Home / Misioner

Minggu, 21 April 2024 - 19:48 WIB

Pos Pelkes EFRATHA Kaliampu Kalbar Butuh Dana untuk Renovasi Gereja

Gedung gereja yang akan direnovasi

Gedung gereja yang akan direnovasi

TUMBANG TITI, Arcus GPIB – Dalam rangka menata gedung gereja agar menjadi lebih baik, GPIB Jemaat ICHTHUS Tumbang Titi, Pos Pelkes EFRATHA Kaliampu Kalimantan Barat melakukan penggalangan dana.

Pos Pelkes EFRATHA Kaliampu yang berinduk ke GPIB Tumbang Titi, Kalimantan Barat dengan Ketua Majelis Jemaat Pendeta Marchely E. Sirait – Ruitenbach S.Si. Teol ini  membutuhkan dana Rp62 juta lebih untuk merenovasi gedung gereja.

Ketua Panitia Anggiat Tobing dan Sekretaris Rangga Diwan dalam proposalnya menyebutkan, renovasi meliputi pengerjaan lantai, pengerjaan pembongkaran lantai konsistori, pemasangan keramik lantai ruang ibadah, konsistori dan teras pengerjaan pergantian kayu atap yang sudah lapuk, pengerjaan plafon ruang ibadah dan bebarapa lainnya.

Gedung gereja yang digunakan saat ini di Pos Pelkes EFRATHA Kaliampu sudah berdiri sejak tahun 2010. Dalam pembangunannya ada proses pembongkaran plafon, karena terasa panas saat digunakan untuk ibadah serta mengalami kerusakan akibat pemasangan yang kurang tepat di waktu lampau.

Baca juga  Once Mekel di Paskah GPIB Hosiana Berau, Jemaat Turut Menaikkan Pujian

Sejak tahun 2019 lantai Gereja sudah berlubang karena pintu tidak dapat tertutup dengan baik. Banyak hewan-hewan ternak atau peliharaan penduduk dapat masuk, mengakibatkan kondisi gereja yang sudah dibersihkan setiap ibadah pun tetap berbau tidak sedap.

Di tahun 2020, Pos Pelkes EFRATHA Kaliampu sempat mendapatkan bantuan dari Desa dan para  Donatur. Dengan bantuan dana Desa dan dari Bajem ANUGERAH Serengkah,  lantai gedung gereja direnovasi. Sementara bantuan dari Donatur dibelikan pintu depan yang baru.

Pembangunanan gedung gereja adalah kerinduan jemaat di Pos Pelkes EFRATHA Kaliampu untuk menyediakan sarana ibadah yang nyaman dan aman bagi jemaat yang merupakan bagian dari masyarakat desa Batu Beransah.

Persekutuan jemaat di Pos Pelkes EFRATHA Kaliampu adalah salah satu wilayah pelayanan GPIB Jemaat ICHTHUS Tumbang Titi, yang masuk dalam wilayah pelayanan Bajem ANUGERAH Serengkah.  Warga jemaat di pos ini dilayani oleh seorang Diaken dan Pendeta Jemaat yang melayani di Bajem Serengkah.

Baca juga  Berhentilah Sombong, Marilah Kita Selalu Mengingat Penyertaan TUHAN

Jemaat ini mulai dilayani pada sekitar tahun 2000-an terdiri dari masyarakat desa Batu Beransah yang saat itu masih dikenal sebagai Serengkah VI Pos Pelkes Bajem serengkah. Pos Pelkes EFRATHA Kaliampu saat ini terdiri dari 12 keluarga, dengan total 35 jiwa. Peribadahan yang dilakukan dan dilayani di Pos ini yaitu Ibadah Minggu semenjak persekutuan ini ada dan ibadah keluarga yang baru dimulai di tahun 2023.

Jemaat Pos Pelkes EFRATHA Kaliampu adalah suku asli Dayak Pesaguan dan beberapa jemaat yang merupakan suku lain atau dari daerah lain, karena melakukan perkawinan dengan warga Kaliampu.

Mata pencaharian jemaat pada umumnya adalah sebagai petani padi, sawit, karet. Beberapa wirausaha, dan bekerja di perusahaan sawit terdekat, atau merantau di tempat lain.

Bagi pihak yang berkeinginan mendonasikan dananya dapat disalurkan  melalui No. Rek Bank BRI Unit Tumbang Titi: 4813 01 024633 53 7. /fsp

Share :

Baca Juga

Misioner

Iman yang Menyelamatkan Tidak Mengalami Polusi Harta dan….

Misioner

Tuhan Suka UmatNya Hidup Berkualitas, Apa dan Bagaimana Hidup Berkualitas?

Misioner

“Mereka Memberi Lebih Banyak Dari yang Kami Harapkan”

Misioner

GPI Audiensi Ke PGI Percakapkan Pemberdayaan Jemaat Ditengah Pandemi

Misioner

35 Tahun Pelayanan: Semakin Diberkati Karena Melayani

GPIB Siana

Dari Bajem Ke Mandiri: Pdt. Dessy L. Tuanakotta: Sudah Lama Dirindukan

Misioner

Berhentilah Sombong, Marilah Kita Selalu Mengingat Penyertaan TUHAN

Misioner

Minta Hikmat: Pdt. Ny. Deina Tacoy: Setiap Orang Punya Tugas Di Rumah Allah