Home / Misioner

Selasa, 30 Mei 2023 - 19:58 WIB

Di Sumut-Aceh, Robynson Wekes: Gereja Misioner Itu Berpartisipasi Dalam Misi Allah

Ketua V Majelis Sinode GPIB, Penatua Robynson L. Wekes

Ketua V Majelis Sinode GPIB, Penatua Robynson L. Wekes

MEDAN, Arcus GPIB – Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB) terus memacu diri melalui tahapan dalam periode waktu menjadi gereja misioner yang membawa damai sejahtera Yesus Kristus ditengah masyarakat bahkan dunia.

Peserta Pembinaan PHMJ dan BPPJ Mupel Sumut-Aceh bersama narabina Ketua V Majelis Sinode Penatua Robynson L. Wekes.

Mengatakan itu, Ketua V Majelis Sinode GPIB, Penatua Robynson L. Wekes S.H., M.M., MBA saat menjadi narabina dalam forum Pembinaan PHMJ dan BPPJ di Mupel Sumut-Aceh yang diselenggarakan di gedung Alfa Omega GPIB Immanuel Medan, Sabtu (27/5/2023).

Disampaikan, tahapan dalam periode waktu tersebut dimulai dari tahun 1948-1966 yang merupakan tahapan konsolidasi. Lalu di tahun 1966-1986 tahap awal menuju jemaat misioner dan di tahun 1986-2006 merupakan tahap pertumbuhan menjadi jemaat misioner dan selanjutnya pada 2006-2026 tahap membangun dan mengembangkan gereja yang mengalami sungguh-sungguh damai sejahtera Yesus Kristus ditengah masyarakat dan dunia.

Tidak sendiri, dalam sesi bina tersebut, fungsionaris lainnya yang turut memberikan pembinaan adalah Ketua IV Penatua Shirley Van Houten-Sumangkut, Bendahara Penatua Edy Soei Ndoen, dan Bendahara I Penatua Victor Pangkerego.

Baca juga  Aktiflah Sampaikan Berita Cinta Kasih, Pdt. Tiwow Apresiasi Keroncong Tugu Anak

Lebih jauh kata Penatua Robynson Wekes yang akrab disapa Robby, semua itu dilakukan sebagaimana visi GPIB Menjadi Gereja yang Mewujudkan Damai Sejahtera bagi Seluruh Ciptaan-Nya dengan misi Menjadi Gereja yang terus menerus dipebarui dengan bertolak dari Firman Allah yang terwujud dalam perilaku kehidupan warga gereja, baik dalam persekutuan, maupun dalam hidup bermasyarakat.

Capaian-capaian dilakukan sebagaimana Tema-tema Tahunan yang ditetapkan. Tema 2022-2023: Mengoptimalkan Sinergi Intergenerasional GPIB dengan mengembangkan Kepemimpinan Misioner dalam Konteks Budaya Digital (Efesus 4:11-16). Tema 2023-2024: Memberdayakan Warga Gereja secara Intergenerasional guna Merawat Jejaring Sosial dan Ekologis di Konteks Budaya Digital (Kolose 3:12-17). Tema 2024-2025: Melayani dan Bersaksi secara Intergenerasional Berbasis Komunitas Digital demi Kesejahteraan Bangsa dan Keutuhan Ciptaan (Kis. 11:2-10). Tema 2025-2026: Memperteguh Panggilan dan Pengutusan Gereja secara Intergenerasional dengan Mendayagunakan Teknologi Digital untuk Mewujudkan Kasih Allah dalam Seluruh Ciptaan (Yes. 42:5-7).

Baca juga  Kasus Poster Wanted Masuk Ranah Hukum, Ketua GMKI Jefri Gultom: Siap Bantu GPIB

Apa itu gereja misioner? Penatua Robby yang berprofesi Advokat di Law Firm Robby Wekes & Partners ini mengatakan, hakikat gereja misioner keberadaannya sebagai hasil dari misi Allah di dalam Kristus dengan perantaraan Roh Kudus bagi dunia dan berpartisipasi dalam misi Allah di tengah dunia dan melaksanakan amanat Tuhan Yesus Kristus menghadirkan tanda-tanda Kerajaan Allah di bumi, khususnya di Indonesia.

Lanjut kata Robby, dalam melaksanakan Panggilannya sebagai Gereja, GPIB memiliki Pedoman Strategis dalam rangka penyelenggaraan panggilan dan pengutusannya. GPIB merancang pedoman strategis yang dikenal dengan nama Pokok-pokok Kebijakan Umum Panggilan dan Pengutusan Gereja (PKUPPG).

Pedoman strategis ini merupakan perencanaan strategis jangka panjang 20 tahun yang bersifat umum. PKUPPG ini dituangkan ke dalam Kebijakan Umum Panggilan dan Pengutusan Gereja (KUPPG) jangka pendek (5 tahunan)

Komponen-komponen Utama Pedoman Strategis GPIB adalah Analisis, Visi Misi Tema, Sasaran dan Strategi, dan Program-program Kerja. /fsp

Share :

Baca Juga

Misioner

Sosok Baik Hati Daniel Alfred Sabandar Wafat, Ia Wafat Di Dalam Tuhan

Misioner

Vaksinasi Booster Kepada Masyarakat, GPIB Kinasih Banten: Berbangga Bisa Membantu Pemkot Tangsel

Misioner

Hindari Krisis Pangan, Guru Besar IPB Minta GPIB Konsumsi Pangan Lokal

Misioner

Tiga Tahun Wafat Richard van Der MUUR, Vicora: “Dia Sosok Unik”

Misioner

40 Hari Niat Baik Menyambut Paskah, Ini Tuntunannya

Misioner

Konven dan PST 2023 Medan Dilaksanakan dengan Ugahari

Misioner

Kasus Gereja Tulang Bawang, PGPI: Terima Kasih Kemenag Telah Gerak Cepat

Misioner

Nah, Ingat Ini, AKHLAK Harus Jadi Core Value….