Home / Misioner

Kamis, 11 Mei 2023 - 23:42 WIB

Majelis Sinode Terima Hasil Akhir Materi Ajar Katekisasi dan Buku Panduan Mengajar Katekisasi

Pdt. Henry Sihasale dari Tim Finalisasi Materi Ajar Katekisasi menyerahkan hasil yang telah diselesaikan kepada Sekretaris Umum Majelis Sinode,Pdt. Elly D. Pitoy De Bell.

Pdt. Henry Sihasale dari Tim Finalisasi Materi Ajar Katekisasi menyerahkan hasil yang telah diselesaikan kepada Sekretaris Umum Majelis Sinode,Pdt. Elly D. Pitoy De Bell.

JAKARTA, Arcus GPIB – Departemen Teologi & Persidangan Gerejawi menyelenggarakan kegiatan Finalisasi Materi Katekisasi Reguler di ruang Departemen Teologi Kantor Majelis Sinode Senin, 7 Mei 2023 sampai dengan Rabu, 10 Mei 2023.

“Dalam Finalisasi tersebut, naskah-naskah materi Katekisasi yang telah dipersiapkan dan ditulis, dicek kembali dan dikoreksi agar selaras dengan Pemahaman Iman,” kata Pendeta Henry Sihasale dari Tim Finalisasi kepada Arcus GPIB, Kamis (11/05/2023).

Selain itu, juga dilakukan editing pada redaksi dan gaya bahasa supaya mudah dipahami oleh kelompok usia remaja dan pemuda yang umumnya merupakan golongan usia Katekumen Reguler di GPIB.

Pengadaan Revisi Materi Katekisasi ini sudah melalui beberapa tahapan seperti konsultasi dengan Pakar PAK dan Teologi Disabilitas, perumusan kurikulum inklusi, dan penulisan materi serta tanggapan dari para pembaca perdana.

Baca juga  Dari Ratji Rendakasiang untuk GPIB: Pendeta Itu Harus Sejahtera

Revisi Materi Katekisasi ini juga dirumuskan sedemikian rupa agar menjadi bahan ajar dan bahan mengajar yang merangkul katekumen penyandang disabilitas. Dengan kata lain, Materi Katekisasi GPIB yang dipersiapkan ini sudah mulai mengadaptasi kurikulum inklusi yang kedepannya terbuka untuk dikembangkan metodenya.

Dengan rampungnya kegiatan Finalisasi Materi Katekisasi ini, maka pada hari Kamis 11 Mei 2023, Departemen Teologi & Persidangan Gerejawi bertemu dengan Majelis Sinode untuk memaparkan hasil akhir dari Pengadaan Revisi Materi Katekisasi Reguler.

Baca juga  17 Pasang Pendeta Usai Mengikuti Bimbingan Pra Perkawinan

Setelah mendengar dan menanggapi presentasi dari Departemen Teologi dan Persidangan Gerejawi, Majelis Sinode menerima hasil akhir berupa Buku Materi Ajar Katekisasi dan Buku Panduan Mengajar Katekisasi. Buku Materi Ajar Katekisasi akan menjadi buku pegangan wajib bagi para Katekumen. Sedangkan untuk Pengajar, selain Buku Materi Ajar, juga diwajibkan memiliki dan menggunakan Buku Panduan Mengajar.

Rencananya pada awal Juni 2023 akan segera dimulai proses pengalihan dari Buku Materi Katekisasi 2010 ke Buku Materi Katekisasi 2023 untuk menjadi bahan pengajaran mulai dari Kelas Katekisasi Reguler tahun ini. /fsp/hns

Share :

Baca Juga

GPIB Siana

Sosialisasi Tata Gereja Di Mupel Bali-NTB, Pnt. Robby Wekes: Untuk Menjamin Keharmonisan 

Misioner

Undang-undang No. 4/2023 Bawa Hoki Buat Dapen GPIB

Misioner

Pdt. Manda Rompas: “Perjuangan Kita Sebuah Latihan Iman”

GPIB Siana

Untuk Kepemimpinan Misioner, “One Click GPIB” Kenapa Tidak?

Misioner

Dr. Theodosius dari Gereja Siria Di India: Kemiskinan Mengancam Perdamaian

Misioner

PGI: Lawan Politisasi SARA, Ujaran Kebencian, Hoax dan Politik Uang dalam Pemilu 2024

Misioner

MS GPIB Terima GMKI versi Ketua Umum: Ada Titik Terang Penyebar Poster Wanted

Misioner

Giat Layan Sukses Rolly Luma Di “Zebaoth Bermazmur”: “Ini Beda”