Home / Misioner

Minggu, 12 November 2023 - 16:31 WIB

Tujuan Besar PMKI GPIB Akan Makin Terasa, Menghadirkan Damai Sejahtera

Narabina dan peserta dalam Sosialisasi Roadmap PMKI GPIN di GPIB Ora et Labora Serpong, Sabtu 11/11/2023.

Narabina dan peserta dalam Sosialisasi Roadmap PMKI GPIN di GPIB Ora et Labora Serpong, Sabtu 11/11/2023.

SERPONG, Arcus GPIB – Sub Bidang Pelayanan Masyarakat Kota dan Industri (PMKI) GPIB kembali  mengadakan Sosialisasi Roadmap PMKI untuk BP Mupel GPIB di wilayah Banten, Jawa Barat I dan Jawa Barat II dengan narasumber Immanuel Manege.

Sosialisasi sebagaimana  PKA tahun anggaran 2023 – 2024 Departemen Pelayanan dan Kesaksian GPIB Sub Bidang I PMKI  dilakukan secara daring/online dan luring/offline. Untuk Mupel dan Jemaat di Banten, Jabar I dan Jabar II  dilaksanakan secara Hybrid.

Peserta menanyakan berbagai hal soal PMKI kaitannya dengan apa-apa yang mesti dilakukan di jemaat.

Sosialiasasi yang digelar pada 11 November 2023 di GPIB Ora et Labora Banten ini banyak memperkenalkan apa itu PMKI dan apa yang harus dilakukan di tingkat sinodal dan bagaimana penerapannya di tingkat jemaat serta bagaimana implementasinya ke masyarakat.

Pertanyaan demi pertanyaan pun muncul dalam sesi tanya jawab dalam acara yang dipandu moderator Pnt. Decianto E. Makagiansar Ketua I PHMJ GPIB Ora et Labora Serpong  yang dihadiri sejumlah utusan jemaat BP Mupel GPIB di wilayah Banten, Jawa Barat I dan Jawa Barat II.

Narabina Immanuel Manege, kanan, menjawab berbagai pertanyaan peserta soal PMKI.

Narabina Immanuel Manege mengatakan, hadirnya PMKI GPIB dalam rangka kepedulian gereja bagi Masyarakat yang berkaitan dengan pekerjaan, Perempuan dan serta lingkungan hidup.

Baca juga  Sejarah Baru, MS GPIB Akan Teguhkan 63 Vikaris Menjadi Pendeta

Menurutnya, sejak tahun 1960 kawasan industri bermumculan di kota-kota namun bersamaan dengan itu kaum buruh tidak mendapatkan jaminan kesejahteraan dan jaminan sosia. Dan masuk di tahun 1970 kepadatan penduduk meningkat disertai pengangguran.

Peserta antusias mengikuti sesi bina Sosialisasi Roadpap PMKI.

“Gereja-gereja terdorong mencermati perkembangan tersebut sebagai tantanagan pelayanan. Dan pada 1984 PGI membuka Development Centre di Jakarta dan Sukabumi di Desa Cikembar dengan membangun tempat pelatihan,” tutur Immanuel.

Melihat kenyataan yang ada saat ini di masyarakat, GPIB tak berdiam diri. Manuver dilakukan melalui PMKI. Di Dapap Tengerang, misalnya, melalui GPIB Sinar Kasih Dadap Tangerang dilakukan berbagai upaya mengatasi persoalan buruh di daerah tersebut.

Semangat membangun PMKI lebih baik ke depan terasa dengan banyaknya pertanyaan yang ada.

Di daerah tersebut terdapat sekitar 200 pergudangan dan pabrik, terdapat banyak pekerja yang bekerja di pabrik-pabrik umumnya usia kerja produktif, ada pekerja dari jemaat sinar kasih, suami dan isteri bekerja bersama dan keluarga memiliki anak pada usia balita.

Baca juga  "Percaya Kepada Tuhan Yesus Memampukan Kita untuk Mengasihi"

Ketua I PHMJ GPIB Filadelfia Bintaro, Pnt. Elizar P. Hasibuan mengatakan bahwa yang harus melakukan pelayanan masyarakat dan industri adalah tugas pemerintah ini mungkin yang membuat PMKI di GPIB agak lambat berkembangnya.

Wawamcara Pdt. Poly Hengkesa dengan Ketua I GPIB Filadelfia Bintaro: “PMKI semakin jelas”.

“Tapi saya senang karena sudah dijabarkan menjadi jelas soal buruh, Perempuan dan anak, ekologi dan itu sudah baik dan ini sejalan dengan visi misi GPIB “Menghadirkan Damai Sejahtera” itu terjemahannya dalam bentuk program kerja,” kata Penatua Elizar.

Dalam kesempatan sama, Pendeta Poly Hengkesa mengatakan, PMKI hadir bukan hanya bicara masalah palayanan di dalam tubuh Pelkes. Tapi bagaimana PMKI bisa menjangkau hal-hal yang lebih luas lagi yaitu melihat ketidakadilan yang terjadi dalam kehidupan berjemaat dan bermasyarakat.

“Ada beberapa gereja yang sudah melakukan pelayanan dalam bentuk pelayanan di Lembaga Pemasyarakatan atau di pabrik-pabrik ataupun di pusat-pusat ibadah karyawan,” tutur Pendeta Poly. Menurutnya, saat ini sosialisasi PMKI memiliki tujuan yang lebih besar lagi.  /fsp

Share :

Baca Juga

Misioner

Kebutuhan Rohani “Yes”, Manusia Tidak Dapat Hidup Dari Roti Saja

Misioner

PAHIT Jadi Manis: Bersandarlah Kepada Allah yang Sanggup Membuatnya Manis

Misioner

Seperti Kepada Musa, IA Memilih, Memanggil, Mengutus dan dan Menyertai

Misioner

“Jika Kita Tidak Melakukan Kewajiban Sebagai Orang yang Dipimpin, Kita Tidak Adil”

Misioner

Sekum MS Elly Pitoy Di CC Surabaya: “Saya Berharap ada Ide-ide Transformatif”

GPIB Siana

Sukses Di Palembang, Leaders Meeting Kembali Digelar Di Bali

Misioner

“Ragu Kepada Yesus Karena Belum Sungguh Mengerti Firman-Nya”

Misioner

Di Minggu-minggu Prapaskah Mari Bersyukur, Bersukacita dan Bermazmur Bagi-Nya