Home / Germasa

Selasa, 4 Juni 2024 - 07:24 WIB

GPIB Gelar Konsultasi Sinodal Ekologi di Pekanbaru

Ketua Umum MS GPIB Pdt. Drs. P.K. Rumambi, M.Si bersama Fungsionaris lainnya dalam suatu kesempatan melakukan penanaman pohon. Foto: Frans S. Pong.

Ketua Umum MS GPIB Pdt. Drs. P.K. Rumambi, M.Si bersama Fungsionaris lainnya dalam suatu kesempatan melakukan penanaman pohon. Foto: Frans S. Pong.

JAKARTA, Arcus GPIB – Konsultasi Sinodal Ekologi GPIB Tahun 2024 bakal digelar di Pekanbaru, Provinsi Riau, 6-9 Juni 2024 oleh Majelis Sinode Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (MS GPIB).

Menurut Ketua II Fungsional Majelsi Sinode (FMS)  GPIB Pendeta Manuel Raintung, Konsultasi Sinodal yang diikuti peserta 25 Musyawarah Pelayanan (Mupel) yang tersebar di 26 provinsi digelar dalam rangka menindaklanjuti hasil Persidangan Sinode XVII Tahun 2020 di Bogor, Jawa Barat dalam mewujudkan Gereja Ramah Lingkungan (GRL).

“GPIB memahami bahwa kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) berdampak negatif bagi lingkungan hidup, sikap materialistis, dan konsumtif masyarakat, serta ada pandangan bahwa agama, termasuk Gereja dinilai tidak mampu memenuhi kebutuhan esensial manusia,” Pendeta Manuel di Jakarta, Senin (3/6/2024).

Baca juga  Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas Berharap Indonesia Jadi Kompas Toleransi di Dunia

Pendeta Manuel menambahkan, berawal dari studi-studi teologi terkait isu lingkungan beberapa tahun belakangan hingga deklarasi GPIB sebagai Gereja Ramah Lingkungan, pada HUT ke-75 GPIB di Kota Padang, Sumatera Barat, 31 Oktober 2023, GPIB menyadari perlunya aksi berkelanjutan dan berinisiatif menyelenggarakan kegiatan Konsultasi Ekologi.

Kegiatan ini, lanjutnya, dimulai dari internalisasi pemahaman Gereja Ramah Lingkungan (GRL) dan praktik Eco Church yang terus disosialisasikan GPIB kepada semua Jemaat di wilayah pelayanan di Indonesia.

“Green-edukasi, liturgi, dan habitus ini diharapkan menumbuhkan wawasan dan perilaku mencintai alam dan lingkungan,” katanya.

Baca juga  "Kita Harus Bersaksi, Ceritakanlah Kasih Tuhan Yesus"

Sementara itu, Ketua Departemen Germasa GPIB, Penatua Irjen Pol (Purn) Alex Mandalika mengapresiasi antusiasme Jemaat, Mupel, dan Unit-unit Misioner GPIB mengikuti kegiatan tahunan ini.

Alex menyatakan, Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Alue Dohong yang akan menjadi pembicara kunci sekaligus membuka Konsultasi Sinodal Ekologi GPIB Tahun 2024.

Selain itu, akan hadir utusan Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI), Wahana Lingkungan Hidup (Walhi), WWF, Kepolisian, Perguruan Tinggi, Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama, dan pelaku usaha.

“Kami berkoordinasi dengan Musyawarah Pelayanan Sumatera Barat, Riau, dan Bengkulu menyelenggarakan Konsultasi Sinodal Ekologi. Ini menjadi wujud kebersamaan kami sebagai gereja dan masyarakat,” jelas Alex./phil

Share :

Baca Juga

Germasa

Radikalisme dan Politik Identitas Marak, Pdt. Nicodemus: Akibat Kebodohan

Germasa

Gubernur Lemhannas Andi Widjajanto Di PST Medan: Jangan Berperilaku Minoritas

Germasa

Dinkes Senen dan PGI Gelar Vaksinasi Booster di Grha Oikoumene Jakarta

Germasa

Majelis Sinode Tuntaskan Audiensi Di Lemhannas, Katedral Jakarta dan Ditjen Bimas Kristen

Germasa

Idul Fitri, Gereja, Masjid dan Masyarakat Menyatu Merajut Kerukunan

Germasa

Peserta Konferdal Berkunjung Ke Vihara Tri Dharma Pak Kung Singkawang

Germasa

Abdul Muhaimin Iskandar Bertemu Ketua KWI Ignatius Kardinal Suhary

Germasa

MANTAP. Kemenag Siapkan Layanan Ziarah Umat Katolik: Vatikan, Lourdes, dan Yerusalem