Home / Interdenominasi

Jumat, 8 April 2022 - 17:21 WIB

Kegerakan Interdenominasi, Sudah Ada Tiga Denominasi Menyapa GPIB

Ps. Stephen Tong, Ps. Andi Simon, Ps. Rubin Adi Abraham.

Ps. Stephen Tong, Ps. Andi Simon, Ps. Rubin Adi Abraham.

JAKARTA, Arcus GPIB – Kegerakan  interdenominasi gereja-gereja cukup dirasakan Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB). Bukan baru sekarang, dulunya GPIB pernah berkolaborasi dengan Institut Injil Indonesia melalui YPPII Batu Malang. Namun kerja sama itu disudahi karena sesuatu dan lain hal dan beberapa pendeta GPIB saat ini adalah lulusan kampus tersebut.

Kini dalam beberapa bulan ini terpantau ada tiga moment dimana ada orang-orang penting sinode gereja dari denominasi lain, yang tidak seazas bertandang ke GPIB yang cukup memberikan pencerahan betapa gereja membutuhkan kebersamaan interdenominasi. Siapa saja?

Pertama, Ev. Stephen Tong, pendiri Gereja Reformed Injili Indonesia (GRII) bertandang ke GPIB Sion Jakarta Barat Minggu 10/10/2021. Tidak sekadar berkunjung ke gereja tua berusia 326 tahun yang dipimpin Ketua Majelis Jemaat Pdt. Fransien Ihalaw-Hukom S.Th, Ev. Stephen Tong memberikan sumbangan berupa Piano dan uang Rp100 juta.

Kedua, pada acara penutupan Persidangan Sinode Tahunan (PST) GPIB di Hotel Aryaduta Jakarta Pusat, Rabu (9/3/2022), Majelis Sinode GPIB mengundang Ketua Umum BPP Sinode Gereja-gereja Bethel di Indonesia (GBI), Pdt. Dr. Rubin Adi Abraham dalam forum akbar GPIB tersebut.

Baca juga  Ev. Gunawan: Gereja Harus Terdepan Dalam Kepedulian Sosial

Dan yang luar biasa Pdt. Dr. Rubin Adi Abraham menyampaikan khotbahnya dalam acara penutupan PST 2022 yang dilaksanakan secara hybrid dari titik pusat di Hotel Aryaduta Jakarta Pusat yang dihadiri segenap fungsionaris Majelis Sinode dan dipancarkan via youtube GPIB Indonesia yang dimonitor seluruh GPIB di 26 provinsi.

Ketiga, hadirnya sosok fenomenal, Pastor Andi Simon dari Gereja Yesus Hidup Sejati di GPIB Bukit Benuas Kalimantan Timur dalam ibadah Minggu 27 Maret 2022. Pendeta ini cukup dikenal dengan kiprahnya sebagai seorang pendeta yang kerap melakukan pelayanan doa kesembuhan di jalan-jalan.

Pemilik akun #doakesembuhan #andisimon di youtube dengan 30.1K subscribers ini diperkenankan Pendeta bertugas kala itu untuk memperkenalkan diri dan cukup mendapat sambutan warga jemaat, diaken dan penatua setempat seraya memohon untuk didoakan.

Melalui akun tersebut banyak pihak yang menyatakan tertarik dengan penampilan pastor yang tampil apa adanya mendoakan orang-orang yang meminta untuk dilepaskan dari pergumulan yang dialami termasuk sakit penyakit yang diderita.

Baca juga  PGI Minta Semua Pihak Bijaksana Menyampaikan Pandangan Agama Di Ruang Publik

Fitriani Ambun, misalnya, melalui youtube menyatakan bangganya kehadiran Pastor Andi Simon di GPIB Bukit Benuas atas pelayanan doa kesembuhan yang dilakukan Pastor Andi Simon.

“Shalom pastor Andi Simon…. Selamat beribadah doakan buat anakku Kris, Benny juga Pepi dan buat saya sendiri jaga dan lindungilah seluruh saudara ku serta keponakan ku jauhkan lah dari sakit penyakit serta berilah kesehatan kekuatan jauhkanlah dari segala cobaan serta berilah kekuatan kemampuan dalam nama Tuhan Yesus amen,” harap  Fitriani Ambun.

Sementara dari Bella Ernawaty Simangunsong, memberikan apresiasi atas semua hal yang dilakukan Pastor Andi Simon seraya mendoakan pestor tersebut.

“Shalom bapa PS Andi Simon..Tuhan Yesus yang melindungi, menyertai & membela pelayanan Pastor terhadap orang2 yang menghalangi bahkan mau menutup pelayanan Bapa..Tuhan Yesus memberkati kita..amen,” kata Bella Ernawaty Simangunsong dalam doanya.  /fsp

Share :

Baca Juga

Interdenominasi

Umat Kristiani Di Yogyakarta Rayakan Pekan Doa Sedunia Di Gereja HKBP

Interdenominasi

Ev. Gunawan: Gereja Harus Terdepan Dalam Kepedulian Sosial

Interdenominasi

Gereja Wajib Melaksanakan dan Memperkuat Diakonia Ke Jemaatnya

Interdenominasi

Gereja harus Menavigasi dalam Merawat Alam

Interdenominasi

Diaken Ayub D. P. Junus Narasumber ACELC, Usulkan Pendirian Forum Diakonia Ekumenis Asia

Germasa

Sidang Sinode BNKP, Menkumham Yasonna:  Peluang untuk Terus Berbenah dan Berinovasi

Interdenominasi

ACELC Resmi Dibuka Diiringi Musik Keroncong

Interdenominasi

Rev.Corkin: Tools Good Governance Bisa Diterapkan dalam Pengelolaan Gereja