Home / Misioner

Senin, 20 Mei 2024 - 06:15 WIB

Dept. Inforkom Litbang, Temu Unit Misioner Perkuat Sinergitas

Sebagian peserta dari Unit Misioner yang hadir dalam pertemun dengan Dept. Inforkom Litbang, di Kantor Majelis Sinode, Sabtu 18/5/2024.

Sebagian peserta dari Unit Misioner yang hadir dalam pertemun dengan Dept. Inforkom Litbang, di Kantor Majelis Sinode, Sabtu 18/5/2024.

JAKARTA, Arcus GPIB – Departemen Inforkom dan Litbang Majelis Sinode GPIB melakukan pertemuan dengan Unit-unit Misioner GPIB di Kantor Majelis Sinode Jakarta, Sabtu 18 Mei 2024. Banyak hal yang dibahas dalam pertemuan yang dihadiri hampir semua Unit Misioner yang ada di GPIB.

Ketua Departemen Inforkom dan Litbang Pendeta Dewi Sintha Astadiyan, M.Th dalam sambutannya mengatakan, pertemuan dilakukan untuk memantapkan sinergitas kaitannya dengan digital ministry GPIB.

Pertemuan ini menjadi kesempatan untuk memperkuat sinergitas dan juga menyampaikan hal-hal apa saja yang bisa dikembangkan dalam digital ministry GPIB.

Ketua Dept. Inforkom & Litbang Pdt. Dewi Sintha Astadiyan dan Kasubid Organisasi Pdt. Adriano Wangkay saat memaparkan lingkup kerja Dept. inforkom & Litbang.

“Dalam sinergi-sinergi yang selama ini dilakukan mungkin kita masih mengerjakan secara parsial atau per event. Kebutuhan sinergi itu sangat penting sehingga kita menjadi sebuah kerja bersama bukan kerja masing-masing yang dipaksakan bersama,” tutur Pendeta Dewi.

Pendeta Dewi yang kini menyelesaiakan Prodi Doktoral di STFT Jakarta mengatakan, Digital Ministry yang diusung GPIB bukan semata soal contentnya tapi juga sistemnya. Analoginya seperti menonton tayangan televisi, tentu ada mekanismenya, ada sebuah organisasi, ada peralatannya maka dia menjadi sebuah layanan yang bisa diakses oleh publik.

Antusias peserta mengikuti sesi yang dipaparkan Dept. Inforkom Litbang.

Digital ministry adalah cara gereja, GPIB ini menjangkau lebih banyak lagi warga GPIB dan publik untuk mengenal siapa GPIB ini melalui layanan digital.

Baca juga  Pemimpin Umat Perlu Punya Kemampuan Diplomasi, Pdt. Jimmy Sormin: Diplomasi Penting

Koordinator Sub Bid. Organisasi Dept Inforkom dan Litbang Pendeta Adriano Wangkay dalam kesempatan itu mengatakan, pertemuan dengan Unit-unit Misioner kali ini adalah untuk melakukan sinkronisasi kegiatan-kegiatan dengan Unit-unit Misioner.

“Tujuan pertemuan adalah untuk melakukan sinkronisasi kegiatan-kegiatan di Unit Misioner dan mencari tahu apa itu Digital Ministry, apa itu Digital Creative, dan bagaimana memanfaatkan content, dan bagaimana mekanisme koordinasi antar unit misoner,” kata Pendeta Adriano yang juga KMJ GPIB Trinitas Jakarta Timur.

Tim Inforkom & Litbang tak kenal lelah memaparkan lingkup kerja Dept. Inforkom & Litbang

Dalam kesempatan itu, Pendeta Adriano juga menjelaskan pentingnya memahami mekanisme organisasi dalam koordinasi di antara unit-unit misioner di lingkup Majelis Sinode. Unit-unit misioner di lingkup Majelis Sinode mengerjakan apa yang diputuskan dalam Persidangan Sinode. Oleh karena itu mekanisme organisasi mengingatkan pentingnya melakukan koordinasi dan evaluasi sehingga pelaksanaan tugas bersama terlaksana dalam sinergitas.

Baca juga  PAHIT Jadi Manis: Bersandarlah Kepada Allah yang Sanggup Membuatnya Manis

”Tata Gereja tahun 2021 menyebutkan kewenangan penuh gereja ada di Persidangan Sinode Raya. Majelis Sinode melaksanakan apa yang menjadi keputusan dalam Persidangan. Unit-unit misioner di lingkup Majelis Sinode mengerjakan apa yang diputuskan dalam persidangan sebagaimana tertera dalam PKA” tandas Pendeta Adriano.

Paparan menarik membuat peserta bersemangat menyelesaikan pertemuan hingga tuntas.

Dikatakan, apapun yang dikerjakan Majelis Sinode pada akhirnya dipertanggung jawabkan lima tahun, bukan setiap tahun dalam Persidangan Sinode.  PST itu punya punya fungsi check and balancing. Dalam PST, Majelis Sinode melalui Unit-unit Misionernya melaporkan apa yang sudah dikerjakan.

Soal fungsi-fungsi gereja, GPIB dalam menjalankan misinya dilakukan melalui struktur yang ada. ”Gereja kita punya struktur, punya fungsi untuk menjalankan misi.”

Anggota Dept. Inforkom dan Litbang di Sub Bid Komunikasi, Denny J. Sompie dalam pertemuan itu menerangkan rencana pembangunan Media Centre  GPIB di lantai 2 Kantor Majelis Sinode. Saat ini persiapan tengah dilakukan.

Pembangunan Media Centre tersebut menghadirkan juga studio yang akan diperlengkapi dengan berbagai peralatan media sebagaimana lazimnya pada studio televisi, photo dan radio.

Dalam kesempatan itu juga koordinator Sub Bid Komunikasi, Diaken Stephanus Suwu menguraikan masing-masing platform media yang ada di Departemen Inforkom dan Litbang serta kekuatan dari masing-masing media tersebut. Melalui koordinasi ini diharapkan tiap-tiap unit misioner menggunakan platform media yang ada dalam sinergitas mengembangkan digital ministry GPIB. /fsp/Foto-foto: Dennies Gaspersz

Share :

Baca Juga

Misioner

Manuver Pdt. Salmon Bawole Persiapkan Generasi Emas 2045

Misioner

la Kalahkan Kematian dan Jamin Keselamatan Kekal oleh Kasih Karunia-Nya

Misioner

Minta Hikmat: Pdt. Ny. Deina Tacoy: Setiap Orang Punya Tugas Di Rumah Allah

Misioner

Menguntungkan, Jika Saja Indonesia-Israel Jalin Hubungan Diplomatik

Misioner

Relasi Dengan Pemerintah Harus Rutin, Pdt Manuel Raintung S.Si, MM: Gubernur Saja Saya Temani

GPIB Siana

Majalah Arcus Dalam Sesi Pembekalan 66 Calon Vikaris: Jadi Cepat Kenal GPIB

Misioner

Sesi Bina Karyawan Kantor Majelis Sinode: Pengajaran untuk Cinta Alam dan Peduli Sasama

GPIB Siana

Hein Marcuus Peraih Rekor Dunia, Pernah “Door to Door” Tawarkan Lagu