Home / Pelkes

Kamis, 1 Juni 2023 - 10:59 WIB

Safari Pelkes Lampung Utara: Sesi Bina UP2M Menarik Minat Warga Jemaat

Narabina Pdt. Vonne Barahama saat menyampaikan materi  UP2M dengan moderator Yohanes Kasto

Narabina Pdt. Vonne Barahama saat menyampaikan materi UP2M dengan moderator Yohanes Kasto

LAMPUNG UTARA, Arcus GPIB – Sesi bina Departemen Pelkes dalam rangka Safari Pelkes di Lampung sentuh aspek keekonomian untuk pengembangan sumber daya yang ada di daerah setempat. Warga jemaat menyambut sukacita paparan yang disampaikan Pendeta Fonne Barahama di GPIB Petra Lampung, Kamis (01/06/2023).

Berbagai pertanyaan mengalir yang disampaikan warga jemaat yang mengikuti  pembinaan yang disampaikan Pendeta Fonne Barahama dengan moderator Yohanes Kasto. Pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan berkisar soal budidaya yang cocok dikembangkan di Lampung Utara pada umumnya.

“Budidaya apa yang cocok dilakaaukan di Lampung Utara ini. Apakah Sapi atau budidaya ikan,” tanya Temmon, seorang warga GPIB Petra.

Baca juga  Di Dunia Ini Hanya Sementara, Berjuanglah untuk Mencari dan Mendapatkan....

Persoalan pemasaran hasil produk masyarakat juga menjadi hal yang perlu menadapatkan perhatian. Karena itu, warga setempat mengharapkan ada pendampingan untuk bisa mendapatkan label agar produksi bisa semakin diterima.

Soal label untuk produk yanhg akan dipasrkan juga menjadi masalah dalam hal pemasaran produk yang dihasilkan warga.

“Kami berharap tim kami dari UP2M akan memberikan pendampingan. Ibu Lenny Syafei dan Charles Simanjuntak dari UP2M adalah ahlinya untuk itu,” tutur Fonne Barahama menjawab pertanyaan warga jemaat.

Vonne juga menyebutkan di Pulau Lingka, melalui Dept. Pelkes telah dilakukan pengembangan usaha di Pulau tersebut yang hasilnya telah dipasarkan ke berbagai tempat tidak hanya di Mupel Kepri tapi juga sudah dipasarkan keluar wilayah Kepri.

Baca juga  Dari Bajem Loa Ulung, Pdt. P.K. Rumambi: Tri Darma Gereja, Kita Lebih Senang Bersekutu

“Jemaat-jemaat lain diluar Mupel Kepri sudah menerima berbagai prooduk olahan ikan yang dipasarkan yang dibuat di Pulau Lingka,” tutur Fonne.

Dalam kesempatan itu, Vonne juga meminta warga jemaat untuk terus pelakukan pengembangan usaha dipedesaan. Ini perlu untuk mengantisipasi krisis pangan. Pangan yang perlu diprhatikan antara lain Pangan Utama yang meliputi: Sumber karbohidrat (beras, berbagai jenis umbi2an: singkong, talas, dll). Sumber protein asal hewani (antara lain sapi, ayam dll) dan nabati (tahu, tempe, kacang2an) dan Sumber mineral (sayur2an, dan buah2an). /fsp

Share :

Baca Juga

Pelkes

Tim Baksos GPIB Dapat Sambutan Luar Biasa dari Jemaat Kalvari Bolaang Mongondow

Pelkes

Lagi, Bakti Sosial Pengobatan Gratis Dept. Pelkes Ramai Dikunjungi Warga

Pelkes

Bulan Pelkes 2024, GPIB Lembagakan Dua Pos Pelkes

Pelkes

Tetap Jalankan Prokes!

Pelkes

Dr. Lenny Syafei, Sosok Dibalik “From Village To The World”

Pelkes

Di Dumoga, Tim Baksos GPIB Kerja Keras, Warga Antusias Berobat, Ada Konseling

Pelkes

Safari Pelkes Berau: Penanaman Ratusan Sawit, Baksos Pengobatan dan Pengecatan

Pelkes

Dari Semiloka Pelkes: Gereja Bisa Hidup Tanpa Gedung, Tanpa Diakonia Gereja Mati