Home / Pelkes

Minggu, 6 Agustus 2023 - 08:32 WIB

Walikota Kotamubagu Temui Tim Baksos GPIB: Puji Tuhan Kotamobagu 10 Kota Tertoleransi

Wawancara Walikota Kotamobagu Ir. Hj. Tatong Bara oleh Wartawan Arcus GPIB Frans S. Pong.

Wawancara Walikota Kotamobagu Ir. Hj. Tatong Bara oleh Wartawan Arcus GPIB Frans S. Pong.

BOLAANG MONGONDOW, Arcus GPIB – Perhelatan baksos Departemen Pelkes GPIB di Bolaang Mongondow punya kisah surprise. Kejutan itu tim Baksos mendapat kunjungan dari Walikota Kotamobagu Bolaang Mongondow Ir.  Hj. Tatong Bara di resto “Tampa Bakudapa” Sabtu malam (05/08/2023).

Walikota Kotamobagu Ir. Hj. Tatong Bara dan Tim Baksos GPIB di resto “Tampa Bakudapa”

Tak menyia-nyiakan kesempatan kunjungan tersebut, personel Tim Baksos pun berbincang-bincang santai dengan orang Nomor Satu di Kotamobagu tersebut. Ketua Panitia Baksos Pendeta Jan Jona Lumanauw dan Bendahara Diaken Vicora Tulende tampak berbicara banyak dengan Hj. Tatong Bara.

Dalam kesempatan itu, Hj. Tatong Bara cukup banyak bercerita tentang daerahnya dan berterimakasih atas kepedulian Tim Baksos GPIB bertandang dan melakukan kegiatan bakti sosial di beberapa tempat di Bolaang Mongondow pada umumnya.

Melihat kesempatan bertemu dengan walikota Kotamobagu Ir. Hj. Tatong Bara, Wartawan ArcusGPIB.com Frans S. Pong tidak membiarkan situasi berlalu sia-sia. Wawancara pun dilakukan dengan beberapa pertanyaan:

Baca juga  Tebar Kebaikan, Tim Safari Pelkes 2023 Tanam Sawit, Bakau dan Pengobatan

Frans S. Pong:  Maaf ibu Walikota, wawancara sebentar. Bolaang  Mongondow pada umumnya dan Kotamubago khususnya cukup bagus toleransi beragamanya. Bagaimana ibu menata Kotamobagu ini?

Tatong Bara: Puji Tuhan, Alhamdulilah. Kotamobagu masuk 10 Kota tertoleransi di Indonesia. Kalau kami disini sering saya sampaikan kalau kita paham agama sendiri mesti kita paham agama orang lain. Perbadaan itu tidak harus intoleran. Semua kita ciptaan Tuhan, torang samua basudara. Jadi tetap dijaga peribadatan.

Frans S. Pong: Konkritnya perhatian itu seperti apa itu?

Tatong Bara: Saya sebagai pemimpin memfasilitasi yang sama kepada semua umat dengan fasilitas yang sama. Fasilitas-fasilitas keagamaan kita perbaiki, menghimbau menjaga kerukunan umat beragama. Pembangunan apapun kalau tidak ada ada kekompakan, tidak ada persaudaraan tidak akan bisa. Begitupun kami pemimpin kalau masyarakatnya terkotak-kotak tidak juga tidak mungkin.

Frans S. Pong: Kalau pertumbuhan perekonomian disini bagaimana?

Tatong Bara: Alhamdulilah, Puji Tuhan. Kalau pertumbuhan perekonomian di Kotamobagu ini diatas pertumbuhan ekonomi provinsi dari tahun ke tahun. Jadi disini ibukota Bolaang Mongondow Raya, infrastruktur disini, Perdagangan dan Jasa lebih maju dari saudara-saudaranya yang lain. Rumah sakit dan kesehatan terpusat disini. Kemudian perdagangannya seluruh komoditi semua ada disini. Kemudian disekitar ini kaya raya, banyak emas.

Frans S. Pong: Bagaimana menjaga agar tetap terjadi pertumbuhan ekonomi di Kotamobagu?

Baca juga  Komjen Golose Bicara Bahaya Narkotika, Pdt. Abraham Persang: Gereja Harus Hadir

Tatong Bara: Kita perbaiki infrastruktur kota, bidang jasa-jasa pendidikan dan rumah sakit kita bikin bagus. Kita tumbuhkan restoran, hotel maka semua di sekitar ini menikmati kota dan ekonominya bergerak bagus. Investasi yang kita tergetkan untuk periode ini 2018-2023 itu Rp7 triliun, kebanyakan masih dalam negeri.

Frans S. Pong: Dari Tahun ke tahun pertumbuhannya bagaimana?

Tatong Bara: Tutup buku tahun 2022 karena ada rasionalsisasi Covid-19 kita target turunkan Rp5 triliun. Tapi Puji Tuhan, Alhamdulilah bisa menyentuh Rp5,6 triliun di 2022. Mudah-mudahan ini bisa dikejar hingga bisa dapat Rp7triliun. Dengan demikian ekonomi bergerak otomatis. ***

Share :

Baca Juga

Pelkes

Tebar Kebaikan, Tim Safari Pelkes 2023 Tanam Sawit, Bakau dan Pengobatan

Misioner

Baksos dan Pelembagaan GPIB, Apa Kata Kepala Desa Sumber Arum?

Pelkes

Di Dunia Ini Hanya Sementara, Berjuanglah untuk Mencari dan Mendapatkan….

Pelkes

Tim Baksos Dept. Pelkes Mendarat, Tempuh Jalur Menuju Bolaang Mongondow

Pelkes

Tim Baksos GPIB Dapat Sambutan Luar Biasa dari Jemaat Kalvari Bolaang Mongondow

Pelkes

Baksos GPIB Di Desa Tungoi: Dari Khitanan Hingga Bedah Minor, Hampir Capai 3000 Pasien

Pelkes

Duet Dokter Perempuan Di Baksos Pengobatan Di Safari Pelkes Lampung Utara, Siapa?

Pelkes

Baksos Di Pospel Anamarta Jakbar, dr. Griselda Aer:  “Menopang Pelkes GPIB”