Home / Germasa

Selasa, 25 April 2023 - 13:47 WIB

Idul Fitri 2023, Pendeta, Frater, dan Suster Gereja Menyalami Umat Muslim

Romo, Suster dan Frater Gereja Katolik Paroki Hati Kudus Kayutangan Kota Malang memberi selamat Idul Fitri.

Romo, Suster dan Frater Gereja Katolik Paroki Hati Kudus Kayutangan Kota Malang memberi selamat Idul Fitri.

JAKARTA, Arcus GPIB – Perayaan Idul Fitri tahun 2023 ini mencatat banyak kisah manis beragama. Toleransi terasa menguat ditengah derasnya tekanan intoleransi yang dibuat oleh Orang-orang tertentu seperti pelarangan beribadah.

Idul Fitri telah menjadi media kekerabatan menepis keresahan diantara umat Tuhan di bumi yang dikenal ramah ini. Seperti yang terlihat Sabtu 22 April 2023 pagi, Bhante Thitasaddho bersama umat Buddha lainnya, mendatangi masjid mengucapkan selamat Hari Raya Idulfitri kepada umat muslim Dusun Krajan, Temanggung yang memadati Masjid Almuhajirin menunaikan Sholat Idulfitri.

Umat Buddha mendatangi masjid memberi salam kepada umat Muslim usai Sholat Idulfitri

Kemesraan merajut tali kasih sesama umat Tuhan nyata dirasakan umat Allah di Dusun tersebut.

Sebagaimana dilansir situs Kemenag RI, mayoritas penduduk Dusun Krajan, Temanggung beragama Buddha 97% dan umat Muslim hanya sekitar 2,5%. Seleihnya beragama Kristen dan Katolik.

Muslim di Dusun Krajan beridulfitri pada 22 April 2023, mengikuti hasil Sidang Isbat Kementerian Agama. Salat Idulfitri di dusun ini dipusatkan di Masjid Almuhajirin. Lokasi Masjid ini berjarak sekitar 500 meter dari Wisma Bhikku Jaya Wijaya.

Dari Kiri KMJ GPIB Zebaoth Bogor Pdt. Margie Ririhena De Wanna, Walikota Bogor Bima Arya dan Uskup Mgr. Paskalis berhari-raya di kediaman Walikota Bogor.

Di Bogor, ada yang luar biasa dilakukan petinggi gerejawi. Uskup Bogor  Mgr. Paskalis Bruno Syukur dan Ketua Majelis Jemaat GPIB Zebaoth Bogor Pendeta Margie Ririhena De Wanna D.Th mengunjungi kediaman Wali Kota Bogor,  Bima Arya untuk melakukan silaturahmi dan menyampaikan ucapan selamat  Idul Fitri dalam kegiatan Open House di kediaman  Bima Arya, Sabtu 22 April 2023.

Baca juga  Gereja dan Perdamaian, Pdt. Manuel Raitung: Perlu Peace Building, Pdt. Elly Pitoy: Dialog Antar Iman

Tampak jalinan kemesraan diantara petinggi gereja dan orang nomor satu di Kota Bogor itu. Bima Arya mengatakan setiap tahun orang pertama yang datang ke kediamannya untuk bersilaturahmi usai Salat  Idul Fitri adalah Keuskupan Bogor.

Sholat Ied di halaman gereja, menguatkan tali toleransi.

 

Di Malang Jawa Timur mengutip Times Indonesia, kerukunan beragama  juga sangat terasa. Suasana toleransi yang indah terjadi saat perayaan Idul Fitri 22 April 2023. Ribuan jamaah memadati Masjid Jamik Kota Malang hingga meluber ke halaman Gereja Agung Kayutangan yang terletak di dekatnya.

Baca juga  Walikota Bogor Terima Kunjungan Tokoh Lintas Agama Saat Idul Fitri

Menariknya, para pendeta, frater, dan suster gereja juga turut serta dalam suasana kebersamaan tersebut. Usai jamaah muslim sholat, mereka menyambut dengan senyum sambil menyalami jamaah.

Inilah simbol toleransi yang indah di Kota Pendidikan ini. Pantauan TIMES Indonesia, umat Islam dari penjuru Malang Raya mulai berdatangan ke Masjid Jamik Kota Malang untuk melaksanakan shalat Idul Fitri. Namun, karena jumlah jamaah yang sangat banyak, sebagian dari mereka harus melaksanakan shalat di luar masjid, termasuk di halaman Gereja Agung Kayutangan, sekitar 500 meter dari masjid.

Jamaah sholat Ied mengelilingi GPIB Koinonia Jakarta.

Di Jakarta, suasana kemegahan Idul Fitri terasa menggetarkan saat menyaksikan Jemaah tumpah ruah mengelilingi gedung gereja GPIB Koinonia Jakarta Timur melaksanakan peribadahan.

Seperti diberitakan arcusgpib.com ribuan warga mengikuti sholat Idul fitri 1444 Hijriah di depan GPIB Koinonia, Sabtu 22 April 2023. Sejak pukul 05.30 WIB ribuan warga berbondong-bondong memenuhi jalanan dan halaman Gereja warisan Belanda ini.

Jemaah merupakan warga sekitar yang bermukim di kawasan Jatinegara dan Matraman. Warga datang membawa alas koran dan tikar sebagai ganti alas sajadah. Pesona kerukunan beragama sangat dirasakan. Gereja menyatu dengan warga muslim yang datang untuk sholat Ied di halaman sekitar gereja dengan Ketua Majelis Jemaat (KMJ) Pendeta Henry Bernardus Jacob.

Foto dan berita dari berbagai sumber/fsp

 

Share :

Baca Juga

Germasa

Rakerdal Germasa Sajikan Sesi-sesi Aktual: Dari Soal Keesaan Hingga Gereja Menghadapi Pemilu

Germasa

Kabar Indah Dari Cilegon, Sepakat Tidak Menggunakan Rumah Ibadah untuk Berpolitik

Germasa

Ditunggu Partisipasi Gereja Berpolitik: Politik Gereja adalah Politik “Damai Sejahtera”

Germasa

Tarian Tradisional Meriahkan Konven 2023

Germasa

Staf Khusus BPIP Minta Umat Kristen Tidak Terjebak Polarisasi Politik

Germasa

TEGAS. GPIB Tegas Menolak Kekerasan Terhadap Perempuan

Germasa

Universitas Indonesia Bakal Bangun Lima Rumah Ibadah Multiagama Di Asrama Mahasiswa

Germasa

1.300 Peserta Hadiri Konas VII FKUB, Gubernur Ansar Ahmad: Kepri Miniatur Keberagaman & Toleransi