

Pdt.Rumambi: Dunia ini Bukan Warisan Tapi Titipan yang Harus Dijaga

PEKANBARU, Arcus GPIB – Kegiatan Konsultasi Sinodal Ekologi GPIB ditutup dalam ibadah minggu dengan konsep eko liturgi dalam Peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia, pada Minggu (9/6).

Ibadah yang dipimpin Ketua Umum Majelis Sinode Pendeta Paulus Kariso Rumambi menekankan pentingnya warga GPIB lebih peduli terhadap kerusakan alam yang terjadi dan membawa damai sejahtera.

“Dunia yang diciptakan Allah ini cukup untuk isinya tapi tidak cukup bagi orang-orang yang serahkah, orang-orang yang rakus. Apalagi kalau orang itu punya kekuasaan atau power. Kita semua tahu kerusakan alam mengakibatkan krisis ekonomi yang luar biasa, pemanasan global dan timbul wabah penyakit. Bencana akibat ulah manusia bahkan timbul konflik sosial sesama manusia. Ingat saudara bahwa alam dan sumber daya bukan warisan tapi titipan sehingga titipan itu harus dijaga. Oleh karena itu kita harus peduli sebagai pembawa syalom, pembawa damai sejahtera.”

Baca juga  Persidangan PGIW di Ambon Bicara Politik: Warga Gereja Harus Aktif

Dalam sambutan penutupnya Ketua II MS Pdt. Maunuel Raintung mengampaikan bahwa ibadah minggu ini dilaksanakan dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Ini bukan ikut-ikutan tapi merupakan komitmen dalam membangun kepedulian lingkungan hidup.

“Kita mau merayakan peringtan lingkungan hidup dengan cinta karya eko puji-pujian, narasi ekoliturgi dan eko-gerakan dalam ibadah. Ada eko-kotbah di mana muatannya bernuansa ekologis yang memang belum banyak digunakan. Mudah-mudahan ini menjadi hal yang biasa. Juga eko-doa. GPIB bersyukur untuk hal itu yang telah mendeklarasikan diri sebagai gereja ramah lingkungan.”

Baca juga  Konferensi AICIS Minta Tafsir Ulang Fikih Hanya Islam, yang Lain Kafir

Pdt.Raintung menambahkan dengan berakhirnya Konsultasi Sinodal Ekologi GPIB semoga semakin maju dalam komitmen kepedulian terhadap lingkungan hidup.

“Kami juga mengucapkan terima kasih pada Mupel SARIBU atas upaya mensukseskan acara ini sebagai tuan dan puan rumah dalam kegiatan ini dan juga Bidang Germasa khususnya bidang lingkungan hidup dalam kegiatan ini. Dengan ini saya menutup kegiatan Konsultasi Sinodal Ekologi GPIB dalam nama Kristus Yesus.” /phil

 

 

Share :

Baca Juga

Germasa

Puan Maharani Dapat Wejangan Intisari Pancasila dari PWNU Jawa Timur

Germasa

Gereja dan Perdamaian, Pdt. Manuel Raitung: Perlu Peace Building, Pdt. Elly Pitoy: Dialog Antar Iman

Germasa

Gubernur Lemhannas Andi Widjajanto Di PST Medan: Jangan Berperilaku Minoritas

Germasa

Penguatan Kebijakan Moderasi Beragama: Wahana Pemecahan Isu

Germasa

Seminar Kebangsaan Di Immanuel Jakarta Sentuh Politik Dinasti, Oligarki dan Politik Identitas

Germasa

Kasus Penghentian Ibadah GBI di Padang, Umat Kristen Diminta Tenang

Germasa

Ini Sikap PGI Terkait Usul Cabut 300 Ayat Al-Quran: Itu Urusan Pribadi

Germasa

Ini Komitmen GPIB Atas Tingginya Kekerasan Terhadap Perempuan