Home / GPIB Siana

Rabu, 8 Mei 2024 - 18:38 WIB

Efata Tenggarong Serahkan Aset, Sekretaris II Ivan G. Lantu: “Contoh Baik”

Fungsionaris Majelis Sinode GPIB menerima aset sertipikat asli dari GPIB Efata Tenggarong.

Fungsionaris Majelis Sinode GPIB menerima aset sertipikat asli dari GPIB Efata Tenggarong.

JAKARTA, Arcus GPIB – Majelis Jemaat GPIB Efata Tenggarong, Kalimantan Timur menyerahkan aset GPIB yang berada di Jemaat Efata Tenggarong, Kaltim, berupa Sertipikat Asli Hak Milik untuk tanah seluas 1.960 M2.

Penyerahan dilakukan Majelis Jemaat GPIB Efata Tenggarong diwakili Jepry Yuwanto Daminto, Ketua Majelis Jemaat (KMJ) GPIB Efata Tenggarong dan Ketua 4 Penantua Oldie Tasik dan diterima oleh Majelis Sinode GPIB, Ketua IV Penatua Shierly van Houten, Sekretaris II Penatua Ivan G. Lantu dan Bendahara Penatua Edy Soei Ndoen, Selasa 07/05/2024.

Sekretaris II Majelis Sinode GPIB, Penatua Ivan G. Lantu mengatakan, apa yang dilakukan jemaat Efata Tenggarong berupa penyerahan aset kepada GPIB adalah contoh yang baik.

”Merupakan hal yang baik apa yang dilakukan Majelis Jemaat Efata Tenggarong ini sesuai dengan ketentuan Peraturan No. 6 Tata Gereja tentang Perbendaharaan. Contoh untuk dapat dilakukan jemaat-jemaat GPIB lainnya untuk menyerahkan asli aset GPIB untuk disimpan di kantor MS,” tandas Penatua Ivan.

Baca juga  GPIB Bukit Layang Tanjung Piayu Batam Renovasi Pastori

Pria berprofesi Notaris ini mengatakan, aset yang diserahkan adalah aset GPIB, bukan aset Majelis Sinode, karenanya asli sertipikat yang merupakan aset GPIB sesuai Tager harus disimpan di kantor Majelis Sinode.

”Memang masih ada beberapa jemaat yang belum menyerahkan sertipikat ke kantor MS dengan berbagai pertimbangan, tapi harapan kami jemaat-jemaat tetap dapat menyerahkan sertipikatnya ke kantor Majelis  Sinode sesuai ketentuan Tata Gereja” imbuh Penatua Ivan.

Wajib Serahkan Sertipikat Asli

Dalam suatu kesempatan, Bendahara GPIB Edy Soei Ndoen mengatakan, menyangkut harta tidak bergerak milik GPIB kaitannya dengan sertipikat, Edy berharap Majelis Jemaat melakukan pengurusan sertifikat tanah dan melakukan balik nama menjadi a/n  GPIB dengan menggunakan Surat Kuasa dari Majelis Sinode disertai  kelengkapan dokumen  kelembagaan GPIB.

Majelis Jemaat wajib menyerahkan sertipikat asli tanah dan semua dokumen terkait asset  GPIB kepada Majelis Sinode untuk disimpan di Majelis Sinode, selanjutnya Majelis Sinode menyerahkan fotokopi dari asli sertifikat tersebut (yang telah dilegalisir Notaris) untuk disimpan di Jemaat.

Baca juga  Permintaan Tinggi, GPIB Paulus Jakarta Memperpanjang Masa Vaksinasi Booster

Edy juga meminta Majelis Jemaat untuk melakukan pengamanan asset  GPIB yang masih tertulis a/n pribadi / Jemaat, dengan  membuat  dokumen  Pernyataan dari pribadi / jemaat yang memuat Pernyataan diatas meterai dari  pribadi / lembaga bahwa aset  tersebut adalah  milik GPIB. Dalam pernyataan tersebut dicantumkan data lengkap  tanah, letak dan luas. Atau dibuatkan Akta Hibah dihadapan Notaris.

Untuk keperluan pemutakhiran Daftar Inventaris, Majelis Jemaat wajib mengisi lengkap Formulir Pendataan, Inventarisasi Aset yang dikirim Majelis Sinode melalui Dept PEG, dan dilampirkan dokumen-dokumen Bukti hak atas tanah dan lampiran-lampirannya, baik yang dikelola ditingkat jemaat maupun di Pos-Pos Pelkes.

Ditambahkan, kewajiban Jemaat terkait Harta Tidak Bergerak Milik GPIB membuat dan memutakhirkan Daftar Inventaris Aset GPIB yang ada dibawah pengelolaan jemaat setiap akhir tahun. Majelis Jemaat wajib menguasai secara fisik bangunan dan tanah  GPIB yang merupakan asset GPIB. /fsp

Share :

Baca Juga

GPIB Siana

Dari Lokakarya Sabda-sabda GPIB Di Medan: Menghindari Plagiarisme

GPIB Siana

Yuk, Ikutan Senam Sehat PKP, Ada Talk Show, Games dan Full Doorprize

GPIB Siana

Pdt. B. L. Padatu Tolak Ide Penggabungan Jemaat, Pnt. Steven Tunas: Harus Selektif

GPIB Siana

GPIB Tahbiskan 63 Pendeta, Pdt. P.K. Rumambi: “Ini Sejarah”

GPIB Siana

Percepatan RUU Kekerasan Seksual, GPIB: Aktif Ikut Anti Kekerasan Terhadap Perempuan

GPIB Siana

INGAT, Pujian Mengalahkan Si Jahat, Pujilah Tuhan Dengan Sungguh

GPIB Siana

TOKOH Gereja: Setahun Ditinggal Pdt. Rufi Waney, Sosok Khas Khotbah Serial

GPIB Siana

Orang Tua Simak Ini, Melukai Hati Anak dan Sesama, Dampaknya Kepahitan