Home / Germasa

Kamis, 19 Oktober 2023 - 11:25 WIB

Penguatan Kebijakan Moderasi Beragama: Wahana Pemecahan Isu

Kepala Biro Perencanaan Kemenag RI, Ramadhan Harisman

Kepala Biro Perencanaan Kemenag RI, Ramadhan Harisman

SURAABAYA, Arcus GPIB – Kementerian Agama terus melakukan upaya penguatan kebijakan terkait moderasi beragama. Hal ini dibahas bersama dalam Simposium Penguatan Kebijakan Moderasi Beragama yang berlangsung di Surabaya, 18 – 20 Oktober 2023.

Situs Kemenag RI menyebutkan, simposium ini mengusung tema ‘Moderasi Beragama untuk Penguatan Kehidupan Berbangsa dan Bernegara’. Hadir, unsur pakar dari perguruan tinggi, praktisi, dan analis kebijakan serta perencana pada semua Kementerian/Lembaga.

Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nizar menyampaikan bahwa program Moderasi Beragama (MB) merupakan wujud nyata komitmen Pemerintah Indonesia dalam menjaga keberagaman budaya dan agama. Program ini sangat penting mengingat Indonesia adalah bangsa yang besar dan plural. MB menjadi salah satu pondasi penting bagi perdamaian, stabilitas, dan kemajuan negara dan bangsa.

Baca juga  SIDANG MPL PGI 2022, Pdt. Manuel Raintung: Ruang Virtual Harus Menjadi Ruang Kesaksian

“Pertemuan ini menjadi momentum berharga dalam upaya kita untuk memperkuat kebijakan-kebijakan yang mendorong penguatan Moderasi Beragama dalam mengatasi berbagai tantangan dalam membangun bangsa,” kata Nizar di Surabaya, Rabu (18/10/2023).

Kepala Biro Perencanaan Kemenag RI, Ramadhan Harisman menambahkan simposium Penguatan Kebijakan Moderasi Beragama menjadi wahana untuk menuangkan ide, gagasan dan pemecahan isu atau permasalahan strategis tentang moderasi beragama. Kegiatan ini akan mempresentasikan kajian dan analisis berupa policy brief penguatan moderasi beragama, dalam bentuk seminar dan diskusi. Hasil policy brief akan dipublikasikan pada prosiding analis kebijakan yang dapat diakses publik.

Baca juga  Berbagi Inspirasi: Ahok “Laris Manis” Di Petra dan Bukit Sentul

“Tujuan simposium ini secara umum ingin mendapatkan rekomendasi-rekomendasi melalui narasumber yang kompeten dan para penulis policy brief dari para Jabatan Fungsional Analis Kebijakan dan Perencana guna menghasilkan rekomendasi yang strategis dan memberikan solusi permasalahan terkini tentang kebijakan moderasi beragama di Indonesia,” kata Ramadhan Harisman.

Dikatakan Ramadhan Harisman, simposium ini menghadirkan narasumber sekaligus keynote speakers, antara lain: Menteri Agama Periode 2014-2019, H. Lukman Hakim Saifuddin, dan para pejabat yang berkompeten terhadap program Moderasi Beragama di Kementerian/Lembaga. Giat ini diikuti 95 Orang, terdiri atas perwakilan Kementerian/Lembaga, jajaran Kementerian Agama, JFAK dan Perencana, perwakilan Perguruan Tinggi. /fsp

Share :

Baca Juga

Germasa

GPIB Zebaoth Bogor: Dari Berbagi Parcel Lebaran, Kunjungan Ke Pesantren dan Buka Bersama

Germasa

Menteri Agama: Itu Teror dan Ekstremitas yang Merusak Harmoni

Germasa

Wapres Ma’ruf Amin Sanjung Olly Dondokambey Soal Ekonomi Syariah

Germasa

Kemenag Dukung Rencana Iluni Bangun Sejumlah Rumah Ibadah di Kampus UI

Germasa

Sekjen PP Pemuda Katolik: Kalau Kita Kompak dan Bersatu Pandemi Pasti Bisa Diakhiri

Germasa

Inggris, Wales dan Irlandia Utara Persiapkan Hari Doa Sedunia 2022

Germasa

Presiden Jokowi : Setiap Agama Memiliki Hak Sama dalam Beribadah

Germasa

Yuk Ikutan Lomba Menulis dan Aksi Peduli Sampah, Berhadiah Lho…