Home / Pelkat

Selasa, 7 Mei 2024 - 15:37 WIB

Stola Kakak Layan PA – PT Wajib Dipakai dan Beri Tumpang Tangan

Kakak Layan PA dan PT di GPIB Maranatha Banjarmasin. Foto: Dok.

Kakak Layan PA dan PT di GPIB Maranatha Banjarmasin. Foto: Dok.

JAKARTA, Arcus GPIB – Majelis Sinode GPIB mewajibkan setiap pelayan Persekutuan Anak (PA) dan Persekutuan Teruna (PT) mengenakan stola yang diterbitkan GPIB saat melayani sebagaimana Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) Stola Pelayan PA-PT.

Adapun corak warna stola untuk pelayan PA berwarna hijau dengan logo GPIB disisi kiri dan logo PA disisi kanan dan untuk stola pelayan PT berwarna kuning dengan logo GPIB disisi kiri dan logo PT disisi kanan.

Sisi kiri warna hijau stola pelayan PA dan sisi kanan warna kuning stola pelayan PT.

Terkait dengan pengadaan stola yang dikenakan oleh Pelayan Firman yaitu Pelayan PA-PT dalam IHMPA dan IHMPT, maka selain kepada pelayan PA dan PT dikenakan stola, juga kepada mereka diperkenankan memberi penumpangan tangan bagi jemaat anak dan jemaat teruna.

Baca juga  Peringatan Hari Ibu ke-94, Majelis Sinode Terbitkan Petunjuk Pelaksanaannya

Dalam Edarannya tertanggal 23 April 2024 Ketua III Pendeta Maureen S. Rumeser-Thomas, M.Th dan Sekretaris II Penatua Ivan Gelium Lantu, S.H., M.Kn menyebutkan, pemakaian stola bagi pelayan PA dan PT merupakan hasil keputusan Persidangan Sinode Tahunan (PST) GPIB tahun 2024 di Samarinda.

Penggunaan stola sebagai salah satu kelengkapan pakaian liturgis dalam pemberitaan firman di GPIB telah diberlakukan pada jabatan Presbiter (Diaken, Penatua dan Pendeta) yang bertugas sebagai Pelayan Firman dan Pelayan Liturgi saat peribadahan jemaat.

Dalam perkembangannya, penggunaan stola pada pelayan Firman juga menjadi pergumulan untuk diberlakukan pada jabatan Pelayan PA dan Pelayan PT.

Para Pelayan PA – PT juga memiliki tugas memberitakan Firman Tuhan kepada jemaat anak dan teruna dalam Ibadah Hari Minggu Pelayanan Anak (IHMPA) dan Ibadah Hari Minggu Persekutuan Teruna (IHMPT).

Baca juga  Ayo Gerakan Pemuda Ikut Lokakarya Mempersiapkan Ibadah Kreatif

Melalui proses yang cukup panjang, diperoleh beberapa corak desain yang kemudian dipresentasikan dalam Sidang Majelis Sinode (SMS) GPIB dan dipilihlah satu corak yang direkomendasikan menjadi desain Stola Pelayan PA-Pelayan PT GPIB.

Setelah melalui proses di Komisi Bidang dan Pleno PST, desain stola ini diterima sebagai salah satu hasil persidangan untuk dilaksanakan di seluruh jemaat GPIB.

Stola dapat dipesan pada penyedia yang sudah memiliki kerjasama tertulis dengan Majelis Sinode GPIB yaitu penyedia pengadaan stola untuk Pendeta/Diaken-Penatua dengan harga masing-masing stola adalah Rp. 225.000,- /per satuan.  Jemaat dapat memesan langsung dengan menghubungi Sdr. Rini (tim Ibu Maria) No. WA : 0812-8922-4194. /fsp

Share :

Baca Juga

Pelkat

LOMBA POSTER Anti Kekerasan terhadap Perempuan: Juara I GPIB Kelapa Gading

Pelkat

Pantun Indah Pdt. Egla Menutup HUT Pelkat PT Ke-41 Di Jambi

Pelkat

Gerakan Pemuda Pos Pelkes Long Mesangat, Antusias Mengikuti Pelatihan Dasar Jurnalistik

Pelkat

“MUDA MUDI BERAKSI” Karya Nyata Pemuda Tata Alam Di Muara Gembong

Pelkat

MS GPIB Bikin Acara Keren. “Pemuda Gereja Memilih” Milenial Diminta Hadir

Pelkat

“Kata yang Selaras dengan Perbuatan Menampilkan Keindahan Sebuah Kesaksian”

Pelkat

PEMILU Mendekat, GPIB Gelar Talkshow: “Pemuda Gereja Memilih” Di MENARA IMAN Jakarta

Pelkat

Dari HUT Ke-57 Pelkat PKP, Pdt.  Yvonne L. Makatita: Doakan Suami yang Tidak Setia