Home / Misioner

Senin, 4 Maret 2024 - 14:08 WIB

Di Minggu-minggu Prapaskah Mari Bersyukur, Bersukacita dan Bermazmur Bagi-Nya

Pendeta-pendeta GPIB bersukacita dalam sebuah Games yang diselenggarakan Tim Germasa GPIB 2023. /Foto Ilustrasi: Frans S. Pong.

Pendeta-pendeta GPIB bersukacita dalam sebuah Games yang diselenggarakan Tim Germasa GPIB 2023. /Foto Ilustrasi: Frans S. Pong.

JAKARTA, Arcus GPIB – Di minggu-minggu prapaskah ini, mari bersyukur, menceritakan perbuatan-Nya yang ajaib, bersukacita dan bermazmur bagi-Nya. Demikian renungan harian Pendeta Sealthiel Izaac Senin (04/03/2024) mengurai Firman Tuhan Mazmur 9:1-11.

Daud memuji Allah, karena Allah telah memberikan kemenangan kepadanya atas musuh-musuhnya (ay.4,7). Allah menyatakan keadilan-Nya diantara bangsa-bangsa yang hidup dalam kefasikan (ay.5-6,8-9).

Karena itu Daud “bersyukur” kepada Tuhan dengan segenap hati. Ia “menceritakan” perbuatan Tuhan yang ajaib (ay.2). Ia mau “bersukacita” dan “bermazmur” atas pertolongan Allah dalam hidupnya (ay.3).

Baca juga  Bajem Sion Tembudan Mandiri, Pdt. Olivia G. Salu Jabat Ketua Majelis Jemaat

Dalam penghayatan imannya akan pertolongan Allah, ia menyatakan “suatu pengakuan”: “Allah adalah tempat perlindungan” bagi orang-orang yang terinjak, dan  tempat perlindungan di waktu kesesakan (ay.10). Orang-orang yang mengenal Allah, percaya kepada-Nya, sebab Allah tidak meninggalkan orang yang mencari Dia (ay.11).

“Kita hidup ditengah realitas sosial dengan berbagai kejahatan, baik di dunia nyata maupun di dunia maya. Kenyataan-kenyataan jahat dan tidak adil itu, hadir sebagai musuh kehidupan.”

Baca juga  Catatan dari AEMAN - CCA di Kottayam, Kerela - India

Manusia hidup dalam kefasikan, berlaku tidak adil terhadap sesama. Tidak lagi ada rasa malu dan takut berbuat yang melanggar norma-norma hukum, moral dan etika.

“Ditengah kenyataan seperti itu, Allah hadir sebagai pelindung bagi anak-anak-Nya. Ialah perlindungan di saat kita berada dalam kesesakan. Asalkan kita percaya kepada-Nya, maka pertolongan-Nya nyata. Sebab Ia tidak membiarkan orang yang mencari Dia dan yang berlindung pada-Nya. Itulah yang dilakukan Yesus, menderita bagi kita.” /fsp

Share :

Baca Juga

Misioner

Dept. Inforkom Litbang, Temu Unit Misioner Perkuat Sinergitas

Misioner

Deras Harapan Agar Rumambi Institute Segera Didirikan, Gomar Gultom: “Saya Setuju”

Misioner

Pisah Sambut, Fungsionaris Majelis Sinode GPIB Periode 2021-2025 Mulai Bekerja

GPIB Siana

Pdt. Semuel Karinda Minta  Diaken Penatua Tulus, Pnt. Harli Sibarani: Totalitas

Misioner

Indeks Kerukunan Terukur, Pdt Manuel E. Raitung M.Si, MM: Dapat Dua Award Dari Kementerian Agama

Misioner

Retreat Katekisasi di Mupel Banten: Enam Jemaat Retreat Bersama

Misioner

Sejarah Baru, MS GPIB Akan Teguhkan 63 Vikaris Menjadi Pendeta

Misioner

Minggu Sengsara, Tetaplah Setia, Pahami Apa yang Tuhan Inginkan