Home / Misioner

Selasa, 14 Juni 2022 - 12:37 WIB

Tuhan Mau Saat Engkau Berkuasa Berbuatlah Kebaikan Bagi Sesama

Foto Ilustrasi: Pelaksana Redaksi Arcus Media Network, Frans S. Pong, bincang santai dengan warga di Pos Pelkes Tanap, Kalbar saat bulan Pelkes 2022.

Foto Ilustrasi: Pelaksana Redaksi Arcus Media Network, Frans S. Pong, bincang santai dengan warga di Pos Pelkes Tanap, Kalbar saat bulan Pelkes 2022.

JAKARTA, Arcus GPIB – Allah menginginkan kita untuk membuka kesempatan bagi sesama supaya dapat memberdayakan diri, berkarya demi kesejahteraan dirinya dan orang lain.

Demikian renungan pagi Sabda Bina Umat (SBU) Selasa 14 Juni 2022 mengangkat tema “ALLAH MENGECAM PERILAKU KORUP” mengurai teks Firman Tuhan Amos 6 : 1 – 8.

Setelah masa pemerintahan raja Salomo, kerajaan Israel terpecah menjadi dua kerajaan, yaitu Utara dan Selatan. Masing-masing kerajaan dapat menentukan tujuan hidup mereka sendiri. israel telah mandiri secara politik. Secara ekonomi, sebagian kecil orang dapat dikatakan makmur dan sejahtera.

Mereka mempunyai wibawa dan harga diri di antara masyarakatnya. Sayangnya, kemandirian secara politik ini tidak serta-merta menghasilkan perilaku hidup yang benar.

Baca juga  Khotbah Dengan Latar Pembuatan Batu Merah, Pdt. Syancrist: Ini Milik Gereja

Ada banyak orang miskin di antara sedikit orang kaya dan berkuasa saat itu. Mereka tidak mendapatkan perhatian yang serius dan para penguasa dan orang-orang kaya.

Hidup masyarakat Israel terlihat timpang antara mereka yang berkuasa dan berpunya dengan rakyat jelata yang miskin.

Kekuasaan dan kekayaan tidak dimanfaatkan sedemikian rupa oleh penguasa dan yang kaya untuk menolong rakyat miskin agar keluar dari kemiskinannya.

Mereka malah hidup dalam pesta pora di tengah kehidupan rakyat yang prihatin. Para penquasa dan mereka yang kaya tidak peduli sama sekali pada rakyat jelata.

Baca juga  Meriah, HUT GPIB Ke-75 Di Mupel Kaltim I: Sentuhan Etnik Mempesona

Hidup mereka korup dengan menghisap darah (mengeruk keuntungan dari) rakyat jelata sehingga rakyat semakin miskin dan tak berdaya sama sekali. Perilaku hidup itu dikecam oleh Allah Israel.

Allah menyindir sikap hidup para penguasa dan orang-orang kaya yang rakus. Pembebasan nenek moyang Israel dari tanah perbudakan seharusnya menjadi pelajaran bag Israel bahwa Allah tidak menyukai penindasan dan sikap korup.

Mereka harus menquatkan dan memberdayakan orang miskin sebagaimana Allah memberdayakan nenek moyang mereka. Sebagaimana Allah menginginkan Israel menguatkan dan memberdayakan orang miskin di antara mereka. /fsp

Share :

Baca Juga

Misioner

Khotbah Dengan Latar Pembuatan Batu Merah, Pdt. Syancrist: Ini Milik Gereja

Misioner

72 Tahun PGI, Pdt. Gomar Gultom: Masing-masing Membangun Tembok….

Misioner

Panitia Konven Pendeta dan PST 2023 Diakhiri, Majelis Sinode: Panitia Bekerja Cepat

Misioner

Pesan Paskah GPIB: Masa Transisi Kepemimpinan, Harus Membawa Damai

GPIB Siana

Tujuh Narabina Bicara Dalam Pembinaan Madya Pendeta, Ada Prof. Dr. John Titaley

Misioner

Mengapa Harus Berserah, Ini Lho yang Didapat Bila Berserah Kepada Tuhan

Misioner

GPIB Strategis, Dirjen Bimas Kristen Thomas Pentury: Awas Ekstrim Kiri Dan Kanan

Misioner

Tetaplah Jaga dan Lestarikan Sumber Daya Alam dan Lingkungan