Home / Misioner

Selasa, 9 November 2021 - 15:19 WIB

Pdt. John D. Sihite Peduli UMKM: Ekonomi Harus Beriring Dengan Kehidupan Sosial

JAKARTA, Arcus – Tidak hanya sibuk diranah pelayanan gerejawi, ia juga respek terhadap pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Ketika didaulat menjadi narasumber dalam webinar UMKM baru-baru ini, Pdt. John D. Sihite, MA memaparkannya secara tegas dan detil.

Menurutnya, pembangunan ekonomi kaitannya dengan UMKM harus memperhatikan pembangunan sosial, bagaimana meningkatkan taraf hidup masyarakat sebagai suatu keutuhan secara holistik dan komprehensif, dimana pembangunan itu dilakukan untuk saling melengkapi dalam proses pembangunan ekonomi.

“Pembangunan ekonomi tidaklah bermakana kecuali dikuiti dengan peningkatan kesejateraan sosial dari populasi satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Masyarakat harus dilibatkan dalam pembangunan sosial,” ungkap Ketua Badan Penasehat Majelis Sinode (BPMS) GPIB ini.

Baca juga  Majelis Sinode Terima Hasil Akhir Materi Ajar Katekisasi dan Buku Panduan Mengajar Katekisasi

Karena itu, kata Sihite, saatnya memberikan dukungan untuk kemajuan UMKM baik dengan memanfaatkan media online termasuk memberikan dukungan keterampilan fasilitatif, memberikan gairah semangat untuk berkembang, termasuk mediasi dan kemampuan negosiasi.

Bagaimana mengorganisasi UMKM, kata Sihite, juga perlu difasilitasi supaya tercapai tujuan-tujuan yang diharapkan.

“Harus ada educational terhadap mereka (pengusaha UMKM), memberikan training dan bagaimana mengembangkan modal, dan juga human capital yang dimiliki,” tutur pendeta yang pernah menjabat Ketua II Fungsionaris Majelis Sinode ini.

Baca juga  Ya Ampun, Sesama Perempuan Menikah Di Cianjur, KUA Tak Terlibat

Ia juga berharap pemerintah mau membuka pasar dari berbagai produk-produk yang dihasilkan UMKM.  Dan juga memberikan kemampuan mengelola keuangan, cara mengadminitrasi financial capital , economic capital, human capital sampai berkembang. “Saya optimis pemerintah mau melakukan itu,” tandasnya.

Memperkuat perekonomian tidak terlepas dari pembangunan sosial bagaimana memberdayakan masyarakat dalam pembangunan itu sendiri. Pemberdayaan disini membantu rakyat menentukan tindakan yang akan ia lakukan. Untuk itu, perlunya tranfer daya dari lingkungan itu sendiri. /fsp

Share :

Baca Juga

Misioner

Tuhan Ada Di Metaverse, Prof. Richardus Eko Indrajit: Metaverse Memperkaya Bukan untuk…

Misioner

Pesan Paskah GPIB: Masa Transisi Kepemimpinan, Harus Membawa Damai

Germasa

Apa Kepala SPN Lido Tahu? Ada Gereja Kok Ibadah Di Rumah-Rumah

Misioner

Mupel Jaktim Terus Lakukan Kesiapan, PST 2022 Dipastikan 7-9 Maret 2022

Misioner

Mengapa Injil Harus Diberitakan? Allah Mau Agar Semua Selamat

Misioner

102th Gedung Gereja Zebaoth, Khotbah Tematik Bagus, Lenny Syafei: Empat Tokoh Akan Bicara

Misioner

SATGAS Covid-19 Sinodal “Nyebur” Di Raker Mupel Kaltara Berkat  

Misioner

Ajaran Sesat, Kita Harus Waspada dan Membangun Kehidupan Iman yang Kuat