Home / Misioner

Kamis, 9 November 2023 - 21:54 WIB

TEGAS. Pdt. Gomar Gultom Bilang Sulit Wujudkan Ugahari Karena Kerakusan Masih Menguasai

Ketua Umum PGI Pdt. Gomar Gultom. /Foto: PGI.

Ketua Umum PGI Pdt. Gomar Gultom. /Foto: PGI.

PALANGKARAYA, Arcus GPIB – Ketua Umum PGI Pdt Gomar Gultom mengatakan, meski sudah 10 tahun, spiritualitas keugaharaian dikedepankan pada 2014 saat Sidang Raya XVI  PGI di Nias namun pada kenyatannya roh kerakusan masih lebih menguasai.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum PGI Pdt Gomar Gultom dalam paparannya terkait tema dan sub tema Sidang Raya ke XVIII PGI di Toraja pada November 2024 mendatang, sesaat setelah Ibadah dan pembukaan Konferensi Gereja Masyarakat PGI 2023 di Palangkaraya, pada Rabu (8/11/2023).

Lanjut disampaikan sebagaimana laman PGI.or.id menyebutkan, masih maraknya korupsi oleh penyelenggara negara, lemahnya penegakan hukum, eksploitasi sumber daya alam yang abai terhadap pelestarian alam, dan bahkan mengorbankan hak-hak masyarakat adat, serta màfia tanah bebas berkeliaran adalah beberapa yang ditengarai sebagai masih dominannya roh kerakusan daripada keugaharian.

Menurut Gomar, untuk mewujudkan kebaikan, keadilan dan kebenaran akan sulit terwujud ketika kerakusan masih mendominasi. “Keseharian kita begitu banal, ingin meraup sebanyak mungkin, untuk diri kita sendiri, dan mengabaikan berbagai kepatutan dan etika, bahkan mengeksploitasi sesama, yang penting ada kepuasan melampiaskan hawa nafsu dan kenikmatan dunia, perilaku koruptif dan manipulative, syahwat berkuasa, dan lainnya,” tegasnya.

Baca juga  Dari Workshop PMKI Batam, Pdt. Henry Sihasale: Roadmap Akomodir Isu Misional Gereja Terkini

Untuk itu spiritualitas keugaharian, meski belum menjemaat, tetap diperlukan untuk melatari tema “Hiduplah sebagai Terang yang Membuahkan Kebaikan, Keadilan dan Kebenaran” usul  Pdt Gomar Gultom.

Kesulitan untuk mengembangkan spiritualitas keugaharian dalam keseharian adalah karena belum dipahaminya secara utuh oleh Jemaat. Olehnya, Pdt Gomar Gultom mengajak para pimpinan gereja untuk terus mensosialisasikan dan mengajak jemaat menghidupi spriritualitas keugaharian ini, misalnya dengan menggali berbagai kearifan lokal, seperti  “Silasamo” (ungkapan Toraja) yang berarti sudah cukup untuk saya, dan juga dengan terminologi dan bahasa yang mudah dipahami oleh generasi milineal.

Pertobatan Ekologis

Sementara itu dalam paparannya terkait subtema “Bersama-sama Mewujudkan Masyarakat Majemuk yang Pancasilais dan Berdamai dengan Segenap Ciptaan Allah”, Ketua Umum PGI menekankan pentingnya kesalehan sosial “Kualitas bergereja bisa diukur bila kesalehan tidak sekedar bermakna individual, tetapi juga kesalehan sosial; yang pada gilirannya akan melahirkan sikap-sikap kemanusiaan dalam berbagai kebijakan” politik maupun ekonomi.

Baca juga  Ketua Umum Majelis Sinode Melepas 66 Vikaris Masuk Jemaat: Siapa Saja?

Dalam bagian lain, juga disinggung mengenai rusaknya ekosistem akibat kerakusan manusia yang mengeksploitasi alam.  Pdt Gomar Gultom mengingatkan bahwa “Kehadiran manusia adalah untuk memelihara kebaikan karena alam diciptakan bukan hanya untuk manusia tetapi juga bagi ciptaan yang lain. Olehnya, Gereja diajak untuk menggaungkan pertobatan ekologis.”

Dalam menghadapi berbagai tantangan tersebut, diperlukan keserempakann gerakan oikoumene agar peran transformatif gereja menjadi optimal. Untuk itu Pdt Gomar Gultom mengajak arak-arakan getkan oikoumenis tidak hanya bethenti di level nasional ataupun sinodal tetapi juga sampai ke jemaat lokal dan bahkan hadirnya kader-kader pengerak oikoumene. /fsp/pgi

Share :

Baca Juga

Misioner

Dahsyat, Pertumbuhan dan Perkembangan Kekristenan Di China: Kristen Jadi Agama Pribumi  

Misioner

“Masa Penantian, Teruslah Tekun, Taat, dan Berpengharapan”

Misioner

Pdt. Daniel Lumentut Pimpin Mupel Banten: Siap Tebar Benih Bakau Di Dadap dan Bantu UMKM

Misioner

Pelayanan Di Jemaat, Akan Selalu Ada Orang yang Merasa ”Lebih”…..

Misioner

Pnt. Edy Maulana SoeiNdoen: Iman yang Tidak Kokoh akan Mudah Patah dan Tumbang

Misioner

Roadmap PMKI, Pdt. Roberto Wagey: Fokus Pada Pekerja, Perempuan, Anak dan …

Misioner

Gereja Tetap Diperlukan Sebagai Tempat Allah Menyapa UmatNya

Misioner

Ditunggu Kehadirannya, Dept. Inforkom dan Litbang Gelar Coaching Clinic di Tiga Sentra