Home / Pelkat

Jumat, 17 November 2023 - 19:16 WIB

MS GPIB Bikin Acara Keren. “Pemuda Gereja Memilih” Milenial Diminta Hadir

Foto Dokumentasi Gerakan Pemuda GPIB Immanuel Batam.

Foto Dokumentasi Gerakan Pemuda GPIB Immanuel Batam.

JAKARTA, Arcus GPIB – Majelis Sinode GPIB bikin acara keren. Apa itu? Talkshow: “Pemuda Gereja Memilih”. Wow…… Acara kawula muda ini dilakasanakan Sabtu, 2 Desember 2023, Pukul 14.00 WIB sampai selesai di GPIB Jemaat EFFATHA DKI Jakarta.

Acara tersebut dilaksanakan sebagaimana tertuang di dalam Program Kerja dan Anggaran GPIB 2023-2024 Bidang PPSDI-PPK (Non Rutin) Pelkat GP.

Majelis Sinode dalam pesannya yang ditandangani Ketua III Pendeta Maureen S. Rumeser dan Sekretaris II Penatua Ivan G. Lantu meminta, Majelis Jemaat dapat mengikutsertakan Pengurus Gerakan Pemuda dan atau Anggota Gerakan Pemuda untuk mewakili jemaatnya menghadiri kegiatan ini.

Latar belakan dilaksanakannya acara ini berkaitan dengan Pemilihan Umum (Pemilu) di tahun 2024 agar Pemuda mau menambil peran dalam Pemilu di 2024. Total Pemilih dari kelompok generasi milenial dan generasi Z sebanyak 56,45% dari total keseluruhan Pemilih. Sehingga pemuda
seharusnya berpartisipasi dan terlibat aktif dalam mengikuti proses Pemilu.

Baca juga  Yuk Gabung, Bincang Bersama Pengurus Pelkat Pelayanan Anak

Disebutkan, pemuda saat ini sebagian besar merasa bahwa partisipasi politik tidak berarti atau tidak ada gunanya bagi mereka. Hal ini mungkin disebabkan karena pemuda kehilangan kepercayaan pada sistem politik, di mana pemuda mungkin merasa kecewa dengan kinerja pemerintah atau partai politik sehingga mereka tidak lagi percaya bahwa Pemilu dapat menghasilkan perubahan yang signifikan atau mewakili kepentingan mereka.

Sebagai bagian dari Bangsa Indonesia, sikap yang diharapkan dimiliki oleh Pemuda dalam menghadapi situasi menjelang Pemilu adalah partisipasi AKTIF. Pemuda seharusnya aktif dalam proses pemilu dengan mendaftar sebagai pemilih dan menggunakan hak suara mereka. Partisipasi adalah cara utama untuk mengubah masyarakat dan sistem politik.

Sifat Pemuda yang Kritis dan Objektif juga merupakan kunci untuk menilai kinerja (track record), ide dan gagasan calon-calon dengan kritis, tidak hanya sekedar “ikut-ikutan” atau asal memilih.

Sebagai pemuda pun juga pun harus terlibat dalam menjaga ketertiban, menjauhi tindakan kekerasan, berita hoax atau hasutan lain dalam masa menuju Pemilu.

Baca juga  Ketua Harian Temu Karya PKB Hotman Hutapea Acara Sukses Tidak Ada yang Komplain

Ketertiban dan keamanan adalah aspek penting dalam menciptakan Pemilu yang damai bagi kedewasaan demokrasi bangsa Indonesia. Poin yang penting adalah kedewasaan berpikir dan bertindak termasuk menghormati hasil Pemilu bahkan jika calon yang mereka dukung / pilih kalah. Ini adalah prinsip dasar demokrasi.

Peserta kegiatan adalah warga jemaat kategorial Pelkat Gerakan Pemuda GPIB. Khusus untuk rekan-rekan GP GPIB yang berada di luar wilayah Jakarta, Bekasi, Banten dan Jawa Barat II atau pun belum berkesempatan hadir secara onsite maka dapat mengikuti kegiatan ini secara daring melalui kanal youtube Dewan Gerakan Pemuda GPIB.

Pendaftaran dilakukan dengan mengisi G-Form pendaftaran melalui tautan bit.ly/PendaftaranTalkshowGPGPIB2023 dan menghubungi Narahubung. Biaya kontribusi keikutsertaan kegiatan secara luring adalah sebesar Rp. 50.000,- Pembayaran transfer bank : Bank BRI Cabang Veteran, No Rek. 0329 01 001826 30 4 a/n Majelis Sinode GPIB. /fsp

Share :

Baca Juga

Pelkat

“Aku Suka Membagi” untuk Kemandirian Pos Pelkes

Pelkat

Nikmat Se’i Babi Om Simson Di Acara Bulan Pelkes

Pelkat

HUT Ke-62 Pelkat Pelayanan Anak GPIB, Ini Pesan-Pesan Majelis Sinode

Pelkat

Ketua Dewan PKB Tony Wenas Apresiasi Caleg-Caleg GPIB: “Kita Doakan….”

Pelkat

Teruna … “You Are Not Alone”

Pelkat

Ketua Harian Temu Karya PKB Hotman Hutapea Acara Sukses Tidak Ada yang Komplain

Pelkat

LOMBA POSTER Anti Kekerasan terhadap Perempuan: Juara I GPIB Kelapa Gading

Pelkat

MERIAH Pembukaan Ibadah Syukur Agung PKLU, Pelayan Firman Pdt. Nyoman Djepun