Home / Misioner

Senin, 12 Februari 2024 - 18:46 WIB

Pemilu Damai, Pdt. Janzens William Riupassa: Beda Pilihan Mendatangkan Kebaikan

Pendeta Janzens William Riupassa, M.Th

Pendeta Janzens William Riupassa, M.Th

SAMARINDA, Arcus GPIB – Renungan pagi “Morning Call” GPIB Senin 12/02/2024 yang disampaikan Pendeta Janzens William Riupassa, M.Th sentuh ranah politik mengajak warga jemaat turut serta menyukseskan Pemilu 14 Februari 2024.

“Warga gereja dan sebagai juga warga negara punya peran dalam menyukseskan Pesta Demokrasi. Bahwa setiap kita punya pilihan demi pilihan itu seyogyanya tidak membuat kita bersinggungan, tidak membuat kita bergesekan satu terhadap yang lain,” kata  Pendeta Janzens, Ketua Majelis Jemaat GPIB Immanuel Samarinda.

Menurutnya, berbeda pilihan satu dengan yang lain itu adalah sesuatu yang mendatangkan kebaikan,  yang saling menghormati dan menghargai dan tidak memarjinalkan dan menyingkirkan yang lain ketika berbeda pilihan.

”Sebagaimana GPIB juga menyuarakan suara penggembalaan bagi setiap warga gereja, bahkan mereka yang ikut sebagai kontestasi dalam pesta demokrasi bahkan kita sebagai para pemilih biarlah kita semua boleh melihat dan menempatkan diri kita sebagai warga negara untuk mewujudkan integritas bangsa yang didalamnya kita sekalian sebagai gereja tidak lain mengedepankan dalam semangat integritas untuk dapat menyatakan yang terbaik bahwa siapapun kelak yang akan terpilih,” tutur Janzens.

Baca juga  Leaders Meeting Bandung, Sapaan untuk Perubahan

Seyogyanya, kata dia, memalui pesta demokrasi ladang pelayanan yang begitu mulia yang Tuhan hadirkan bagi siapapun bagi mereka yang terpilih untuk melayani rakyat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

”Tentu saja harapannya kita dapat memberikan suara-suara kita sebagaimana suara-suara yang dinyatakan oleh para orang tua yang memiliki anak yang menyuarakan suara Tuhan akan mendatangkan kebaikan bagi kehidupan anak-anak-Nya. Demikian juga bagi kita semua, biaralah kita juga menyuarakan suara-suara yang menghadirkan berkat bagi kehidupan orang lain,” imbuh Janzens.

Pemilu Damai

Sebelumnya sejumlah organisasi lintas agama dan kepercayaan yang tergabung dalam ”Forum Peduli Indonesia Damai” mendeklarasi agar Pemilu berjalan damai, sesuai prinsip jujur, adil, serta bermartabat.

Baca juga  HUT 104 Zebaoth, Pdt. Elly Beri Semangat Sapa Jemaat Dalam Bahasa Belanda

Deklarasi disampaikan di Grha Oikoumene, Jl Salemba Jakarta Pusat, Selasa (05/02/2024). Tokoh lintas agama tergabung dalam Forum Peduli Indonesia Damai, yaitu H. Marsudi Syuhud (Wakil Ketua umum MUI), Pdt. Gomar Gultom (Ketua Umum PGI), Romo Kardinal Ignatius Suharyo (Keuskupan Agung Jakarta), Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya (Ketum PHDI), Dr. Philip K. Wijaya (Ketum Permabudhi), Xueshi Budi Tanuwibowo (Ketum Matakin), Engkus Ruswana (Presidium Majelis Luhur Kepercayaan Indonesia),  dan Sri Eko Sriyanto Galgendu (Pimpinan Spiritual Nusantara).

Marsudi Syuhud Waketum MUI menegaskan bahwa ujung deklarasi ini adalah pemilu berjalan damai. “Seruan inilah yang kami lakukan. Dan ini merupakan deklarasi ketiga dari pimpinan komunitas agama di Indonesia. /fsp

Share :

Baca Juga

Misioner

Giat Layan HUT ke-43 PKB (2): Instalasi Air Bersih dan Baksos

Misioner

SAH, 11 Fungsionaris Majelis Sinode, 3 BPPG Diteguhkan

Misioner

Kajian Pendirian Rumambi Institute Kembali Digelar, Prof. John Titaley dan Ketua PGI Hadir

Germasa

Apa Kepala SPN Lido Tahu? Ada Gereja Kok Ibadah Di Rumah-Rumah

Misioner

MAJELIS SINODE GPIB: Paskah, Bukti Akan Keperdulian dan Keberpihakan Allah

GPIB Siana

Panitia Pelaksana Konven Pendeta dan PST 2023 Diterima Kapolda Sumut

Misioner

Panitia Konven Pendeta dan PST 2023 Diakhiri, Majelis Sinode: Panitia Bekerja Cepat

Misioner

“Sepatutnya Kita Dibuang, Tapi Dia Menjumpai Kita Di Tengah Kegalauan Hidup”