Home / Misioner / Pelkes

Rabu, 8 November 2023 - 11:30 WIB

Roadmap PMKI, Pdt. Roberto Wagey: Fokus Pada Pekerja, Perempuan, Anak dan …

Kanan, Pdt. Roberto J.M Wagey, M.Th menyalami dr. John Paulus peserta Sosialisasi PMKI.

Kanan, Pdt. Roberto J.M Wagey, M.Th menyalami dr. John Paulus peserta Sosialisasi PMKI.

JAKARTA, Arcus GPIB – Pelayanan Masyarakat Kota Industri (PMKI) bukan merupakan sesuatu yang baru di Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB), tetapi puji Tuhan GPIB terus mencari dan memformulasikannya sehingga dapat memudahkan jemaat untuk mendeteksi dan memahami apa sesungguhnya yang dimaksud dengan Pelayanan Masyarakat Kota dan Industri.

Demikian disampaikan sekretaris I MS GPIB pada Sosialisasi Roadmap PMKI GPIB se- MUPEL Jakarta dan Bekasi yang diselenggarakan di GPIB Petra Jakarta Utara Sabtu (04/11/2023).

Peserta Sosialisasi Roadmap PMKI GPIB Jakarta dan Bekasi di GPIB Petra Jakarta.

“Saat ini PMKI merupakan bagian dari Departemen Pelayanan dan Kesaksian (Pelkes) dan issue yang berkembang kurang memboomingnya karena memang masih ada pemahaman yang berbeda dan bersyukur GPIB tidak pernah berhenti sehingga pada saat ini boleh melakukan pertemuan dan mengadakan Sosialisasi Roadmap PMKI GPIB SE- MUPEL Jakarta dan Bekasi,” tutur Pendeta Roberto.

Moderator Penatua Yohanes Kasto dari GPIB Jemaat Effatha Jakarta Selatan dan narasumber Imanuel Manege.

Ada tiga issue atau tiga fokus utama dalam Pelayanan Masyarakat Kota dan Industri yakni Pekerja, Perempuan dan Anak serta Lingkungan Hidup . Tiga masalah ini didalami betul-betul dan sedang dikaji oleh GPIB bagaimana bisa bersaksi dan mengambil bagian didalamnya.

Baca juga  Manuver Pdt. Salmon Bawole Persiapkan Generasi Emas 2045

“Kegiatan dan program yang ada di PMKI tidak akan overlapping dengan unit misioner lainnya melainkan saling mendukung, saling bersinergi, itu sebabnya dibutuhkan satu panduan yang menggambarkan apa yang mau dikerjakan dituangkan yang pada akhirnya bisa lintas bidang,” imbuh Pendeta Roberto.

Narasumber dalam sosialisasi ini adalah Imanuel Manege memaparkan Roadmap PMKI dengan moderator Penatua Yohanes Kasto dari GPIB Jemaat Effatha Jakarta Selatan yang menjelaskan dengan lengkap mulai dari latar belakang histori, Akibat Urbanisasi, Dampak Pembangunan, Kolaborasi PGI-GPIB, Program Hasil kongres III PW-GPIB, KUPPG IV 2021-2026 dan struktur.

Suasana keceriaan peserta dan narasumber usai sosialisasi Roadmap PMKI.

Sebelumnya Pendeta Robert Marthin menyampaikan Firman Tuhan dari Mazmur 108 : 1- 6.

“Hari ini kita berbicara soal PMKI “aku mau bermazmur bangunlah hai jiwaku, tinggikanlah diri-MUmengatasi langit ya Allah dan biarlah kemulian-MU mengatasi seluruh bumi,” kata Pendeta Robert Maarthin, Pendeta Jemaat Petra Jakarta Utara.

Orang China mengatakan diatas langit ada langit. Alkitab berkata langit adalah awan-awan tempat Allah bertahta dan Pengkhotbah katakan dibawah matahari sia-sia. Sebab kasih-Mu besar mengatasi langit dan setia-MU sampai ke awan-awan dan kiranya rencana ini tidak berhenti sampai disini tapi diteruskan dan ceritakan lagi.

KMJ GPIB Petra Jakarta Utara, Pdt. Ferry Raintung bersama peserta Sosialisasi Roapmap PMKI.

PMKI

Baca juga  Pdt. Johny A. Lontoh Bangga Terhadap Sistem Perekrutan Calon Pendeta GPIB

PMKI-GPIB adalah unit missioner Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat yang berperan menunjang pelaksanaan penataan dan pengembangan persekutuan, pelayanan, kesaksian dan pembinaan dalam hal pelayanan kepada masyarakat kota dan industri .

Sasaran PMKI yang pertama pemenuhan kebutuhan bagi para pekerja dan keluarga, yang kedua pemenuhan hak perempuan dan anak serta yang ketiga pelestarian lingkungan hidup. Sedangkan Ruang Lingkup PMKI yakni masyarakat kota dan industri dan lingkungan hidup kota dan industri.

Yang mendasar pada saat ini ada dua hal yaitu Pekerja dan Perlindungan Perempuan – Anak dan Pilot Project PMKI saat ini berada di GPIB Jemaat “Sinar Kasih” Dadap Tangerang disitu ada 200 gudang dan pabrik, ada banyak pekerja yang warga jemaat, suami istri bekerja dan memiliki anak.

Pembacaan Firman Tuhan Yehezkiel 37 : 26 dan doa oleh Pendeta Sterra H.M. Gerrits, M.Th.

Di sesi tanya jawab beberapa penanya tidak langsung menerima apa yang dipresentasikan melainkan ada sikap keraguan diantaranya Pendeta Domidoyo Ratupenu dari GPIB Jemaat “Pondok Ungu” Bekasi,  Benny dari GPIB Jemaat “Pasar Minggu” Jaksel dan Dicky dari GPIB Jemaat “Yahya” Jakbar.

“Kita akan terus memperbaiki dan menyempurnakannya dan kita harus bersama-sama bertanggung jawab dan berpedoman pada amanat KUPPG IV 2021 – 2026 dan Sinode dalam hal ini Departemen PELKES – PMKI bersedia mendampingi,” kata Imanuel Manege.

Kegiatan Sosialisasi Roadmap PMKI GPIB Se – MUPEL Jakarta – Bekasi dihadiri sebanyak 45 orang ditutup dengan pembacaan Firman Tuhan Yehezkiel 37 : 26 dan doa oleh Pendeta Sterra H.M. Gerrits, M.Th Ketua Departemen Pelayanan dan Kesaksian. /Jp

Share :

Baca Juga

Misioner

PESAN PASKAH PGI 2022: Banyak Memilih Terpisah dari Allah Asal Tetap dengan Kenyamanan Dunia

Pelkes

Tarian Adat Sumba, Sambut Kedatangan Tim Visitasi Pelkes Di Long Mesanget

Misioner

Doktrin Trinitas untuk Kemuliaan Allah, Bukan Mencari-cari Kesalahan

Misioner

Buku “SUAMIKU SEORANG PELAYAN” Apresiasi Pelayanan Istri-istri Pendeta  

Diakonia

Hari Bumi: Bencana, Karena Manusia Tak Pernah Terpuaskan Sedang Mengubah Planet dan Kehidupan

Misioner

Dukungan Melanie Subono untuk Satgas Covid-19 GPIB

Misioner

HUT 25 Tahun “Gita Bakti”, MS GPIB Gelar Lomba Vocal Group dan Solo Anak

Misioner

JAJAK PENDAPAT: Adu Kuat, Lelaki atau Perempuan untuk Posisi Puncak, Ini Hasilnya