Home / Misioner

Rabu, 24 Mei 2023 - 20:01 WIB

Saat Karyawan dan Majelis Sinode GPIB Menyatu dan Menyapa Alam Diketinggian

Bergelut menahan dingin: Fungsionaris Majelis Sinode dan Karyawan.

Bergelut menahan dingin: Fungsionaris Majelis Sinode dan Karyawan.

JAKARTA, Arcus GPIB – Sapaan subuh kaki gunung Bromo memberikan nilai edukasi tersendiri bagi peserta Pembinaan dan Gathering Karyawan Kantor Majelis Sinode GPIB. Dinginnya alam sekitar yang mencapai 8 derajat hingga 11 derajat bukan halangan untuk terus dan terus mendaki menuju ketinggian.

Alhasil atas arahan TJ Tour and Travel pimpinan Wendy Frenica dkk yang berkerja profesional, Karyawan Kantor Majelis Sinode GPIB bisa menembus kegelapan nan dingin di ketinggian Bromo. Semua peserta menggunakan jaket tebal dan sarung tangan tetap saja dingin menghantam tubuh yang terasa hingga ke sendi dan tulang. Bibir pun serasa bergetar.

Karyawan Majelis Sinode: Memaknai pesona karya Tuhan.

Tekad yang kuat dan semangat cinta alam dari peserta Pembinaan dan Gathering menjadi modal utama untuk bisa melihat terbitnya matahari dari balik bukit-bukit pegunungan  di Bromo. Perlahan tapi pasti sinar memerah di balik bukit menandakan sang Matahari bergerak naik. Pelan dan pelan hingga benar-benar menampakkan keindahan terbitnya matahari dibalik bukit dan cantik mengukit keindahan karya Ilahi, Tuhan, Sang Bapa di Surga.

Tak membiarkan momen tersebut berlalu, kamera handphone pun melahap semua sisi indahnya pemandangan subuh nan dingin. Dari foto selfie hingga meminta rekan lainnya untuk mengabadikan dilakukan tim Karyawan Majelis Sinode.

Peserta Pembinaan dan Gathering.

Fungsionaris Majelis Sinode yang turut serta dalam perhelatan tersebut larut dalam pesona syukur yang dalam mengagungkan karya Tuhan. Dari Fungsionaris Majelis Sinode yang ambil bagian dalam pembinaan di Malang ini Ketua I Pendeta Merthen Leiwakabessy, Ketua II Pendeta Manuel E. Raintung, Ketua III Pendeta Maureen S. Rumeser-Thomas, Ketua IV Penatua Shirley van Houten-Sumangkut, Sekretaris I Pendeta Roberto J.M Wagey, Sekretaris II Penatua Ivan G. Lantu, Bendahara Penatua Eddy Soei Ndoen dan Bendahara I Penatua Victor Pangkerego.

Baca juga  35 Tahun Pelayanan: Semakin Diberkati Karena Melayani

Keagungan Tuhan luar biasa dirasakan tim Pembinaan dan Gathering saat di Bromo. Berbagai pesan-pesan edukasi melalui games yang dilakukan TJ Tour and Travel memberikan banyak masukan berarti bagi peserta, terutama kerja sama kelompok maupun perorangan.

TJ Tour and Travel cukup mengerti akan apa yang dilakukannya. Tidak hanya sekadar memberi rasa dari sisi entertainment tapi juga mampu membangun nilai edukasi yang sangat menarik melalui permainan yang memotivasi.

Mencapai ketinggian di Bromo dengan roda empat.

Sesi bina terhadap Karyawan Kantor Majelis Sinode 19 – 22 Mei 2023 memberikan banyak masukan berarti kepada karyawan yang keseharian sibuk dengan urusan administrasi.

Peran serta karyawan Kantor Sinode dalam ritme pelayanan GPIB dapat dipastikan sangat membantu jalannya roda pelayanan di GPIB yang ada di 26 provinsi. Karenanya dianggap perlu untuk terus memberikan motivasi agar tetap prima dalam menjalankan tugas masing-masing di Kantor Majelis Sinode di Jalan Medan Merdeka Timur 10 Jakarta Pusat ini.

Sesi bina yang dilakukan di Malang Jawa Timur dihadiri sejumlah Karyawan Kantor Majelis Sinode ditambah tiga orang personel dari Griya Bina Lawang, Jawa Timur. Pembinaan dan Garthering Karyawan Kantor Majelis Sinode kali ini berbeda dengan sebelumnya.

Mendengarkan arahan dari TJ Tour and Travel usai pendakian

Sesi bina kali ini tidak dalam bentuk Class Room tetapi menjadikan alam sebagai tempat pembinaan sekaligus gathering. Harapannnya dari pembinaan di beberapa destinasi edukasi yang berkaitan langsung dengan alam Karyawan Sinode semakin memiliki kepekaan cinta dan peduli terhadap lingkungan sekitar.

Saat mengunjungi Jatim Park 3, Karyawan Kantor Majelis Sinode dan Fungsionaris Majelis Sinode secara bersama-sama memberi makan hewan peliharaan Rusa-rusa. Aksi ini membangkitkan nilai kepedulian terhadap hewan.

Baca juga  PGI Mengecam Penyiksaan dan Pembunuhan Nakes di Kiwirok, Papua

Ditempat itu pula Karyawan Kantor Majelis Sinode bisa melaihat langsung foto-foto dan diorama aktivitas politik Presiden RI dari zaman Soekarno hingga Presiden. Disini pembelajaran semangat  nasionalisme sangat dirasakan 42 orang Karyawan Kantor Majelis Sinode dan Fungsionaris Majelis Sinode.

Ketua I Majelis Sinode Pendeta Marthen Leiwakabessy dalam kesempatan Pembinaan dan Gathering tersebut banyak memberikan teladan-teladan kepada Karyawan Majelis Sinode. Dari soal disiplin akan waktu, peduli akan sesama dalam tim, dan peduli akan orang-orang yang tersingkirkan oleh keadaan seperti lansia di panti-panti asuhan.

Dalam khotbahnya mengurai Mazmur 19: 2 – 4 di GPIB Margo Mulyo Batu Malang, Ketua II Pendeta Manuel E. Raintung berharap untuk akrab dengan lingkungan melalui kegiatan-kegiatan yang mendukung keberlangsungan alam raya dari hal-hal kecil, misalnya, ikut serta dalam menanggulangi sampah dan kenaikan suhu bumi secara global.

Untuk itu perlu berekonsiliasi demi kesatuan hidup. Rekonsiliasi dapat diwujudnyatakan pula dengan mau berdamai tidak dengan hanya sesama tapi lebih utama dengan alam ciptaan-Nya.

“Gereja bukan hanya sahabat alam, tapi gereja adalah saudaranya alam. Kalau sahabat diluar Yesus mungkin masih ada celah, tapi kalau saudara kita satu darah,” tandas Manuel.

Dalam kesempatan “Malam Akrab” Pendeta Maureen S. Rumeser – Thomas meminta Karyawan Majelis Sinode untuk selalu menjaga keakraban satu dengan lainnnya dan tidak dalam kelompok-kelompok.

“Saya berterimakasih untuk kebersamaan yang sudah terbina selama ini dan dalam Pembinaan dan Gathering ini sangat dirasakan,” kata Pendeta Maureen S. Rumeser yang akrab disapa Susy ini.

Ketua IV Penatua Shirley Van Houten-Sumangkut di sesi bina tersebut mewakili Majelis Sinode menyerahkan bantuan dana dan sembako untuk RAAL Lawang, rumah lansia dan anak milik GPIB di Lawang Jawa Timur. Sebuah teladan yang sederhana tapi memberi dampak yang baik bagi lansia dan anak-anak asuh yang memang membutuhkan perhatian. /fsp

Share :

Baca Juga

Misioner

Minta Hikmat: Pdt. Ny. Deina Tacoy: Setiap Orang Punya Tugas Di Rumah Allah

Misioner

JAJAK PENDAPAT: Adu Kuat, Lelaki atau Perempuan untuk Posisi Puncak, Ini Hasilnya

Misioner

Aktiflah Sampaikan Berita Cinta Kasih, Pdt. Tiwow Apresiasi Keroncong Tugu Anak

Misioner

Keren, RS PGI Cikini Ganti Nama Menjadi Primaya Hospital PGI Cikini

Misioner

Teruslah Bersyukur, Bersyukur Membuatmu Makin Sehat

GPIB Siana

Majalah Arcus Dalam Sesi Pembekalan 66 Calon Vikaris: Jadi Cepat Kenal GPIB

Misioner

Karen Puimera Terpilih Sebagai Central Committee WCC Unsur Pemuda Non Pendeta

Misioner

Yesus Menghargai, Pdt. Ferry Raintung: “Mari Melaksanakan Program-progam Kita”